Ruang Eksplorasi Anak Indonesia untuk Tumbuhkan Generasi Percaya Diri

Reporter : Hevy Zil Umami
Senin, 20 Oktober 2025 18:35
Ruang Eksplorasi Anak Indonesia untuk Tumbuhkan Generasi Percaya Diri
Setiap anak terlahir dengan keunikan dan potensi luar biasa.

DREAM.CO.ID - Setiap anak terlahir dengan keunikan dan potensi luar biasa. Ada yang pandai berimajinasi, ada yang suka mencipta, dan tak sedikit yang berani tampil di depan banyak orang. Namun, semua potensi itu butuh ruang untuk berkembang—bukan hanya dari sisi pendidikan formal, tetapi juga lewat pengalaman bermain, bereksperimen, dan dukungan dari lingkungan sekitar.

Di tengah derasnya arus digital dan informasi yang kian cepat, tantangan orang tua masa kini semakin kompleks. Anak-anak memang punya lebih banyak akses untuk belajar hal baru, tetapi tanpa arahan yang tepat, mereka bisa kehilangan arah dalam mengenali jati diri dan potensinya. Padahal, kepercayaan diri adalah pondasi penting untuk menumbuhkan generasi yang kuat dan berkarakter.

1 dari 3 halaman

Sebuah riset dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana menyebutkan, kepercayaan diri yang baik sangat berpengaruh terhadap kemampuan anak dalam bersosialisasi dan mengembangkan potensi diri. Sementara buku “ Membantu Anak Percaya Diri” terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menegaskan bahwa anak perlu diberi kesempatan menunjukkan kemampuan dan merasa dihargai agar tumbuh rasa percaya diri yang sehat.

Berangkat dari pemahaman ini, MY BABY Kids, merek perawatan anak dari Tempo Scan Group, menghadirkan Kidsversity 2025 — sebuah ruang eksplorasi untuk anak-anak Indonesia bertema Extraordinary Generations. Program ini menjadi wadah bagi anak-anak untuk mencoba hal baru, berani bereksperimen, dan belajar mempercayai kemampuan diri mereka sendiri.

Ruang Eksplorasi Anak Indonesia untuk Tumbuhkan Generasi Percaya Diri

“ Melalui semangat Extraordinary Generations, kami ingin menginspirasi orang tua untuk memberikan ruang tumbuh yang mendorong anak berani menunjukkan potensi terbaiknya. Kami ingin mendampingi para orang tua menumbuhkan generasi masa depan yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter kuat, empati, dan kepercayaan diri untuk menghadapi dunia yang terus berkembang,” ujar Tiffany Pratiwi Suwandi, Deputy GM Brand Communication & Content MY BABY.

2 dari 3 halaman

Senada dengan itu, Rachmat Dhany, Senior Head Brand Consumer Marketing MY BABY Kids, menambahkan bahwa produk-produk perawatan anak yang dihadirkan brand ini dirancang untuk mendukung tumbuh kembang si kecil agar bebas bereksplorasi. “ Kami ingin mengajak lebih banyak orang tua untuk tidak hanya memberikan perawatan terbaik, tapi juga menciptakan momen kebersamaan yang bermakna bersama anak. Dukungan dan kepercayaan dari orang tua merupakan fondasi penting dalam membentuk generasi yang tangguh dan berani,” jelasnya.

Kegiatan Kidsversity 2025 telah berlangsung sejak Mei lalu dan diikuti oleh ribuan anak berusia 4–9 tahun dari berbagai kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, Semarang, dan Surabaya. Melalui rangkaian school-to-school roadshow, anak-anak diajak berpartisipasi dalam lomba mewarnai, ajang adu bakat, hingga coding challenge yang menumbuhkan rasa percaya diri sekaligus kreativitas.

Selain itu, kompetisi digital di Instagram juga memberi kesempatan bagi anak-anak dari seluruh Indonesia untuk menampilkan bakat mereka secara daring, baik secara individu maupun kelompok.

3 dari 3 halaman

Puncak kegiatan digelar pada 18 Oktober 2025 di Piazza Gandaria City, Jakarta. Acara bertajuk Big Bang Kidsversity ini menjadi ajang grand final yang meriah dan penuh inspirasi. Dihadiri salah satu pemeran serial Magic 5 sebagai pembawa acara, kegiatan ini menampilkan 10 finalis terbaik dari seluruh rangkaian kompetisi, serta dimeriahkan oleh penampilan Kidos Band dan Quinn Salman. Tiga pemenang utama berkesempatan membawa pulang hadiah jutaan rupiah, hampers eksklusif, hingga tampil di acara televisi.

Melalui kegiatan ini, MY BABY Kids ingin memperkuat perannya sebagai sahabat orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia agar mereka berani bermimpi, berekspresi, dan percaya pada dirinya sendiri—menuju generasi luar biasa yang siap menghadapi masa depan dengan percaya diri.

Beri Komentar