Update Virus Corona 4 April: 2.092 Positif, 150 Sembuh, 191 Meninggal

Reporter : Eko Huda S
Sabtu, 4 April 2020 16:10
Update Virus Corona 4 April: 2.092 Positif, 150 Sembuh, 191 Meninggal
Kasus infeksi virus corona baru, Covid-19, di Indonesia terus bertambah.

Dream - Kasus infeksi virus corona baru, Covid-19, di Indonesia terus bertambah. Dalam 24 jam terakhir, ditemukan 106 kasus baru yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

" Hari ini masih terjadi pendambahan kasus, 106 kasus, sehingga total jadi 2.092 kasus terkonfirmasi positif dengan pemeriksaan molekuler," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan kasus corona, Achmad Yurianto, di Jakarta, Sabtu 4 April 2020.

Dia menambahkan, juga terdapat penambahan pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Ada 16 pasien baru yang sembuh dan dinyatakan negatif Covid-19 setelah menjalani dua kali pemeriksaan.

" Sehingga total ada 150 orang yang sembuh. Kondisinya bagus, tidak perlu dikhawatirkan lagi menularkan penyakit, kita yakini 150 ini sudah sembuh dan punya imunitas, kekebalan," tambah Yurianto.

Selain pasien sembuh, juga ada yang meninggal dunia. Menurut Yurianto, ada penambahan sepuluh pasien yang meninggal dunia. " Sehingga totl 191 meninggal dunia," ujar Yurianto

1 dari 4 halaman

10 Cara Agar Tak Tertular Virus Corona Jika Ada Keluarga yang Positif Covid-19

Dream – Saat banyak orang di dunia yang terinfeksi virus corona, mungkin di antara kita merasa khawatir jika salah satu anggota keluarga ada yang terpapar Covid-19.

Oleh kerana itulah di masa-masa sulit ini penting bagi setiap orang untuk mempelajari dasar-dasar tentang melindungi diri dan anggota keluarga agar tidak terkena Covid-19.

Mungkin ada keluarga Anda yang terinfeksi virus corona. Atau Anda merupakan orang yang tak dapat menjauhkan diri dari orang yang terinfeksi corona. Maka pengetahun seputar virus corona sangat penting.

Social distancing merupakan cara yang paling efektinf untuk pencegahan. Selain itu menjaga kebersihan tangan dan mensterilkan permukaan benda di rumah sangat perlu dilakukan saat ini.

Dilansir oleh Medical Daily, agar tidak ikut terinfeksi virus corona,perlu melakukan zona isolasi. Langkah ini penting dilakukan jika anggota keluarga yang tinggal dengan Anda telah didiagnosis positif Covid-19 dan perlu dirawat di rumah.

2 dari 4 halaman

Siapkan Ruangan Terpisah untuk Si Penderita

 Ilustrasi© Pexels

Lantas bagaimana cara menjaga orang lain supaya tidak tertular virus corona? Berikut 10 cara supaya tak tertular virus corona jika anggota keluarga ada yang terinfeksi:

Cara yang pertama adalah, Anda harus menyiapkan ruang terpisah untuk keluarga Anda yang positif Covid-19. Jika terbatas ruangannya, maka anda bisa menjaga jarak setidaknya 6 kaki antara orang yang sakit dengan orang lain di dalam rumah Anda.

Kemudian, cara ke dua adalah lebih baik juga menggunakan kamar mandi terpisah. Namun jika di rumah Anda tidak ada kamar mandi lain lagi, maka anggota keluarga yang sakit tersebut harus membersihkan kamar mandi setelah digunakan. 

Anda juga setidaknya membiarkan kamar mandi terbuka hingga 30 menit setelah digunakan oleh si penderita. Jangan lupa untuk selalu menutup toilet sebagai upaya membatasi partikel virus di lubang toilet supaya tidak menyebar di udara.

3 dari 4 halaman

Rumah Memiliki Ventilasi yang Cukup

 Ilustrasi© Pixabay

Cara ke tiga adalah memastikan rumah anda memiliki ventilasi yang cukup banyak. Lebih baik juga ada filter udara dan pembersih udara. Karena udara yang lembab dapat menyebabkan virus bisa hidup lebih lama. Aturan kelembapan udara yang ideal adalah antara 40-60 persen.

Ke empat, anggota keluarga yang sakit harus menggunakan masker dan pelindung kepala jika ia berada di sekitar anggota yang lain. Jangan lupa untuk selalu mendisinfeksi semua permukaan yang habis digunakan oleh orang yang sakit.

Cara ke lima adalah, hindari penggunaan perlatan bersama, seperti gelas, piring, handuk, tempat tidur, dan juga barang-barang lainnya.

Ke enam, jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, jangan biarkan anggota keluarga Anda yang sakit tersebut berinteraksi dengan hewan peliharaan. Ini untuk mencegah penularan virus dari manusia ke hewan.

4 dari 4 halaman

Bersihkan Seluruh Permukaan dengan Disinfektan

 Ilustrasi© Pixabay

Cara ke tujuh, selain peralatan makan, bersihkan juga dengan disinfektan semua permukaan yang sering disentuh, seperti meja, gagang pintu, perlengkapan kamar mandi, peralatan makan, gagang telepon, keyboard. Bersihkan barang-barang itu setiap hari.

Kemudian, ketika Anda hendak membersihkan benda-benda di rumah, gunakan sarung tangan sekali pakai. Jauhkan barang-barang kotor dari tubuh Anda.

Nah setelah itu, masukkan sarung tangan bekas, masker sekali pakai, dan barang-barnag yang sudah terkontaminasi lainnya ke dalam kantong sebelum anda membuangnya.

Dan yang terakhir, pastikan Anda terus memantau kesehatan si penderita. Jika ada gejala yang lebih parah maka segera hubungi petugas kesehatan.

Itulah 10 cara menjaga agar anda tidak tertular virus corona saat salah satu keluarga Anda ada yang terinfeksi. Dengan upaya pencegahan penularan lebih baik untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Jangan asingkan keluarga Anda yang terinfeksi virus. Tetap dukung dia supaya tidak putus asa untuk melewati ini bersama.

Beri Komentar