Kebiasaan yang Bikin Lemari Pendingin Tak Bekerja Maksimal

Reporter :
Rabu, 20 November 2019 07:12
Kebiasaan yang Bikin Lemari Pendingin Tak Bekerja Maksimal
Hindari kebiasaan ini karena lebih menguras sumber listrik yang bisa berdampak pada naiknya iuran listrik.

Dream - Tempat paling pas untuk menyimpan bahan makanan segar adalah lemari pendingin atau kulkas. Terutama untuk bahan mentah, seperti ayam, daging, sayur, dan buah. Bahan makanan yang belum diolah bisa bertahan lebih lama bahkan sampai satu minggu di dalam kulkas.

Hal tersebut tentu ada syaratnya, asalkan disimpan dengan tepat. Sayangnya, banyak yang tak menyimpan bahan makanan dengan benar. Efeknya adalah bahan makanan cepat basi dan terbuang percuma.

Tak hanya itu, saat makanan tak disimpan dengan tepat kerja lemari pendingin jadi tak optimal. Lebih menguras sumber listrik yang bisa berdampak pada naiknya iuran listrik.

Lalu bagaimana agar penggunaan kulkas optimal? Coba ikuti empat langkah ini.

 

1 dari 4 halaman

1. Mengisi kulkas berlebihan

 Tips Menyimpan Bahan Makanan Tanpa Kulkas

Menyimpan terlalu banyak bahan makanan di lemari es, akan membuat listrik terkuras lebih banyak dan tarif pun jadi lebih mahal. Kelebihan barang bisa menghalangi ventilasi di lemari es dan terlalu banyak barang yang dijejalkan juga membuat alat ini bekerja lebih keras agar tetap dingin.

 

2 dari 4 halaman

2. Kurang mengisi kulkas

 Bahaya Simpan Telur di Kulkas

Seperti kulkas yang diisi terlalu banyak, kulkas yang kosong juga dapat membuat lebih boros energi. Faktanya, benda dingin di lemari es juga berperan dalam menjaga suhu tetap rendah saat pintu lemari es dibuka. Terlalu sedikit bahan makanan di kulkas, berarti lemari es harus bekerja lebih 'keras' untuk menjaga suhu yang tepat. Isi kulkas sebesar 70 persen.

 

3 dari 4 halaman

3. Pengaturan suhu yang salah

 Kulkas makanan

Jika kulkas terlalu hangat, makanan akan membusuk lebih cepat. Sebaliknya, jika suhu diatur terlalu dingin, bahan makanan jadi mudah membeku. Hindari makanan yang busuk atau dingin dengan menjaga suhu kulkas tetap di antara 35 dan 38 derajat Fahrenheit setiap saat.

 

4 dari 4 halaman

4. Menyimpan bahan makanan lama di bagian belakang

Hindari menaruh bahan makanan yang sudah lama di bagian paling belakang. Usahakan tulis label yang menandakan kapan bahan tersebut dibeli.

Selalu taruh bahan makanan yang baru di belakang. Sementara bahan makanan sisa taruh di depan agar semua bisa digunakan secara efisien dan efektif.

Sumber: The Kitchn

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting