Usai Raih Emas SEA Games 2021, Odekta Elvina Kritik Pedas PB PASI: Pijat Tak Ada, Invoice Sewa Apartemen Tak Diganti

Reporter : Okti Nur Alifia
Jumat, 20 Mei 2022 18:00
Usai Raih Emas SEA Games 2021, Odekta Elvina Kritik Pedas PB PASI: Pijat Tak Ada, Invoice Sewa Apartemen Tak Diganti
Ini kritikan dari Odekta Elvina Naibaho untuk PB BASI.

Dream - Odekta Elvina Naibaho berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia pada pesta olahraga Asia Tenggara, SEA Games 2021, dari cabang olahraga atletik maraton. 

Bertanding di My Dinh Stadium, Vietnam, pada Kamis 19 Mei 2022, Odekta Elvina berhasil finish dengan waktu 2 jam 55 menit 27,2722 detik.

" Akhirnya imipanku selama ini terwujud mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Terima kasih ayah dan ibu atas doanya," tulis Odekta yang mempersembahkan kemenangan untuk kedua orangtua dalam secarik kertas yang dipegangnya.

Kemenangan Odekta Elvina menjadi kebanggan yang luar biasa bagi cabang maraton putri yang telah sebelas tahun paceklik tak ada emas.

Namun di balik kemenangannya, wanita kelahiran 5 November 1991 itu melontarkan kritikan pedas kepada kinerja Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) yang menurutnya tidak maksimal.

1 dari 2 halaman

Kritikan Odekta Elvina

Odekta Elvina mengatakan, kinerja PB PASI yang diketuai oleh Luhut Binsar Pandjaitan berbeda dengan era sebelumnya, ketika ditangani almarhum Bob Hasan. 

Prestasi cabor atletik tidak memenuhi target, yang awalnya delapan emas hanya membawa pulang dua emas. Satu dari kemenangannya, sedangkan emas lain ditorehkan Eki Febri Ekawati dari tolak peluru. 

Odekta menyoroti fasilitas dari PB PASI. Ia harus berjuang sendiri, meskipun tidak mendapatkan biaya dari PB PASI.

" Saya ingin menyampaikan bahwa jangan hanya peduli ketika kami berhasil, tetapi ketika gagal dibuang. Tolong untuk pengurus federasi dan apa pun yang bersangkut paut di kepengurusan," katanya kepada awak media, dikutip dari bola.com pada Jumat 20 Mei 2022.

2 dari 2 halaman

Fasilitas yang Dikeluhkan

Odekta Elvina© (Foto: Bola.com/Ikhwan Yanuar Harun)

Odekta membeberkan bagaimana kurangnya fasilitas yang diberikan PB PASI. Mulai dari membayar tagihan apartemen, namun pihak PB PASI tidak mengganti pengeluarannya. 

Padahal pasca MoU dengan Kemenpora, pembiayaan keperluan atlet sudah dibayarkan melalui rekening PB PASI. Lanjutnya, bahkan untuk hal kecil seperti pijat, tak ada pembiayaan.

" Saya butuh massage aja enggak ada. Nyewa apartemen invoice-nya enggak diganti," ujar Odekta. 

Meski demikian, Odekta justru ingin membuktikan keberhasilannya. Dengan pengorbanannya yang akhirnya terjawab berkat perolehan medali emas SEA Games 2021.

" Namun, buat apa mempermasalahkan itu sebelum ada hasil. Saya ingin memperlihatkan hasil dulu dan pengorbanan saya akhirnya terjawab ketika saya ikhlas. Ini pelajaran buat mereka, ayo kerja bersama-sama," tegasnya.

 

Beri Komentar