Warga Heboh Lihat Penampakan Pelangi Api

Reporter : Sandy Mahaputra
Minggu, 23 Agustus 2015 13:05
Warga Heboh Lihat Penampakan Pelangi Api
Tampilan luar biasa yang disebut pelangi api itu hanya muncul ketika terjadi serangkaian fenomena cuaca yang sifatnya spesifik.

Dream - Warga Isle of Palms, South Carolina, Amerika Serikat digegerkan kemunculan pelangi aneh yang tidak biasa yang dikenal sebagai 'pelangi api'.

Pelangi indah berbentuk seperti burung phoenix warna-warni muncul di atas langit kota Isle of Palms selama satu jam pada Minggu lalu.

Tampilan luar biasa yang disebut pelangi api itu hanya muncul ketika terjadi serangkaian fenomena cuaca yang sifatnya spesifik.

Pakar meteorologi Justin Lock mengatakan kepada 14 News, pelangi api hanya dapat terbentuk pada bagian awan cirrus atau awan tinggi yang mengandung banyak kristal es kecil.

" Untuk menghasilkan warna pelangi sinar matahari harus melewati kristal es pada sudut yang tepat untuk memberikan efek prisma spektrum warna," kata Lock, yang menambahkan matahari harus berada pada ketinggian minimal 58 derajat di atas cakrawala.

" Sekali lagi, itu ada hubungannya dengan mendapatkan sudut yang tepat."

Istilah teknis untuk fenomena ini adalah busur circumhorizontal.

Efek yang sama dapat disaksikan ketika matahari terbenam memancarkan sinar berwarna-warni, di mana bagian atas awan cirrus menghasilkan banyak warna karena sudut rendah matahari yang memantulkan dan membiaskan cahaya, sehingga menghasilkan warna merah brilian, jingga dan ungu.

Karena butuh kondisi yang tepat agar tercipta pelangi api, maka Anda sangat beruntung, jika melihatnya sekali atau dua kali dalam hidup Anda.

(Sumber: Mirror.co.uk)

Beri Komentar