Innalillaahi! Fahmi Idris, Mantan Menteri dan Politisi Golkar, Meninggal Dunia

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Minggu, 22 Mei 2022 11:05
Innalillaahi! Fahmi Idris, Mantan Menteri dan Politisi Golkar, Meninggal Dunia
Fahira Idris, putri Fahmi Idris mengungkapkan mendiang meninggal

Dream - Fahmi Idris, mantan menteri tenaga kerja dan polisi Golkar meninggal dunia pada hari ini (Minggu, 23 Mei 2022) sekitar pukul 10.00 WIB. Kabar duka ini disampaikan oleh putrinya, Fahira Idris.

Lewat laman media sosialnya, Fahira mengungkapkan sang ayah meninggal dunia di ruang ICU Rumah Sakit Medistra, Jakarta.

" Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Telah berpulang ke Rahmatullah Ayah saya, Bp. Prof. Dr. H. Fahmi Idris bin Idris Marah Bagindo. Wafat jam 10.00 wib di ICU RS Medistra," tulis Fahira dalam unggahannya di Instagram.

Pengumuman Fahmi Idris meninggal dunia© Instagram @fahiraidris

1 dari 2 halaman

Dimakamkan Hari Ini

Fahira mengungkapkan mendiang Fahmi Idris akan disemayamkan di rumah duka di kawasan Mampang Prapatan IV Nomor 20, Jakarta Selatan.

Rencananya mantan menteri di masa presiden BJ Habibie dan Soesilo Bambang Yudhoyono ini akan dimakamkan di Tanah Kusir, Jakarta sekitar pukul 1 siang.

" Mohon dimaafkan Ayah Fahmi Idris jika selama hidup memiliki salah dan khilaf," tulis Fahira yang juga menyertakan nama keluarga yang berduka dengan kepergian sang ayah.

Fahmi Idris merupakan salah satu tokoh yang sudah malang melintang baik di dunia politik maupun pemerintahan. Memulai karier sebagai pengusaha di tahun 1967, Fahmi Idris pernah terpilih menjadi anggota DPR-GR mewakili kalangan mahasiswa. Di dunia politik, Fahmi Idris juga pernah menjadi ketua fraksi Partai Golkar di MPR-Ri.

 

2 dari 2 halaman

Sosok Fahmi Idris di Dunia Pemerintahan

Malang melintang di dunia politik, Fahmi Idris juga sempat berkiprah di pemerintahan dengan menjadi menteri. Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini memulai karier sebagai menteri di era Presiden BJ Habibie. Kala itu Fahmi mendapat posisi sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Saat Soesilo Bambang Yudhoyono terpilih sebagai presiden, Fahmi Idris masih dipercaya menduduki jabatan sebagai Menakertrans meski hanya menjabat selama setahun.

Adanya reshuffle kabinet yang dilakukan SBY membuat posisi Fahmi Idris dirotasi dengan menjabat sebagai menteri perindustrian selama 4 tahun.

Fahmi Idris diketahui menikah dengan Kartini, seorang putri ulama terkenal asal Banjar, Hasan Basri. Dari pernikahan tersebut, Fahmi Idris memiliki dua orang putri yaitu Fahira Fahmi Idris dan Fahrina Fahmi Idris.

Sang istri telah terlebih dahulu meninggal dunia pada Februari 2014.

Beri Komentar