Kahiyang dan Bobby Gelar Upacara Mangupa Upa untuk Anak Ketiganya

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 5 September 2022 13:13
Kahiyang dan Bobby Gelar Upacara Mangupa Upa untuk Anak Ketiganya
Tampak ibunda Bobby, Ade Siregar berada di dekat mereka. Begitu pun kakak-kakak Bobby, dan keponakannya.

Dream - Kahiyang Ayu baru saja melahirkan anak ketiganya, Panembahan Al Saud Nasution, pada 25 Agustus 2022 lalu. Ia dan sang suami yang merupakan Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution, menggelar upacara khas suku Batak, Mengupa Upa.

Hal ini diketahui dari unggahan Instagram Poppy Dewinta, kakak dari Bobby. Dalam foto yang diunggah di Instagram @poppydewinta tampak Kahiyang menggendong bayinya yang masih merah.

Di depan mereka terdapat nampan berisi hidangan, terdiri dari nasi putih, ayam kampung utuh, ikan mas, udang dan balado kentang. Ada juga kain ulos bermotif cantik.

Mangupa Upa© Instagram @poppydewinta

Tampak ibunda Bobby, Ade Siregar berada di dekat mereka. Begitu pun kakak-kakak Bobby, dan keponakannya. Sebagai suku Batak yang masih memegang adat kebiasaan, keluarga Bobby Nasution juga menggelar upacara Mangupa Upa.

 

1 dari 4 halaman

Penasaran maksud dari upacara ini yang digelar menyambut kelahiran Panembahan Al Saud Nasution? Dikutip dari Indonesia.go.id, Mangupa Upa dalam kultur adat Batak dapat diartikan sebagai ungkapan doa diselingi nasehat dari para orang tua atau sesepuh.

Kahiyang© Instagram @poppydewinta

Mangupa Upa tersebut intinya tetap kembali pada satu hal, yaitu bentuk rasa syukur pada Allah SWT dengan memanjatkan doa. Para orangtua dan sesepuh yang hadir di acara tersebut akan membacakan doa dan memberikan banyak nasihat.

Biasa digelar saat hari ulang tahun, kelahiran bayi, pernikahan, kelahiran anak, mendapat prestasi, atau pulang pergi dari kampung halaman. Mangupa Upa dapat dilaksanakan untuk momentum apapun yang dianggap memerlukan doa dan petuah dari orangtua maupun leluhur.

2 dari 4 halaman

Perayaan Sederhana Ulang Tahun ke-4 Putri Kahiyang dan Bobby

Dream - Sedah Mirah Nasution, putri pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, baru saja berulang tahun. Cucu Presiden Jokowi yang tinggal di Medan, Sumatera Utara ini, sudah berusia 4 tahun.

Jika biasanya anak-anak pejabat menggelar pesta ulang tahun yang mewah, berbeda dengan Sedah. Ulang tahunnya kali ini digelar sederhana, hanya dihadiri oleh keluarga dekat saja. Hal itu diketahui dari unggahan foto Kahiyang di akun Instagramnya @ayanggkahiyang.

ulang tahun Sedah© Instagram @ayangkahiyang

Tampak Sedah sangat manis mengenakan dress beraksen bunga dan kupu-kupu. Perayaan sendiri dilakukan di kediaman pribadi dengan dekorasi simpel.

Terdapat balon dengan tulisan " Happy Birthday" warna emas,yang ditempel di tirai merah. Sang adik, Panembahan Al Nahyan Nasution, juga ikut berpose.

3 dari 4 halaman

Dihadiri Keluarga Dekat

Ulang tahun Sedah© Instagram @ayangkahiyang

Pesta ulang tahun sederhana ini hanya dihadiri keluarga dekat, yaitu ibu dari Bobby, para saudara perempuannya dan sepupu Sedah. Mereka terlihat penuh keceriaan merayakan ulang tahun Sedah.

ulang tahun Sedah© Instagram @ayangkahiyang

Tak lupa, si manis berponi ini mendapat kado dari sang ayah. Lihat saja wajahnya sangat girang saat membuka kado.

4 dari 4 halaman

Lihat Video Perayaan Ultah Sedah

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bobby Nasution (@bobbynst)

Beri Komentar