Penataan Manis Dapur Sekaligus Ruang Makan di Rumah Mungil

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 23 Januari 2023 08:12
Penataan Manis Dapur Sekaligus Ruang Makan di Rumah Mungil
Warna hitam, putih dan kayu, membuat suasana dapur jadi berkesan modern.

Dream - Siapa sangka dapur di sebuah rumah mungil, bisa ditata dengan apik dan membuat betah yang memasak. Mulai dari pemilihan material, warna, penempatan furnitur, hingga detail penyimpanan perlengkapan.

Seperti desain dapur di rumah tipe 36 di rumah pemilik akun Instagram @leshainggri. Lewat Instagram, ia kerap membagikan trik dalam mendekorasi rumah mungil sesuai dengan kondisi rumahnya.

Dapur© Instagram @leshainggri

Area yang menarik, yaitu dapur. Tak terlalu luas, tapi sangat rapi dan dibuat gabung dengan meja makan. Warna hitam dipillih untuk meja dapur, juga kabinet penyimpanan atas dan bawah.

dapur© Instagram

1 dari 6 halaman

Sekat Kayu

Dapur© Instagram @leshainggri

Dapur dibuat berbatasan langsung dengan ruang keluarga. Disekat dengan manis oleh tembok yang dipadukan dengan rak kayu.

Dapur© Instagram @leshainggri

Warna hitam dan abu-abu tampak menonjol di dapur, memberi kesan modern. Warna ini memang cenderung membuat gelap, tapi berhasil disiasati dengan pencahayaan yang baik.

Ditambah dengan lampu-lampu gantung yang berdesain retro. Terdapat juga meja makan mungil multifungsi. Bisa jadi tempat makan atau mungkin untuk menaruh beragam belanjaan.

Penataan simpel tapi manis. Suka dengan desain dapur ini, Sahabat Dream?

2 dari 6 halaman

Ide Dapur Mungil Bernuansa Segar, Bikin Semangat Masak

Dream - Kondisi dapur tentunya sangat berpengaruh pada mood dalam hal menyiapkan makanan bagi keluarga. Dapur meskipun ukurannya mungil tapi jika ditata dengan apik dan sedap dipandang mata, tetap akan terasa nyaman.

Bagi Sahabat Dream yang sedang mencari ide untuk menata dapur, mungkin bisa menengok akun Instagram @rinahertanty. Ia mengunggah foto penataan dapurnya yang simpel tapi cukup menarik.

Rak kayu terbuka/ open shelf dipasang di tembok dengan warna cokelat terang. Toples bumbu kaca transparan ditaruh dengan rapi dan perpaduan warnanya jadi daya tarik tersendiri.

Dapur mungil© Instagram @rinahertanty

Foto: Instagram @rinahertanty

Untuk menambah kesan segar, Rina menambahkan beberapa pot mungil berisi tanaman hijau. Ada tanaman yang menjuntai dan membuat dapur jadi lebih segar.

3 dari 6 halaman

Perpaduan Warna Simpel

Dapur Mungil© Instagram @rinahertanty

Warna hitam dijadikan dominan utuk meja dapur agar tak tampak kotor. Sementara tembok dipasang keramik putih agar lebih mudah dibersihkan.

Aksen rak kayu, toples bumbu dan tanaman hijau berukuran mungil membuat dapur ini tampak nyaman dan simpel. Ditambah dengan tambahan meja panjang cokelat dan tempat duduk di bagian samping.

 

4 dari 6 halaman

Dapur Monokrom Simpel Lebar 2 Meter, Cari Tahu Biaya Pembuatannya

Dream - Sahabat Dream termasuk orang yang suka desain minimalis? Jika iya, biasanya suka dengan warna-warna monokrom dan penataan simpel untuk sebuah ruangan, termasuk dapur. Area masak, meskipun berada di belakang dan ukurannya mungil, sebaiknya ditata seapik mungkin agar terlihat estetik dan membuat nyaman penggunanya.

Seperti dapur milik akun Instagram @namiku_house . Dapur selebar 2 meter dirancangnya dengan bergaya minimalis modern.

Dapur simpel© Instagram @namiku_house

Ia memadukan tiga warna untuk dapur, yaitu putih, kayu dan hitam. Memadukan kabinet atas dan top table warna putih, kompor serta cooker hood hitam dan kabinet motif kayu untuk di bagian bawah.

Dapur simpel© Instagram @namiku_house

5 dari 6 halaman

Anggaran untuk Furnitur Dapur Mungil

Penasaran berapa anggaran yang dikeluarkan untuk membuat dapur tersebut? Ia juga membagikan detail untuk membuat dapur estetik tersebut.

Mulai dari dua lembar unit ambalan kayu untuk rak terbuka atas, kabinet putih, lampu hingga top table dan kabinet bawah.

Dapur simpel© Instagram @namiku_house

Total biaya untuk kelengkapan furnitur sekitar Rp11,6 juta. Biaya tersebut belum tersebut kompor dan cooker hood.

 

6 dari 6 halaman

Perlengkapan lain

Untuk perlengkapan lain seperti sink, kran, backsplash (ubin di tembok), cooker hood dan kompor, menelan biaya sekitar  Rp7,5 juta. Jika ditotal, biaya material sekitar Rp19,2 juta.

Dapur simpel© Instagram @namiku_house

Harga tersebut belum termasuk jasa pekerja untuk memasang perlengkapan dapur. Terlihat simpel, tapi biaya yang dikeluarkan cukup besar. 

Tertarik untuk membuat dapur keren ini di rumah?

Beri Komentar