Warga DKI Diminta Selalu Gunakan Masker Kain

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 5 April 2020 13:17
Warga DKI Diminta Selalu Gunakan Masker Kain
Masker medis lebih diperuntukkan untuk para tenaga medis yang kontak langsung berkali-kali dengan pasien dan ODP.

Dream - Penggunaan masker saat beraktivitas di luar jadi benda yang wajib dikenakan. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meminta seluruh warga Jakarta untuk selalu mengenakan masker kain, ketika ke luar rumah.

Masker medis lebih diperuntukkan untuk para tenaga medis yang kontak langsung berkali-kali baik dengan orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19 dan pasien positif. Di mana risiko para tenaga medis tersebut lebih besar.

Kondisi masker medis kini semakin langka di pasaran. Jika pun ada, harganya melonjak tinggi. Kebutuhan masker untuk rumah sakit dan pusat-pusat medis sangat diperlukan.

Anies mengeluarkan instruksi khusus melalui surat edaran untuk warga Jakarta. Jadi, bagi Sahabat Dream yang harus keluar rumah, lebih baik menggunakan masker kain.

 Instruksi Anies© Instruksi Anies

Masker ini bisa dipakai berkali-kali. Pastikan saja selalu mencucinya dengan sabun segera setelah digunakan, lalu keringkan.

 

1 dari 5 halaman

Aturan Pakai Masker Kain Agar Maksimal Cegah Virus Corona

Dream – Masker kain buatan sendiri memang tidak sepenuhnya bisa mencegah tertular virus corona Covid-19. Dikabarkan kemampuan masker ini hanya 70 persen untuk menangkat virus corona. Dengan stok masker medis yang terbatas, masker kain ini lebih baik digunakan daripada tidak sama sekali.

 © Dream

Penyebaran virus yang sangat cepat dan kepanikan sejumlah masyarakat yang menimbun masker kesehat telah membuat tenaga medis kekurangan pasokan. Raina Maclntyre, Kepala Program Penelitian Biosecurity di Universitas New South Wales di Australia mengatakan tragedi pandemik ini menyebabkan kematian di masyarakat dan tenaga medis makin tinggi karena mereka tak mendapatkan masker medis yang layak. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, (CDC) merekomendasikan penggunaan masker kain buatan rumah jika tak ada pilihan lain. Meski kemampuan penyaringan virus oleh masker ini tak sepenuhnya mengurangi risiko terpapar corona karena biasanya kain cenderung lembab dan sering digunakan kembali.

2 dari 5 halaman

Masker Kain Buatan Sendiri Adalah Pilihan Terakhir

Melansir dari Live Science, peneliti dari Australia itu akhirnya mengatakan jika masker kain adalah pilihan terakhir yang harus digunakan timmedis ketika merawat pasien. Hal ini lebih baik daripada merawat pasien tanpa menggunakan masker sama sekali.

Sementara laporan The Journal Disaster Medicine and Public Health Preparedness, menemukan bahwa masker bedah tiga kali lebih efektif daripada masker kain untuk mencegah penyebaran flu. Karena masker kain lebih longgar, tidak seperti masker N95 yang dirancang ketat untuk menyaring partikel virus yang sangat kecil.

Kesimpulan dari jurnal tersebut adalah masker kain buatan sendiri hanya dijadikan sebagai upaya terakhir, karena lebih baik daripada tidak menggunakan sama sekali.

3 dari 5 halaman

Ulasan Masker Kain

Peneliti dari Universitas Cambridge di Inggris menerbitkan instruksi tentang aturan pakai masker kain agar maksimal cegah virus corona. Nah, untuk rinciannya mari kita simak ulasan di bawah ini: 

  1. Pastikan anda terhindar dari kontak dekat dengan orang yang kelihatan tidak sehat atau yang sedang sakit demam dan batuk.
  2. Jika anda batuk dan bersin usahakan untuk menutupi hidung dengan tangan atau tisu, jangan lupa tisu bekas bersin segera dibuang.
  3. Jangan lupa untuk mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air untuk mengurangi penyebaran virus dari tangan ke tangan.
  4. Bersihkan permukaan benda keras seperti gagang pintu dengan pembersih.
  5. Apabila anda sedang merawat seorang penderita flu, gunakan masker untuk menutupi hidung dan mulut untuk mengurangi risiko penularan. 

 

4 dari 5 halaman

Cara Pakai Masker Kain Buatan Sendiri

 Ilustrasi© Pexels

Para peneliti menganjurkan untuk mengikuti instruksi cara memakai masker kain untuk cegah virus corona. Berikut ulasannya: 

  1. Gunakan warna kain yang berbeda antara bagian sisi luar dan sisi dalam untuk membedakan sisi yang terkontaminasi.
  2. Pastikan jika anda menggunakan masker kain untuk mencucinya setiap selesai dipakai. Cucilah masker dengan menggunakan cuci.
  3. Lepaskan masker kain anda dengan menarik tali dari bagian belakang kepala anda dan Tarik ke depan. Jangan sampai tangan anda menyentuh bagian body masker.
  4. Apabila anda lupa menyentuhnya, maka cucilah tangan anda dengan sabun dan air sebelum dan sesudah menyentuh masker.

5 dari 5 halaman

Lindungi Diri dan Orang Lain

Sementara itu, bagi anda yang bukan merupakan tenaga medis, dengan kata lain anda adalah masyarakat pada umumnya, penggunaan masker adalah membantu mencegah anda menyebarkan virus ke orang lain. Sebenarnya penggunaan masker sangat kecil kemungkinannya dapat melindungi anda tetap aman dari virus.  

Sehingga, cara paling aman untuk melindungi diri anda dari virus corona adalah tetap tinggal di rumah. Jika terpaksa harus keluar, maka penggunaan masker kain ini disarankan daripada tidak menggunakan sama sekali. Dan jangan lupa untuk mengikuti aturan pemakaian masker kain agar maksimal mencegah virus corona.

Beri Komentar
Wajib Tahu! Ini Kiat Merawat Kulit Anak Agar Sehat dan Halus