Penampakan Baru Makam Mbah Priok Jadi Destinasi Wisata Religi

Reporter : Syahid Latif
Sabtu, 1 April 2017 18:12
Penampakan Baru Makam Mbah Priok Jadi Destinasi Wisata Religi
Bangunan masjid megah dengan alun-alun luas bakal dibangun di tempat ini. Lihat penampakannya

Dream - Sebuah kawasan wisata religi berskala internasional akan hadir di utara Jakarta. Makam keramat Al Arif Billah Al Habib Hasan bin Muhammad Al Hadad, lebih dikenal Mbah Priok, akan dipercantik dengan masjid berarsitektur megah dengan empat menara menjulang tinggi.

Di depan areal masjid, akan dibangun sebuah alun-alun luas dengan sejumlah fasilitas penunjang aktivitas masyarakat.

Destinasi religi baru di ibukota tersebut merupakan salah satu rencana program kerja yang akan dijalankan calon gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan pasangannya, Djarot Saiful Hidayat.

Penampakan destinasi wisata internasional itu terungkap setelah Ahok mengunggah foto rencana pengembangan areal makam Mbah Priok.

Dilihat dari unggahan foto Ahok, tampak sebuah kubah besar berwarna hijau berada di tengah bangunan masjid. Dikelilingi dengan kubah-kubah kecil berwarna senada.

Di bagian alun-alun, akan dibangun sejumlah fasilitas seperti areal taman terbuka serta sebuah lapangan fustal. Di kawasan ini juga disiapkan sebuah Taman Pendidikan Al Quran, taman bermain, serta Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA), serta areal khusus parkir bus.

Areal alun-alun ini dipercantik dengan rencana pembangunan kolam pantul yang mengapit jalan masuk jemaah ke pintu utama masjid.

" Kompleks Makam Mbah Priok akan dijadikan destinasi wisata ziarah standar internasional. Mesjid dan alun-alun yang luas dibangun supaya peziarah dan turis banyak tertampung," tulis Ahok dalam akun Facebooknya.

Kawasan destinasi wisata baru ini cukup ideal karena lokasinya yang strategis dengan akses jalan tol dan layang. " Jadi pengunjung bisa nyaman berziarah dan beribadah," ujar Ahok.

Maket rencana pengembangan Makam Mbak Priok© Facebook @basuki tjahaja purnama

Mantan Bupati Belitung Timur ini sebelumnya memang sempat diundang bersilaturahmi ke makam Mbak Priok. Berbeda dari biasanya, Ahok berkunjung seusai jemaah Majelis Gubah AL Hada menunaikan ibadah sholat subuh.

Sambutan hangat diterima Ahok oleh Habib Sting Alaydrus, salah satu keturunan dari habib Hasan bin Muhammad Al Hadad. Ahok langsung diajak menuju makam sambil melihat lihat kondisi makam tersebut.

" Dan saya akan datang secara resmi kembali setelah saya aktif sebagai gubernur ke sana dengan membawa pejabat terkait ke makam mbah priok supaya bisa mencari solusi merealisasikan agar para turis mancanegara juga merasa nyaman jika berziarah atau sekedar wisata ke makam Mbah Priok dan kompleksnya jika berhasil . Bisa bermanfaat untuk jemaahnya yang jualan makanan dan souvenir juga di sana," janji Ahok kala itu.

Beri Komentar