Viu Pitching Forum, 10 Sineas Bersaing Garap Film Terbaik

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Sabtu, 28 April 2018 07:45
Viu Pitching Forum, 10 Sineas Bersaing Garap Film Terbaik
Siapa saja mereka?

Dream – Sebanyak 10 sineas muda Indonesia terpilih menjadi finalis untuk mengikuti program Viu Pitching Forum (VPF). Ajang VPF merupakan wadah yang didedikasikan untuk pencarian proyek serial atau film untuk Viu Original yang diajukan oleh para sineas Indonesia berbakat ke para ahli di Industri perfilman nasional.

Para finalis ini terpilih dari ratusan ide serial/film yang diterima Viu selama roadshow dialog film yang digelar sejak 15 Maret hingga 15 April di beberapa kota seperti Tangerang, Jakarta, Makassar, Yogyakarta dan Bandung.

“ Viu membuka peluang bagi sineas muda. Industri kita, kan, tertutup dan semua berdasarkan trap. Maka, ini yang menjadi terobosan yang baru di mana kita mendapatkan cerita-cerita baru,” kata mentor VPF, Sammaria Simanjuntak, di Hotel Double G, Anyer, Banten, Jumat 27 April 2018.

Menurut Sammaria, semua finalis telah menjalani lokakarya profesional selama lima hari dari 23 April 2018 sampai 27 April 2018. Finalis ini dibimbing oleh pelaku sineas, seperti penulis naskah, Andri Chung, editor, Aline Jusria, serta sutradara dan produser, Sammaria Simanjuntak.

Selama workshop, para finalis mempresentasikan hasil karyanya mulai dari sinopsis cerita yang ditulis, deskripsi karakter dan treatment cerita dan pengambilan gambar video.

Di akhir workshop nanti semua finalis harus mempresentasikan proposal proyeknya ke juri yang terdiri dari Nia Dinata, Myra Suraryo dari Viu, Lucky Kuswandi, Melissa Karin dan Lasja Susatyo. Sementara babak final akan berlangsung hari ini, Sabtu, 28 April 2018.

“ Para finalis hingga saat ini telah memberikan progress yang bagus, diharapkan final besok gak tegang dalam memberikan hasil yang maksimal kepada para juri,” kata dia.

Viu Pitching Program© Dream.co.id

“ Kami yakin hasil dari forum ini akan membantu memajukan industri dengan menghasilkan talenta dan proyek terbaik yang siap diproduksi sebagai Viu Originals,” kata Myra Suraryo, Senior Vice President Marketing Viu Indonesia dan Juri Viu Pitching Forum dalam keterangan tertulis.

Viu merupakan penyedia layanan OTT pan-regional milik PCCW Media Group. Tahun ini, Viu telah bersiap untuk mengembangkan program Viu Original yang akan menghasilkan lebih dari 900 episode dan 70 judul konten lokal di akhir tahun 2018. Tayangan Viu diproduksi dalam bahasa India, China, Indonesia, dan Arab dan telah melebarkan sayapnya untuk memproduksi film layar lebar.

“ Dengan adanya evolusi layanan streaming OTT dan adopsi konsumen, konten yang berkualitas dan relevan adalah kunci kesuksesan Viu dalam menarik jutaan penonton," ujar Janice Lee, Managing Director, Grup Media PCCW.

10 Finalis Ini Masuki Babak Final Viu Pitching Forum© MEN

Sementara MK Machaiah (Mac), Chief Innovation Officer dari Mindshare South Asia, mengaku menyambut baik inisiatif dari Viu ini, Selama ini, perusahaan memang selalu mencari dan bereksperimen dalam konten baru melalui machine learning, kreativitas, dan pemasaran yang adaptif untuk mengkaji solusi yang fokus dan tajam untuk merknya.

" Konten cerdas adalah sebuah kebutuhan dan kolaborasi Viu telah membantu kami terhubung dengan khalayak yang tepat secara efektif,” ujarnya.

Berikut ini adalah 10 finaslis VPF yang akan bersaing agar proyek serial atau film mereka menjadi Viu Original.

1. Fanni Mardhotillah dari Medan—Gunardi (thriller)
2. Marcellino Indrawan dari Yogyakarta: Boner – komedi
3. Rendy Kurniawan dari Jakarta: Sweet Fighter – drama
4. Lerryant Krisdy G.Basuki dari Jakarta: Koas – drama
5. Sally Anom Sari dari Bandung: Halustik – komedi
6. Reka Wijaya dari Jakarta: The Knocked Out Girl – drama
7. Arifin Putra dari Jakarta: Istri Negara - drama suspense
8. Andhika Godwin dari Surabaya: Jane - drama psikologis
9. Rikky dari Jakarta: Manekkin Series – drama
10. Richardo Francecoli dari Jakarta: The Underdog – drama

(Sah, Laporan: Ferra Ferdiana)

 

Beri Komentar