Hasil Real Count KPU Siang Ini: Persentase Suara Jokowi Turun, Prabowo Naik

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 19 April 2019 14:19
Hasil Real Count KPU Siang Ini: Persentase Suara Jokowi Turun, Prabowo Naik
Ini lumbung suara pasang Prabowo-Sandi.

Dream - Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus memperbarui data hitung suara. KPU mencatat baru ada 1,79 persen suara yang masuk.

Dikutip dari pemilu2019.kpu.go.id, Jumat 19 April 2019, per pukul 13.00, jumlah suara yang dikantongi oleh pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo dan Maruf Amin, sebanyak 1.555.627 suara atau naik 389.894 suara (33%) dari 1.165.733 suara.

Meskipun suaranya meningkat, angka persentase yang dikantongi Jokowi turun 0,51 persen dari 56,36 persen menjadi 55,85 persen pada data pukul 08.42 hari ini.

Sementara itu, suara yang dikantongi oleh Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebanyak 1.229.616 suara atau meningkat 327.115 suara (36%) dari 902.501 pada 08.42.

Persentase suara Prabowo-Sandiaga naik 0,51 persen dari 43,64 persen menjadi 44,15 persen.

Berikut ini adalah tujuh daerah penghasil suara terbanyak bagi Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandi.

 Penghitungan data 13.00

1 dari 10 halaman

Jokowi-Maruf Dominasi Daerah Ini

Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera Utara masih menjadi penghasil suara terbanyak untuk paslon nomor urut 01.

1. Jawa Tengah: 422.839 suara

2. Jawa Timur: 233.996 suara

3. Sumatera Utara: 97.924 suara

4. Jawa Barat: 78.491 suara

5. Gorontalo: 65.624 suara

6. Bengkulu: 58.731 suara

7. Lampung: 57.074 suara

2 dari 10 halaman

Bagaimana dengan Prabowo-Sandi?

Bagi kubu Prabowo, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat menjadi penghasil suara terbanyak. Daerah Sumatera, yaitu Sumatera Utara, Bengkulu, dan Lampung juga menghasilkan suara terbanyak selanjutnya.

1. Jawa Tengah: 148.093 suara

2. Jawa Barat: 100.470 suara

3. Jawa Timur: 96.709 suara

4. Sumatera Utara: 85.243 suara

5. Sumatera Selatan: 82.075 suara

6. Sumatera Barat: 76.563 suara

7. Bengkulu: 57.634 suara

3 dari 10 halaman

Ini Daftarnya

 Daftar suara yang dikantongi Jokowi dan Prabowo. (1)

4 dari 10 halaman

Terungkap Penyebab Sandiaga Terlihat Lesu Saat Deklarasi Kemenangan

Dream - Sandiaga Uno, Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor ururt 02 terlihat lesu saat menghadiri deklarasi kemenangan Pilpres 2019 di kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Mantan Ketum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Erwin Aksa yang hadir dalam deklarasi itu mengungkapkan, Sandiaga terlihat lesu karena sedang tidak sehat.

" Lagi sakit, lagi sakit," ujar Erwin dikutip dari laman , Kamis 18 April 2019.

Ia menjelaskan, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu tengah ada masalah di bagian lambungnya.

"  Sakit lambung, cegukan," ucap dia.

Saat hadir dalam konferensi pers deklarasi kemenangan, Sandiaga memang terlihat lesu dan tidak bersemangat.

Tak nampak senyum merekah yang biasa selalu Sandiaga diperlihatkan di hadapan publik.

(Sah)

5 dari 10 halaman

Dampingi Prabowo Umumkan Kemenangan, Wajah Sandiaga Uno Disorot

Dream - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga Uno telah mendeklarasikan diri sebagai pemenang di pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Sandiaga tiba di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan Sekitar pukul 17.40 WIB.

Sandiaga yang berdiri tepat di samping Prabowo, tak seperti biasanya yang selalu menampiilkan senyuman.

Kali ini, ia menatap tajam ke arah kertas pidato yang di baca Prabowo. Selain itu, wajahnya terlihat lesu.

Bahkan, ketika para pendukungnya bersorak, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu nampak tak mengeluarkan suaranya hingga Prabowo mengakhiri pidato.

Ketika awak media berusaha menanyakan mengenai kondisi kesehatannya, Sandiaga tetap enggan buka suara dan langsung masuk ke dalam kediaman Prabowo.

(Sumber: LIputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

6 dari 10 halaman

Kali Ketiga, Prabowo Umumkan Kemenangan

Dream - Capres 02, Prabowo Subianto menggelar deklarasi kemenangan di Pilpres 2019 untuk ketiga kalinya.

" Saya Prabowo Subianto, menyatakan, bahwa saya dan saudara Sandiaga Salahudin Uno mendeklarasikan kemenangan sebagai presiden dan wakil presiden republik Indonesia tahun 2019-2024," kata Prabowo, Kamis, 18 April 2018.

Dalam deklarasi itu, Prabowo mengklaim mendapat kemenangan berdasarkan perhitungan real count dan C1 sebesar 62 persen.

Prabowo menyebut, kemenangan ini dideklarasikan karena dia memiliki bukti-bukti adanya usaha kecurangan di berbagai tempat di seluruh Indonesia.

Dalam deklarasi itu, Prabowo mengajak pendukungnya untuk bersykur kepada Tuhan atas kemenangannya. " Kami yakin hanya dengan rahmat, hidayah, dan barokah-Nya lah perjuangan panjang kita semua untuk memenangkan perjuangan politik telah berhasil," kata dia.

7 dari 10 halaman

Beri Pesan Ini ke Jokowi

Prabowo juga mengajak pendukungnya memperat hubungan persaudaraan. " Seperti yang dikatakan Pak Jokowi, agar rantai yang putus segera disambung kembali. Dan tentu, saya dan saudara Sandiaga Uno, akan tetap bersahabat dengan Pak Jokowi dan Kiai Ma`ruf Amin, dan semua dalam jajaran 01," ucap dia.

Prabowo menegaskan akan jadi presiden bagi seluruh rakyat Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Berbeda dengan deklarasi sebelumnya, Prabowo menyampaikan pidatokemenangannya dengan didampingi Sandiaga Uno.

" Insya Allah kami akan bangun sebuah pemerintahan yang terdiri dari the best and rises, anak-anak muda kita. Anak-anak muda paling cerdas dan cemerlang dan berakhlak mulia," ucap dia.

Sumber: Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro

8 dari 10 halaman

Presiden Turki Erdogan Beri Selamat ke Jokowi

Dream - Joko Widodo mendapat ucapan selamat dari presiden Turki, Recep Tayib Erdogan. Pemimpin negara yang pernah berkunjung ke Indonesia pada 2016 silam itu mengucapkan selamat atas penyelenggaraan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif yang baru saja digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Tak hanya Erdogan, ucapan selamat juga disampaikan Perdana Menteri (PM) Malaysia Tun Mahathir Mohammad dan PM Singapra Lee Hsien Loong. 

" Baru saja dari siang sampai sore tadi, kita telah menerima dari Perdana Menteri Malaysia Mahathir bin Mohamad, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan juga Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, beliau menyampaikan selamat," ujar Jokowi dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis 18 April 2019.

Menurut Jokowi, ucapan selamat dari tiga pemimpin negara sahabat itu disampaikan atas penyelenggaraan Pemilu 2019 yang dianggap sukses. 

" Karena kita telah berhasil menyenggarakan Pemilu besar, ada 800 ribu TPS lebih, sebuah pemilu besar," ucap dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menerangkan, tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019 ini sangat tinggi, hampir mencapai angka 81 persen.

Tak lupa, Jokowi juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga silaturahmi di lingkungannya. Sehingga hubungan pasca pemilu 2019 ini terus terjaga baik.(Sah)

9 dari 10 halaman

Gara-gara 'Tampang Boyolali', Prabowo-Sandiaga Dapat Suara Nol

Dream - Masih ingat dengan 'tampang Boyolali' yang pernah viral setelah diucapkan Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto? Kata tersebut sempat memicu aksi demonstrasi dan akhirnya berimbas pada pemungutan suara Pemilu 2019 kemarin, Rabu, 17 April 2019.

Pernyataan Prabowo itu berdampak terhadap peroleh suara pasangan Prabowo-Sandiaga di Boyolali, Jawa tengah. Mayoritas pemilik hak suara di tempat pemungutan suara (TPS), di Boyolali tak menjatuhkan pilihannya untuk pasangan Prabowo-Sandiaga alias nol persen.

Berbagai foto hasil perhitungan suara di wilayah pemilihan Boyolali yang menunjukkan Prabowo-Sandiaga tidak memperoleh suara juga ramai di unggah di akun Twitter.

" Prabowo : “ Kalian kalau masuk, mungkin kalian diusir. Tampang kalian tidak tampang orang kaya, tampang-tampang kalian ya tampang orang Boyolali ini. Betul?” Warga Boyolali : ( tidak memilih dengan menunjukkan foto hasil perhitungan suara)," tulis akun @Sir_AmirSyarif seperti diakses Dream, Kamis 18 April 2019.

Dalam unggahan @myarindaa juga menunjukkan hasil suara di beberapa wilayah di Boyolali, Prabowo-Sandiaga tidak mendapatkan suara dari warga.

" (Kelurahan) Seboto, Klewor, Selo, Jeruk. Boyolali," tulis dia.

10 dari 10 halaman

Rachel Maryam: Dulu Mengalah, Sekarang Saya Lawan!

Dream - Artis cantik, Rachel Maryam mengaku melihat banyak kecurangan di beberapa tempat pada Pemilu 2019 ini. 

Bahkan menurut politisi Gerindra ini, berbagai kecurangan itu sudah sangat kasat mata sehingga menggerus jumlah suara.

" Kecurangan di mana-mana. Telanjang di depan mata. #ShameOnYou," cuit Rachel di akun Twitternya, @cumarachel, Jumat 19 April 2019.

Pemain film Rectoverso ini mengungkapkan tidak akan tunduk dan mengalah terhadap kecurangan-kecurangan yang ada.

Ia akan melawan agar kekalahan kedua kalinya Prabowo menjadi presiden tidak terjadi.

“ Dulu dia menang curang kita mengalah. Tapi kalau mau dua kali main curang, saya akan bilang.. “ Saya akan lawan!” kata dia. 

  Rachel Maryam siap melawan.

Sekadar informasi, dikutip dari pemilu2019.kpu.go.id, pukul 08.42, pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Maruf Amin mendapatkan suara sebanyak 1.165,733 juta atau 56,36 persen.

Sedangkan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mendapatkan 902.501 suara atau 43,64 persen.

 

 

Beri Komentar
Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida