Ikut Tarawih Kilat 23 Rakaat Kelar 7 Menit di Indramayu, Perilaku Pemuda Berubah

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 10 Mei 2019 10:01
Ikut Tarawih Kilat 23 Rakaat Kelar 7 Menit di Indramayu, Perilaku Pemuda Berubah
Banyak pemuda yang tertarik untuk ikut sholat tarawih cepat ini.

Dream - Pelaksanaan sholat tarawih cepat di Pondok Pesantren Al Quraniyah Desa Dukuhjati, Kecamatan Kerankeng, Kabupaten Indramayu menjadi sorotan warganet. Sebanyak 23 rakaat sholat tarawih dan witir dapat diselesaikan dalam waktu 7 menit.

Tokoh agama setempat, Azun Mauzun mengatakan, ajakan sholat tarawih kilat ini jadi sarana mengubah karakter pemuda desa. Azun mengaku, perlahan pemuda di Desa Dukuhjati dapat diajak mengenal Islam lebih dalam.

" Kalau awal-awal hanya tarawih kilat saja sekarang sudah nambah tadarus bahkan kajian kitab kuning," kata Azun, dilaporkan Liputan6.com, Kamis, 9 Mei 2019.

Azun mengatakan, sholat tarawih cepat ini juga menarik minat banyak pemuda desa setempat. Hampir setiap Ramadan jumlah jemaah sholat tarawih di desa ini bertambah.

Tahun ini, jumlah jemaah sholat tarawih mencapai 100 orang. Jumlat tersebut bertambah dibanding tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 50 hingga 70 orang.

" Kami terbuka untuk siapapun pemuda yang ingin sholat daripada hanya nongkrong saja," ucap dia.

Azun mengatakan, sholat tarawih cepat ini telah berjalan selama 10 tahun. Dalam pelaksanaannya, sholat hanya diambil gerakan rukunnya saja. Semisal, niat, takbiratul ihram, hingga duduk diantara dua sujud, dan tahiyat akhir.

" Tetap sesuai syariat karena tidak ada yang melenceng dari rukun setiap sholat tarawih yang diterapkan. Kalau soal khusyuk atau tidak itu tergantung masing-masing jemaah yang melaksanakan," kata dia.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Panji Prayitno)

 

1 dari 2 halaman

Videonya

 

2 dari 2 halaman

Sholat Tarawih Kilat di Indramayu, 23 Rakaat Selesai dalam 7 Menit

Dream - Sholat tarawih telah menjadi bagian penting dari ibadah Ramadan. Meski ada perbedaan jumlah rakaat, suasana sholat tarawih tetap ramai dipenuhi jemaah.

Pondok pesantren (Ponpes) Alquraniyah yang berlokasi di Desa Dukuhjati, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat punya cara unik untuk meningkatkan semangat ibadah di antara remaja.

Ponpes Alquraniyah menggelar sholat 23 rekaat dalam waktu yang relatif cepat. Hanya dalam durasi sekitar tujuh menit, sholat 23 rekaat itu selesai digelar.

Pengasuh ponpes Alquraniyah, Azun Mauzun, menyebut, sholat tarawih cepat itu dilakukan tanpa mengurangi rukun-rukun sholat.

" Karena jemaah sholat tarawih merupakan kalangan anak muda. Mereka bisa mengimbangi kecepatan imam dalam melaksanakan sholat tarawih," ucap Azun, dilaporkan akun Youtube Ciremai Today.

 

Beri Komentar
Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam