Ups! Superhero `Ranger Merah` Didakwa Tilep Uang BLT Covid-19

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Minggu, 22 Mei 2022 17:01
Ups! Superhero `Ranger Merah` Didakwa Tilep Uang BLT Covid-19
Auston St John, pria yang pernah memerankan Ranger Merah melalui pengacaranya mengaku tidak bersalah dalam dakwaan tersebut.

Dream - Austin St John, pemeran Ranger Merah dalam serial hits tahun 1990-an, Mighty Morphin Power Rangers, terlibat dalam perbuatan kriminal. Departemen Kehakiman AS menuntutnya dalam kasus penggelapan dana bantuan program pemerintah AS, CARES Act of funds.

Bersama 18 orang lainnya, Austin didakwa mengajukan penipuan pendaftaran pinjaman dari program Paycheck Protection Program (PPP), mirip program subsidi upah di Indonesia.

Aktor lawas bernama asli Jason Geiger ini diduga melakukan penipuan senilai US$400 ribu atau Rp5,8 miliar lewat pinjaman PPP. Dana itu ditransfer ke salah satu terdakwa dengan tujuan tidak sesuai peruntukannya.

 

1 dari 7 halaman

Modus Penipuan Uang BLT

Departemen Kehakiman menyebut Michael Hill dan Andrew Moran sebagai tersangka dari pimpinan skema penipuan tersebut.

" Hill diduga telah merekrut rekan konspirator untuk menggunakan bisnis yang ada atau membuat bisnis untuk mengajukan aplikasi untuk mendapatkan dana PPP," tulis Departemen Kehakiman dalam siaran persnya.

" Setelah mendaftar, Moran diduga telah membantu rekan konspiratornya dengan dokumen aplikasi, termasuk membuat dokumentasi pendukung dan mengirimkan aplikasi melalui portal online."

Dari dokumen pengadilan terungkap jika Austin, si Power Ranger Merah, mentransfer uang senilai US$421 ribu dalam bentuk penipuan pinjaman PPP ke rekening bank milik Hill. Secara total, terdakwa diduga menipu pemerintah hingga US$3,5 juta.

 

2 dari 7 halaman

Ranger Merah Bantah Tuduhan

Sementara David Klaudt, pengacara Austin mengungkapkan kliennya mengaku tidak bersalah dalam perkara itu. Menurutnya dakwaan bukanlah bukti dari kesalahan yang dilakukan Austin.

" Semua terdakwa dianggap tidak bersalah dan Mr. St. John bermaksud untuk membela diri dari tuduhan ini," ujarnya dikutip dari ABC News.

Untuk diketahui Undang-undang CARES yang ditandatangani menjadi undang-undang oleh mantan Presiden Donald Trump pada Maret 2020, sebagian menciptakan program pinjaman usaha kecil senilai $669 miliar -- yang dikenal sebagai Program Perlindungan Gaji -- untuk membantu bisnis yang berjuang membayar pekerja selama COVID-19 pandemi. Putaran kedua PPP berakhir pada Mei 2021.

3 dari 7 halaman

Begini Nasib Para Pemeran Power Rangers Setelah 23 Tahun

Dream - Siapapun yang besar sekitar tahun 90-an pasti tak pernah absen menonton serial kelompok pembela kebenaran The Mighty Morphin Power Rangers atau biasa disingkat Power Rangers.

Mulai diluncurkan pada 1993, Power Rangers telah menjadi bagian dari memori anak-anak mayoritas Generasi Y di seluruh dunia.

Kini, setelah 23 tahun sejak serial ini menghias layar kaca, banyak yang bertanya-tanya tentang nasib para pemeran Ranger Merah, Ranger Biru, Ranger Kuning, Ranger Pink, dan Ranger Hitam. Cek halaman berikutnya!

 

4 dari 7 halaman

1. Amy Jo Johnson (Ranger Pink)

Johnson, 42, adalah seorang ahli senam profesional sebelum bermain sebagai Pink Ranger dan bertahan di dalam seri tersebut selama dua tahun.

Setelah meninggalkan Power Rangers, Johnson kembali memerankan asalnya di dalam film Turbo: A Power Rangers Movie, sebelum terlibat dalam seri populer, Felicity.

Johnson masih bermain sampai sekarang dan telah bermain sebagai karakter sampingan dalam beberapa serial televisi seperti Spin City, E.R. dan Flashpoint. Dia juga sudah menikah dan memiliki seorang anak lelaki.

2. Austin St. John (Ranger Merah)

2. Austin St. John (Ranger Merah)© MEN

Sebelum ditawari karakter sebagai Jason Scott Lee (Ranger Merah), Austin St. John memang telah lama terlibat dalam olahraga seni bela diri seperti taekwondo, judo, kungfu dan kickboxing.

Setelah meninggalkan seri Power Rangers, St. Austin kembali aktif dalam seni mempertahankan diri sebagai pengajar, penulis buku dan juga bermain dalam video tentang olahraga karate.

Kini berusia 38 tahun, St. John bekerja sebagai anggota paramedis dan juga pemadam kebakaran di Washington D.C.

5 dari 7 halaman

3. David Yost (Ranger Biru)

Yost, 44, adalah anggota Power Ranger paling populer dalam serial tersebut.

Namun, menurut pria itu, kehidupannya selama syuting tidak seindah yang disangka. Masalahnya, dia dijauhi oleh para kru akibat orientasi seksualnya sebagai seorang gay. Akibatnya dia mengambil keputusan untuk meninggalkan seri superhero tersebut.

Namun, para produser Power Rangers menyangkal bahwa Yost telah diintimidasi di area syuting.

" Saya tak tahu kenapa dia tega buat tuduhan yang katanya mendapat serangan verbal bersifat homofobia sepanjang rekaman dilakukan," jelas salah produser, Scott Pagter.

" Alasan sebenarnya karakternya digantikan dengan orang lain adalah karena Yost meminta bonus yang terlalu tinggi, selain sering berselisih dengan orang lain."

Kini Yost aktif sebagai aktivis LGBT dan juga produser film.

4. Thuy Trang (Ranger Kuning)

4. Thuy Trang (Ranger Kuning)© MEN

Thuy Trang, keturunan Vietnam-Amerika, mengikuti jejak Jones dan St. John yang keluar dari seri tersebut setelah terjadi sedikit kesalahpahaman dengan produser.

Trang kemudian bermain sebagai karakter pembunuh dalam film The Crow: City Of Angels dan juga Spy Hard.

Namun, nasib tragis menimpa Trang. Dia mengalami kecelakaan lalu lintas yang merenggut nyawanya pada tahun 2001. Trang meninggal dunia pada usia 27 tahun.

6 dari 7 halaman

5. Walter Emmanuel Jones (Ranger Hitam)

5. Walter Emmanuel Jones (Ranger Hitam)© MEN

Jones sebenarnya bekerja sebagai penari profesional ketika dia ditawari karakter Zack Taylor (Black Ranger).

Meskipun penampilannya dalam seri itu hanya separuh jalan, Jones kembali berperan sebagai Power Ranger ketika suaranya digunakan dalam seri animasi Power Rangers Lost Galaxy.

Setelah tidak lagi muncul dalam Power Rangers versi live-action, Jones melanjutkan karier aktingnya dan pernah terlibat sebagai karakter sampingan (supporting character) dalam Buffy The Vampire Slayer dan Family Matters, di samping beberapa seri sitkom lain.

Sekarang Jones sudah berusia 42 tahun dan memiliki perusahaan produseran sendiri.

7 dari 7 halaman

6. Jason David Frank (Ranger Hijau/Putih)

6. Jason David Frank (Ranger Hijau/Putih)© MEN

Jason David Frank merupakan aktor Power Rangers paling tahan lama dalam seri tersebut sebagai Green Ranger pada awal kemunculannya dan kemudian sebagai White Ranger sebelum dia meninggalkan perannya pada tahun 1997.

Frank, 44, kini menjadi atlet olahraga gulat MMA dan juga bakal muncul sebagai bintang reality show berjudul This Is My Morphin's Life.

(Sumber: Mynewshub.cc)

Beri Komentar