Tradisi Unik Lebaran di Negara Minoritas Muslim Dunia

Reporter : Ervina
Jumat, 1 Agustus 2014 08:00
Tradisi Unik Lebaran di Negara Minoritas Muslim Dunia
Umat muslim di negara-negara mayoritas non Islam pun menunjukkan rasa syukur dan sukacita merayakan datangnya hari nan fitri. Seperti apa tradisi menyambut Hari Raya Idul Fitri?

Dream - Momen Idul Fitri yang dirayakan selama setahun sekali kerap disambut antusias oleh umat muslim di berbagai negara belahan dunia. Tidak terkecuali muslim di negara-negara yang mayoritas bukan pemeluk Islam.

Umat muslim di negara-negara mayoritas non Islam pun menunjukkan rasa syukur dan sukacita merayakan datangnya hari nan fitri. Berikut beberapa tradisi unik muslim dunia saat merayakan Lebaran.

Australia
Meski sebagai negara non-Muslim, pemerintah Australia memberikan keleluasaan bagi umat Islam untuk menjalankan keyakinan mereka. Bahkan fasilitas cuti diberikan khusus untuk pegawai beragama Islam untuk mengambil libur khusus. Tradisi kemeriahan Idul Fitri juga diisi dengan festival multi budaya yang melibatkan ribuan warga muslim dan non-muslim yang berlokasi di kota Sydney.

Amerika Serikat
Komunitas muslim di Negeri Barack Obama ini saling memberi kabar kehadiran Hari Raya Idul Fitri melalui sambungan telepon ataupun email. Mayoritas imigran muslim di Amerika biasanya mengenakan pakaian dengan warna-warni yang mencirikan negara asalnya. Setelah melaksanakan shalat Eid, sesama jemaah saling mengucapkan Happy Eid atau Eid Mubarak dan mengunjungi kenalan dan kerabat dekat.

Nigeria
Idul Fitri atau dikenal dengan istilah 'Barka da Sallah' memiliki makna 'Salam Sejahtera di Hari Raya' untuk saling menyapa diantara kaum muslim. Idul Fitri menjadi salah satu hari libur nasional dan dimanfaatkan untuk mudik ke kampung halaman mengunjungi kerabat dan keluarga juga dilakukan oleh muslim di Nigeria.

China
Meski hanya sebagai agama minoritas, namun perayaan Idul Fitri berlangsung cukup meriah. Saat hendak shalat Id, kaum pria biasanya mengenakan jas khas dan kopiah putih, sementara wanita memakai baju hangat dan kerudung setengah tertutup.

Afrika Selatan
Di hari terakhir Ramadan, umat muslim Afrika Selatan akan berkumpul untuk berbuka puasa bersama di Green Point, Cape Town. Saat maghrib biasanya keputusan 1 Syawal akan diumumkan. Keesokan harinya muslim Afrika Selatan berkesempatan untuk melaksanakan shalat Id dan dilanjutkan berkunjung ke sanak saudara.

India
Perayaan Lebaran di Negeri Shak Rukh Khan ini berpusat di Jama Masjid yang terletak di New Delhi untuk melakukan shalat Id. Masjid ini menjadi pusat perayaan Idul Fitri di New Delhi dengan sajian utama siwaiyaab. Hidangan khusus ini terbuat dari campuran bihun manis dengan buah kering dan susu.

Beri Komentar