Cerita Jenaka Sudi Silalahi Saat Jadi Prajurit: 'Kamu Tidur yah?'

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 26 Oktober 2021 15:34
Cerita Jenaka Sudi Silalahi Saat Jadi Prajurit: 'Kamu Tidur yah?'
Ada pengalaman lucu ketika Sudi masih berkarier di militer.

Dream - Sudi Silalahi menghembuskan napas terakhirnya pada Senin malam, 25 Oktober 2021 saat dalam perawatan di RSPAD Gatot Subroto. Jenazahnya dimakamkan di TMP Kalibata dengan prosesi kenegaraan dipimpin Menko Polhukam Mahfud MD.

Sudi Sosok pejabat dengan karier yang cukup bagus. Dia menjadi orang kepercayaan Presiden Keenam Susilo Bambang Yudhoyono.

Sudi punya tempat tersendiri di mata SBY. Buktinya, dia mampu bertahan di dalam kabinet sejak SBY mulai memimpin Indonesia pada 2004 hingga masa jabatannya berakhir di 2014.

Tetapi, itu bukan satu-satunya pengalaman Sudi di Kabinet. Sudi sudah masuk kabinet di masa pemerintahan Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri dengan jabatan sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Latar belakang Sudi adalah militer. Dia lulusan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) 1972 dan berkecimpung di dunia militer hingga pensiun dengan pangkat Letnan Jenderal.

 

1 dari 4 halaman

Kantuk Sudi

Ada kisah lucu saat Sudi masih berkarier di militer. Cerita itu diungkapkan eks Asisten I Kasad Tiopan Bernhard Silalahi dalam buku autobiografinya.

Cerita itu terjadi pada 1983. Saat itu, TB Silalahi yang masih berpangkat Kolonel mengisi ceramah di Kurus Lanjutan Pertama (Suslapa). Kursus tersebut diikuti 500 perwira menengah TNI AD dengan pangkat kapten, salah satunya Sudi.

Saat berceramah, TB Silalahi melihat ada satu peserta duduk di barisan belakang dalam kondisi terkantuk-kantuk. Peserta itu baru turun piket malam.

TB Silalahi langsung menegur peserta tersebut. Satu kapten itu kemudian diminta berdiri.

 

2 dari 4 halaman

"Tidak Tertidur Tapi Mata Saya Memang Sipit"

Si peserta pun menuruti perintah. Dia lalu memperkenalkan diri.

" Siap! Nama saya Kapten Sudi Silalahi!" ucap TB Silalahi menirukan ucapan Sudi kala itu.

" Kenapa kamu tertidur?" kata TB Silalahi.

" Kolonel, saya tidak tertidur, tapi mata saya memang sipit," jawab Sudi yang langsung disambut gelak tawa peserta.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada 1998 setelah pensiun, TB mendapat telepon dari Kepala Staf Kodam Jaya. Suara di balik telepon itu ternyata adalah Sudi Silalahi, si kapten yang pernah mengaku bermata sipit untuk membantah disebut tidur oleh TB Silalahi, dikutip dari Merdeka.com.

3 dari 4 halaman

Sudi Silalahi Dimakamkan di TMP Kalibata, Upacara Dipimpin Mahfud MD

Dream - Jenazah Menteri Sekretaris Negara era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sudi Silalahi, bakal dimakamkan siang ini di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Pemakaman diiringi dengan prosesi upacara dipimpin oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD.

" Irup (Inspektur Upacara) di TMP Kalibata Pak Menko Polhukam," ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Negara, Eddy Cahyono.

Jenazah Sudi saat ini disemayamkan di rumah duka di Komplek Jatiwarna Indah Pondok Melati, Bekasi. Jenazah diberangkatkan dari rumah duka pukul 13.00 WIB, dengan upacara pemberangkatan dipimpin Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

" Di TMP jam 13.00 WIB rencananya, Irup di kediaman Pak Seskab," kata Eddy.

 

4 dari 4 halaman

Presiden ke enam, Susilo Bambang Yudhoyono, dijadwalkan hadir dalam prosesi pemakaman. Kabar ini disampaikan Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra.

" Pak SBY direncanakan hadir siang nanti," ujar Zaky.

Kabar yang sama disampaikan Ketua DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon. Dia mengatakan SBY akan hadir dalam prosesi pemakaman Sudi.

" Iya, info yang saya dengar beliau akan hadir di Kalibata," ucap Jansen, dikutip dari Liputan6.com.

Beri Komentar