Topeng Emas Mumi Akhirnya Dikembalikan

Reporter : Sugiono
Senin, 10 Oktober 2016 10:29
Topeng Emas Mumi Akhirnya Dikembalikan
Topeng dari emas murni ini sebelumnya didapat dari seorang teman sebagai hadiah.

Dream - Seorang warga Perancis keturunan Mesir, Shehab Al-Farouh Omar, mengembalikan topeng mumi ke Mesir. Topeng ini terbuat dari emas murni.

Menurut laporan surat kabar Mesir, Ahram Online, topeng itu sebelumnya diterima sebagai hadiah dari temannya.

Shehab mengatakan, rasa memiliki dan kesetiaan kepada ke negara asalnya telah memaksanya untuk mengembalikan topeng itu ke Mesir.

Menurut pejabat di Departemen Purbakala Mesir, topeng emas itu saat ini disimpan di Museum Mesir, di pusat Kota Kairo, untuk diperiksa keaslian dan tahun pembuatannya.

Sejak 2015, Mesir telah berhasil memulangkan hampir 550 benda arkeologi dari sejumlah negara, termasuk Swiss, Inggris, Amerika Serikat, Jerman dan Belgia. Pada tahun lalu, 240 artefak telah kembali dari Prancis saja.

Awal tahun ini, Pengadilan Freiburg, Jerman, memenangkan gugatan Mesir untuk memulangkan batu vas pra-dinasti Mesir.

Gugatan dimenangkan setelah Kementerian Purbakala Mesir memberikan bukti yang menunjukkan bahwa vas itu sebenarnya milik Mesir. Vas tersebut telah diselundupkan dari negara Mesir secara ilegal selama terjadi kekosongan kekuasaan pasca revolusi 2011.

Pada bulan Mei, Israel juga mengembalikan dua selimut sarkofagus ke Mesir. Salah satunya berasal dari periode antara abad ke-10 hingga ke-8 Sebelum Masehi. Sedangkan yang lainnya berasal dari periode antara abad ke-16 dan ke-14 SM.

Di bulan yang sama, pihak berwenang Prancis setuju untuk menyerahkan ke 44 artefak yang berasal berbagai periode Mesir Kuno yang sebelumnya telah diselundupkan ke Perancis.

Benda-benda itu disita di Bandara Charles de Gaulle pada tahun 2010 dan sejak itu, Kementerian Purbakala Mesir telah menggunakan saluran diplomatik dalam upaya membujuk pemerintah Perancis untuk memulangkan artefak tersebut ke Mesir.

Selama gejolak revolusi 2011, warisan budaya Mesir menjadi rentan terhadap penjarahan. Tetapi selama empat tahun terakhir negara itu telah memulangkan lebih dari 1.600 artefak.

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya