Tim Pakar: WHO Ubah Anjuran Social Distancing jadi Physical Distancing

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 23 Maret 2020 19:00
Tim Pakar: WHO Ubah Anjuran Social Distancing jadi Physical Distancing
Langkah itu dianggap dapat menghambat mata rantai penyebaran virus itu.

Dream - Tim pakar gugus tugas penanganan Covid-19, Wiku Adisasmitp, menyebut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengubah penerapan social distancing menjadi physical distancing.

" Penerapan social distancing saat ini yang terbaru dari WHO adalah physical distancing," kata Wiku, dikutip dari Merdeka.com, Senin 23 Maret 2020.

Menurut Wiku, pemerintah telah meminta agar masyarakat menerapkan anjuran ini. Sebab, dia meyakini, langkah membuat jarak secara fisik dapat menghambat penyebaran virus corona.

" Pencegahan masyarakat selain menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat," kata dia.

Physical distancing merupakan istilah yang digunakan WHO untuk membatasi ruang gerak seseorang. Masyarakat yang menjalankan physical distancing dapat bertatap muka dengan orang lain tanpa harus bertemu secara fisik, melainkan dapat menggunakan akses video call, misalnya.

Sumber: Merdeka.com/Ronald

1 dari 6 halaman

WHO Tetapkan Virus Corona Wabah Pandemik Global

Dream - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi menetapkan Covid-19 sebagai wabah pandemik global. Ketetapan ini diumumkan pada Rabu malam waktu setempat atau Kamis pagi tadi.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan kasus terkonfirmasi di luar China mengalami peningkatan tajam. Jumlah negara yang terjangkit pun semakin banyak.

" Dalam dua pekan terakhir jumlah kasus di luar China meningkat 13 kali lipat dan jumlah negara terdampak bertambah tiga kali lipat," kata Tedros, seperti dilaporkan CBNC.

Dia mengatakan beberapa negara bisa menekan dan mengendalikan wabah. Tetapi, dia marah ke sejumlah pemimpin dunia yang gagal bertindak cepat dan drastis untuk menahan penyebaran virus corona.

" Kami sangat prihatin dengan tingkat penyebaran dan keparahan yang mengkhawatirkan, juga oleh tingkat kelambanan yang mengkhawatirkan," kata dia.

Tudros menegaskan pihaknya telah memberikan peringatan kepada dunia untuk waspada sebelum wabah tersebut menjadi pandemik. " Kami sudah menyalakan alarm dengan keras dan jelas," kata dia.

2 dari 6 halaman

Kritik Pemimpin Dunia Kurang Tanggap Situasi

Kasus di China dan Korea Selatan, kata Tudros, telah menurun secara drastis. Sementara, 81 negara tidak memiliki kasus yang terkonfirmasi dan 57 negara punya 10 lebih kasus infeksi yang terkonfirmasi.

Dia juga kecewa masih ada negara yang kurang bertekad untuk melawan virus berbahaya ini. Tudros mengingatkan setiap negara dapat mengubah arah dari pandemik.

" Beberapa negara berjuang dengan kekurangan kapasitas. Beberapa negara berjuang dengan kekurangan sumber daya. Beberapa negara berjuang dengan kurangnya tekad," kata Tudros.

Jumlah kasus dan angka kematian akibat virus corona mengalami perubahan drastis dalam waktu singkat. Di Rabu malam, ada 121.564 kasus terkonfirmasi dan 4.373 pasien meninggal dunia berdasarkan data John Hopkins University.

Di luar China, kasus terkonfirmasi menjadi 32.778 dan sedikitnya terjadi di 109 negara per Kamis, 12 Maret 2020 pukul 03.00 pagi.

3 dari 6 halaman

Tom Hanks dan Istri Positif Terinfeksi Virus Corona

Dream - Aktor legendaris Hollywood, Tom Hanks, membuat pengakuan mengejutkan. Dia bersama istrinya, Rita Wilson, positif terjangkit virus corona.

Menurut New York TimesHanks menyampaikan pernyataannya lewat akun Twitter resminya pada Rabu sore. Dia dinyatakan positif terkena Covid-19 di Australia, saat tengah menggarap film terbarunya mengenai kisah hidup Elvis Presley.

" Halo, teman-teman. Rita dan saya sekarang di Australia. Kami merasa agak lelah, sepertinya kami mengalami pilek dan beberapa tubuh nyeri," cuit Hanks.

Hanks mengatakan, Rita kadang menggigil. Juga mengalami demam ringan. " Untuk mengetahui secara pasti, seperti yang saat ini terjadi di dunia, kami diuji virus corona dan ternyata positif," kata Hanks.

4 dari 6 halaman

Diisolasi di Australia

Selanjutnya, dia dan sang istri akan menjalani masa pengujian, observasi dan isolasi selama yang dibutuhkan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat.

" Tidak hanya pendekatan sehari-dua hari bukan? Kami akan terus memperbaharui perkembangan informasi," kata dia.

Film Elvis Presley yang disutradai Baz Luhrmann mulai syuting pada Senin. Di film ini, Hanks berperan sebagai Colonel Tom Parker, manajer eksentrik Presley yang menjadikan penyanyi itu sebagai bintang pada 1950-an.

" Kesehatan dan keselamatan mitra kami selalu jadi prioritas utama, dan kami mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi setiap orang yang bekerja dalam produksi kami di seluruh dunia," demikian pernyataan Warner Bros.

5 dari 6 halaman

Pebasket Rudy Gobert Tertular Virus Corona

Selain Hanks dan istrinya, ada beberapa public figure lain yang juga dinyatakan positif terjangkit virus corona. Seperti Rudy Gobert, salah satu pemain klub basket Utah Jazz.

Gobert dijadwalkan akan absen pada laga antara Utah Jazz lawan Oklahoma City Thunder. Dia merasa tidak enak badan namun mengaku masih kuat bermain.

Tak mau mengambil risiko, tim medis lalu memeriksa Gobert. Hasilnya, atlet basket tersebut dinyatakan positif terjangkit Corona.

Begitu muncul kabar tersebut, NBA menunda pertandingan antara Jazz dengan Thunder beberapa saat sebelum dimulai. Lokasi pertandingan, Chesapeake Energy Arena juga langsung dikarantina dan disemprot disinfektan.

6 dari 6 halaman

Pemain Juventus Daniel Rugani Juga Terjangkit

Gelandang bertahan Juventus FC, Daniel Rugani, juga dinyatakan positif terjangkit Corona. Dia langsung menjalani isolasi.

" Klub Sepakbola Juventus segera mengaktifkan prosedur isolasi menyeluruh, termasuk kepada siapa saja yang memiliki kontak dengan dia (Rugani)," demikian pernyataan resmi dari manajemen Juventus.

Inter Milan segera bereaksi begitu kabar Rugani terjangkit corona muncul. Klub asal Kota Milan itu langsung menunda seluruh aktivitas kompetisinya termasuk latihan.

" Merujuk pada pengumuman Juventus FC bahwa pemain mereka Daniel Rugani dinyatakan positif terjangkit Covid-19, Internazionale menyatakan bahwa seluruh aktivitas kompetisi telah ditangguhkan hingga keputusan berikutnya," demikian pernyataan manajemen Inter Milan, dikutip dari The Guardian.

Beri Komentar