Tak Cuma Kaya Nutrisi, Berikut Segudang Manfaat Pepaya untuk Bayi

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Rabu, 25 Januari 2023 19:13
Tak Cuma Kaya Nutrisi, Berikut Segudang Manfaat Pepaya untuk Bayi
Berikut beberapa manfaat lain dari pepaya untuk bayi dimulai dari mengobati ruam hingga sembuhkan luka

Dream - Nutrisi memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan dan mencegah risiko penyakit pada bayi. Meskipun sumber nutrisi utama pada bayi baru lahir adalah Air Susu Ibu atau ASI, setelah 6 bulan bayi boleh mengonsumsi makanan padat.

Menurut sebuah penelitian, pengenalan makanan padat seperti buah-buahan dan sayuran dalam makanan bayi dapat membantu meningkatkan keinginan mereka untuk memakannya seiring bertambahnya usia.

Shutterstock© Shutterstock

Pepaya, salah satu makanan padat yang sehat, dapat diberikan dalam jumlah kecil bersama dengan ASI untuk memberikan nutrisi tambahan pada bayi.

Berikut beberapa manfaat lain dari pepaya untuk bayi yang Dream rangkum dari Boldsky.

 

1 dari 3 halaman

1. Mengobati Ruam

Daging buah pepaya bisa menjadi obat yang efektif untuk mengobati ruam pada bayi. Papain dan chymopapain dalam pepaya memiliki efek anti-inflamasi.

Saat dioleskan pada kulit, senyawa tersebut dapat membantu mengurangi benjolan kecil, ruam, dan nyeri.

Namun, ahli medis menyarankan untuk melakukan uji terlebih dahulu pada area kecil kulit bayi karena terkadang, senyawa ini dapat menyebabkan reaksi alergi dan meningkatkan rasa gatal dan ruam,

 

2 dari 3 halaman

2. Dapat Mengobati Trombositopenia Neonatal Persisten

Trombositopenia neonatal (NT) adalah kondisi umum yang didiagnosis dalam 72 jam pertama kehidupan mereka dan disebabkan terutama karena berkurangnya jumlah trombosit dalam tubuh mereka.

NT dapat menyebabkan komplikasi seperti perdarahan intraventrikular. Menurut sebuah penelitian, ekstrak daun pepaya dapat menjadi terapi yang aman, murah dan efektif dalam meningkatkan jumlah trombosit pada bayi dengan trombositopenia persisten, bersamaan dengan terapi obat tertentu juga ya Sahabat Dream.

 

3 dari 3 halaman

3. Menyembuhkan Luka Bakar Anak

Shutterstock© Shutterstock

Sebuah penelitian menyebutkan peran vital pepaya dalam pengobatan tradisional Afrika untuk penanganan luka bakar dan penyembuhan luka pada anak-anak.

Pepaya dapat ditoleransi dengan baik oleh anak-anak bila digunakan sebagai pembalut luka bakar. Ini juga tersedia secara luas dan merupakan cara pengobatan termurah.

Pepaya juga memiliki tindakan antimikroba karena papain dan chymopapain dan ketika dihaluskan dan dioleskan, luka bakar dan luka sembuh lebih cepat dan risiko infeksi luka juga berkurang.

Beri Komentar