Menteri Wishnutama Emosi Soal Birokrasi dan Desain Kantor: `Kayak Diskotek`

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 7 November 2019 18:30
Menteri Wishnutama Emosi Soal Birokrasi dan Desain Kantor: `Kayak Diskotek`
Wishnutama membandingkan desain kantornya dengan Kementerian PUPR.

Dream - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kratif, Wishnutama Kusubandio kesal dengan birokrasi yang berbelit. Kekesalan itu dia sampaikan saat berdiskusi Dialog Nasional Ekonomi Kreatif yang digelar Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

" Dari kemarin saya agak emosi dengan birokrasi, jadi semua tuh kaya gitulah, ngerti kan ya," kata Wishutama, Kamis, 7 November 2019.

Dilaporkan Merdeka.com, Wishutama juga mempersoalkan sejumlah hal di birokrasi Indonesia yang punya kesan formal. Padahal, kata dia, dengan gaya yang santai, pikiran santai dapat lebih terbuka.

" Pengen santai aja kayanya ribet banget, padahal kalau kita dengan santai tuh rasanya pikiran kita lebih terbuka, lebih bisa open minded, bisa lebih mendengar, bisa lebih cair," ucap dia.

 

1 dari 4 halaman

Gedung Mirip Diskotek

Wishutama kemudian bercanda mengenai pakaian formal yang dipakainya saat bertemu para awak media di acara itu. " Sebenarnya begini aja rada-rada tegang terus terang aja, kalau pakai kaos mungkin saya lebih asyik," kata dia berseloroh.

Selain kekakuan, Wishutama juga bercerita mengenai gaya arsitektur kantornya yang serba modern.

" Saya pertama kali jadi menteri sertijab, masuk lobinya saja besi-besi semua, gedung Sapta Pesona itu, saya bilang ini pariwisata atau apa? kayak diskotek," ujar dia.

Wishutama justru iri dengan kantor Kementerian PUPR yang desainnya asri. Wisnutama merasa nyaman saat berkunjung ke kantor Basuki Hadimuljono tersebut.

" Saya malah terus terang saja jealous (iri) dengan menteri PUPR, halamannya asri, benar-benar masuk dalam wilayah kantor PUPR sejuk banget, tentram," ucap dia.

2 dari 4 halaman

Angela Tanoesoedibjo, Putri Hary Tanoe Bakal Jabat Wamenpar

Dream - Angela Tanoesoedibyo hari ini terlihat hadir di Istana memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo. Angela diminta untuk membantu di bidang pariwisata sebagai wakil menteri.

" Jadi pada pagi hari ini Bapak Jokowi memberi saya kepercayaan untuk membantu di bidang pariwisata," ujar Angela, di Istana Negara, Jumat 25 Oktober 2019.

Angela merupakan putri sulung dari pengusaha sekaligus Ketua Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo. Wanita ini memiliki latar belakang dalam bidang manajemen media dan retail.

" Mungkin bisa dikata saya paling muda sekarang ini, di umur 32 tahun," kata dia.

Akan mendampingi Menteri Pariwisata dalam menjalankan tugas, Angela mengaku belum kenal dengan sosok Wishnutama. Tetapi, dia mengakui Wishnutama cukup tenar di dunia media pertelevisian dan terkenal sebaai sosok yang kreatif.

" Saya sangat antusias untuk bisa bekerja sama dengan beliau," kata dia.

Lebih lanjut, Angela akan fokus pada pengembangan lima destinasi baru sesuai arahan Jokowi.

" Dalam satu tahun ke depan kita fokus ke lima destinasi yang sudah dibangun dengan berbagai event, tetapi juga membangun infrastrukturnya," kata dia.

3 dari 4 halaman

Calon Wamen LHK, Alue Dohong Jadi Orang Dayak Pertama Masuk Kabinet

Dream - Deputi Badan Restorasi Gambut (BRG) Alue Dohong menyebut ditugaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi Wakil Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Alue diminta menyelesaikan persoalan hutan dan lahan di ibu kota baru.

Penunjukan Alue Dohong menjadi sejarah tersendiri di birokrasi Indonesia. Alue akan menjadi orang dari suku dayak pertama yang ditunjuk menjadi pejabat negara. 

Dalam keterangan pers di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2019, Alue mengatakan mendapat penugasan di bidang terkait kehutanan dan lingkungan hidup. Dia juga diajak presiden berdiskusi tentang ibukota negara baru di Kalimantan Timur.

" Tentang kehutanan tentang sertifikasi lahan termasuk juga berdiskusi tentang ibukota negara baru di Kalimantan Timur," kata Alue,  Jumat, 25 Oktober 2019.

Alue berbincang mengenai konsep Ibu Kota baru yang indah, cerdas, dan berkelanjutan.

Pada bagian lain, Alue mengucapkan terima kasih diberi kesempatan menjadi wakil menteri. Sebab, dia menjadi salah satu menteri dari Suku Dayak yang pernah ada dalam sejarah Indonesia.

" Dalam sejarah bangsa Indonesia Merdeka mungkin baru kali ini suku dayak yang ditawari dalam posisi kabinet," ujar dia.

" Saya kebetulan Suku Dayak, saya yakin kalau takdir saya jadi wakil menteri, ini kebahagiaan bagi Suku Dayak yang ada di Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara saya kira itu," kata dia menambahkan.

Selain kehutanan dan sertifikasi lahan, Alue juga berjanji akan menyelesaikan persoalan kebakaran hutan.

" Termasuk itu akan kita coba cari jalan keluarnya," kata dia.(Sah)

4 dari 4 halaman

Wahyu Sakti, Eks-Bendahara TKN Jokowi-Maruf Jadi Wakil Menteri Prabowo

Dream - Wahyu Sakti Trenggono, Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, mengaku diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi wakil menteri pertahanan.

" Pagi ini saya dipanggil presiden diberi penugasan untuk membantu di Kementerian Pertahanan dalam rangka mengembangkan sektor industri pertahanan kita," ujar Wahyu, ditayangkan Kompas TV, Jumat, 25 Oktober 2019.

Wahyu mengatakan, dia diminta untuk menjawab visi presiden sektor industri pertahanan dapat mulai dikembangkan lebih baik.

" Saya katakan saya siap untuk bekerja," ujar dia.

Wahyu mengaku dengan latar belakang di sektor industri dia berencana mencari cara mengembangkan industri pertahanan.

Tetapi, dia enggan mengomentari sosok Prabowo Subianto yang jadi mitranya bekerja.

" Saya tak bisa komentar soal itu. Selebihnya, selanjutnya dalam perjalanan," kata dia.(Sah)

Beri Komentar