Waktu Paling Aman kembali Bercinta Setelah Melahirkan

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 15 Maret 2022 16:12
Waktu Paling Aman kembali Bercinta Setelah Melahirkan
Beberapa ibu membutuhkan waktu lebih lama untuk pemulihan setelah persalinan.

Dream - Kehadiran bayi di rumah membuat para istri menjadikan seks dengan suami tak jadi prioritas. Kondisi fisik tubuh yang belum sepenuhnya pulih, jahitan di luka persalinan, hormon yang tak stabil, serta bentuk tubuh, jadi alasan para ibu cenderung menghindari aktivitas seksual.

Lalu sebenarnya kapan waktu yang aman untuk kembali bercintar? Masa nifas bisa jadi patokannya, yang biasanya berlangsung sekitar 40 hari atau lebih. Penting untuk merawat diri di masa-masa nifas ini agar pemulihan maksimal.

Makan-makanan bergizi tinggi protein, pijat rutin, konsultasi dengan dokter atau bidan secara rutin. Bukan hanya mengkonsultasikan fisik tapi juga psikis, karena risiko depresi pasca melahirkan selalu ada.

 

1 dari 4 halaman

Luka Sudah Sembuh

Untuk ibu yang menjalani persalinan secara normal, aktivitas seksual mungkin akan sedikit memicu kekhawatiran jika luka belum benar-benar sembuh. Pastikan dulu, luka di area intim sembuh dengan optimal. Begitu juga yang menjalani operasi caesar, perhatikan pemulihan luka.

" Terlepas dari metode persalinan mana yang digunakan ibu akan disarankan untuk melakukan " istirahat panggul" , karena tubuh secara keseluruhan mengalami perubahan drastis setelah persalinan," ujar Sherry Ross, MD, seorang spesialis obstetri dan ginekologi, dikutip dari Health.

2 dari 4 halaman

Sekitar 6 Minggu

Itu berarti tidak ada penetrasi. Bukan hanya agar tubuh bisa cepat pulih tapi juga menghindari risiko komplikasi pascamelahirkan. Seperti infeksi pada sayatan atau robekan penyembuhan, yang risiko munculnya paling tinggi selama dua minggu pertama setelah melahirkan.

" Biasanya pada kunjungan minggu keenam pascapersalinan tim medis baik bidan atau dokter akan memeriksa kembali. Bila kondisinya baik, akan diberi 'lampu hijau' untuk berhubungan seksual," ujar dr. Ross.

Bila ibu merasa belum siap, masih merasa kesakitan atau khawatir tak perlu memaksakan. Bicarakan dengan pasangan dan lakukan konsultasi dengan dokter atau bidan secara rutin.

3 dari 4 halaman

Bidan Ungkap Fakta Soal Level Rasa Sakit Melahirkan

Dream - Proses melahirkan identik dengan rasa sakit, baik itu secara normal maupun operasi caesar. Hal ini kerap menimbulkan rasa takut para ibu, terutama yang baru pertama kali melahirkan,

Banyak juga anggapan kalau rasa sakit melahirkan seperti 20 tulang patah bersamaan. Terkait hal ini, Ony Christy, seorang bidan profesional yang dikenal dengan sebutan Bidan Kriwil lewat Instagramnya @bidankriwil memberi penjelasan.

" Seringkali beredar unggahan berisi klaim bahwa rasa sakit saat melahirkan sebanyak 57 del (unit) atau bahkan setara dengan 20 tulang patah bersamaan padahal tubuh manusia hanya bisa menanggung rasa sakit sebanyak 45 del (unit). Benarkah demikian? Klaim tersebuut salah," tulis Bidan Ony.

Menurut Bidan Ony, biasanya rasa sakit oleh tenaga medis diukur menggunakan skala numerik. Kondisi nyeri atau sakit juga sangat berbeda di tiap individu.

" Tidak ada satuan bernama del. Sebuah satuan yang dikembangkan untuk mengukur rasa sakit adalah dol (dolorimeter) bukan del. Selain itu tenaga medis menggunakan skala numerik untuk mengukur rasa sakit dengan nilai 1-10 saja. Membandingkan tipe rasa sakit yang berbeda merupakan hal yang sulit. Walaupun melahirkan terbukti sangat menyakitkan namun tingkat rasa sakit tersebut tidak dapat disetarakan dengan rasa sakit lainnya," ungkap bidan Ony.

 

4 dari 4 halaman

Persiapan Mental

Ia pun menjelaskan ada banyak faktor yang mempengaruhi level rasa sakit persalinan. Antara lain bentuk panggul ibu, posisi ibu, posisi bayi, level stres dan dehidrasi. Bidan Ony pun punya pesan khusus untuk para ibu hamil yang takut menghadapi rasa sakit persalinan.

" Dibandingkan fokus pada rasa takut menghadapi persalinan yang belum tentu terjadi alangkah lebih baik jika energi kita digunakan untuk belajar dan mempersiapkan persalinan. Sehingga nanti persalinan jadi nyaman dan penuh cinta," tulis bidan Ony.