Bikin Hati Hangat, Dimanjanya Para Jemaah Anak di Baitullah

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 24 Januari 2023 11:12
Bikin Hati Hangat, Dimanjanya Para Jemaah Anak di Baitullah
Banyak sekali jemaah yang membawa anak bahkan bayi saat beribadah.

Dream - Datang ke Baitullah untuk beribadah umroh atau haji jadi impian seluruh umat muslim di dunia. Melihat dan memegang langsung Ka'bah, jadi hal yang begitu luar biasa. Terutama jika juga bisa mengajak buah hati ke rumah Allah SWT.

Banyak sekali jemaah yang membawa anak bahkan bayi saat beribadah. Tentunya dengan harapan agar kelak ia mendapat keberkahan dari Allah SWT, menjadi pengikut setia Nabi Muhammad SAW.

Para jemaah anak di Baitullah kerap mendapat perlakuan istimewa. Baik dari petugas maupun jemaah lain, karena anak-anak dianggap membawa kebaikan dan keberkahan.

Salah satunya saat sholat Jumat. Anak-anak lelaki yang ikut beribadah, mendapat bingkisan khusus. Momen tersebut diunggah oleh akun Twitter @HaramainInfo, sumber informasi resmi Mekah dan Madinah.

Anak-anak ibadah di Baitullah© Twitter @HaramainInfo

Tampak empat anak lelaki menjinjing bingkisan. Momen tersebut terjadi pada saat sholat Jumat pada 19 Januari 2023 lalu.

1 dari 4 halaman

Anak ibadah di Baitullah© Twitter @HaramainInfo

" Beberapa gambar ndah yang diambil oleh @ReasaAlharmain dalam seminggu terakhir mengabadikan hujan, anak-anak dan Khutbah Jum'at Jum'at," tulis keterangan dalam foto tersebut.

Anak beribadah© Twitter @HaramainInfo

Wajah anak-anak tampak sangat girang mendapat bingkisan tersebut. Hari Jumat memang hari spesial di sana. Banyak yang bersedekah dengan cara apapun untuk mendapat ridho dari Allah SWT. Salah satunya adalah menyenangkan anak-anak yang ikut beribadah.

Masyaallah Tabarakallah.

2 dari 4 halaman

Tak Hanya Penuhi Gizi Bayi, Ini Hikmah Menyusui dalam Kajian Islam

Dream - Menyusui sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Allah SWT sampai memerintahkan para ibu untuk menyusui buah hatinya sampai dua tahun penuh. Hal ini tertulis dalam Al-Baqarah (2) ayat 233.

Albaqarah ayat 233© Bincang Syariah


Artinya: “ Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna" .

Dalam Islam, menyusui bukan hanya sekadar memenuhi gizi anak d an menyehatkan fisiknya. Banyak hikmah yang terkandung dalam proses menyusui. Banyak yang beranggapan kalau menyusui hanya merupakan tanggung jawab ibu, padahal tak demikian.

© Dream

Ajaran Islam soal menyusui pada hakikatnya merupakan bentuk nafkah yang seharusnya diberikan oleh seorang ayah kepada bayi. Ibu menjadi perantara tersampaikannya nafkah seorang ayah kepada anaknya.

 

3 dari 4 halaman

Ayah Harus Penuhi Kebutuhan Ibu

Untuk itu, ayah wajib memberikan makanan yang baik dan bergizi kepada ibu sang bayi. Bahkan ketika kedua orangtua bayi itu sudah cerai sekali pun, seorang ayah dituntut untuk memberikan upah kepada ibu yang masih menyusui bayi itu.

Allah SWT berfirman dalam surah Ath-Thalaq 65 ayat 6:

Ath-Thalaq 65 ayat 6© Bincang Syariah

Artinya: “ Tempatkanlah mereka (para istri) di mana kalian bertempat tinggal menurut kemampuan kalian, dan janganlah kalian menyusahkan mereka untuk menyempitkan (hati) mereka. Dan jika mereka (istri-istri yang sudah ditalak) itu sedang hamil, maka berikanlah kepada mereka nafkahnya sampai mereka melahirkan, kemudian jika mereka menyusukan (anak-anak)mu maka berikanlah imbalannya kepada mereka; dan musyawarahkanlah di antara kalian (segala sesuatu) dengan baik; dan jika kalian menemui kesulitan, maka perempuan lain boleh menyusukan (anak itu) untuknya.”

 

 

4 dari 4 halaman

Kedekatan Fisik dan Psikis

Menukil pernyataan Syekh Ali ash-Shabuni dalam kitab Rawai’ul Bayan Tafsir Ayat al-Ahkam Minal Qur’an, bahwasanya tidak ada makanan yang lebih baik bagi seorang bayi selain ASI. Uraian beliau itu juga didukung dengan kesepakatan para ahli medis bahwa ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi.

Hal ini anak terbentuk dari darah ibu tatkala masih dalam rahim, maka setelah anak itu lahir, darah itu berubah menjadi air susu, yang dengan cara itu bayi memperoleh makanan yang baik.

Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika bayi itu masih dalam masa menyusui, terdapat pola hubungan yang sangat indah. Baik hubungan antara suami dengan istrinya, yang senantiasa memenuhi kebutuhan lahir batin maupun hubungan orangtua dengan anaknya.

Penjelasan selengkapnya baca di Bincang Syariah

Beri Komentar