6 Pengalaman Traumatis Artis Korban Bullying, Ada yang Disekap Waktu Kelas 1 SD

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 30 Juni 2021 10:23
6 Pengalaman Traumatis Artis Korban Bullying, Ada yang Disekap Waktu Kelas 1 SD
Berikut deretan artis yang pernah menjadi korban bullying yang kini sudah meraih kesuksesannya.

Dream – Aksi perundungan atau bully masih banyak ditemukan di masyarakat karena kurangnya edukasi. Pelaku yang mengangga aksinya sebagai lelucon tak pernah menyadari jika dampak bully bisa menyebabkan trauma bagi korban. Perundung mereka akan membekas di ingatan para korban baik secara psikis maupun fisik .

Bullying bisa menimpa siapa saja, tak terkecuali para artis Tanah Air. Para pelaku bully sering beralasannya tindakan tak terpuji mereka sebagai hal wajar karena status korban sebagai figur publik.. Para pesohor ini kerap dirundung mulai penampilan fisik, cara bicara, hingga kehidupan personal mereka.

Pengalaman pahit sebagai korban bully membuat para artis ini mengalami trauma hingga bertahun-tahun. Mereka mengaku sedih dengan aksi perundungan yang ditimpakan kepadanya.

Berikut deretan artis yang pernah menjadi korban bullying yang kini sudah meraih kesuksesannya, dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

1. Cinta Laura

Artis cantik multitalenta Cinta Laura pernah mengalami kasus bullying di masa lalu, tepatnya saat berumur 12 dan 13 tahun. Ia dianggap tidak cinta Indonesia karena kebiasaannya berbahasa Inggris.

Dilansir dari kanal YouTube Puella ID, ia mengaku terganggu dengan bullying terhadap aksen bicaranya itu. Saat itu ia masih berumur 12-13 tahun, dan masih terlalu muda untuk menemukan identitas dirinya.

Ilustrasi© Instagram/@claurakiehl

Selebritis keturunan Indonesia-Jerman ini menyebut dampak bullying ia rasakan sampai 8 sampai 10 tahun lamanya. Bahkan ia takut setiap akan pulang ke Indonesia.

" Di saat itu aku baru berumur 12-13 tahun. Bayangin untuk anak kecil semuda itu, yang belum menemukan identitas dirinya, apa yang ada di dalam pikirannya. Percaya gak percaya dampaknya dari pembullyian tersebut berlangsung selama 8 sampai 10 tahun," kata Cinta, dikutip Dream dari YouTube Puella ID.

" Aku gak akan bohong, selama beberapa tahun aku pulang ke Indonesia, aku merasa anxiety attack," ungkap Cinta.

2 dari 6 halaman

2. Felicya Angelista

Ilustrasi© Instagram/@felicyangelista_

Artis yang pernah menjadi korban bully selanjutnya adalah Felicya Angelista. Ia menceritakan saat duduk di bangku SD pernah dikunci di sebuah ruangan bersama laki-laki yang menyukainya.

" Jadi waktu aku masih kelas 1 SD, pertama di kelas tiba-tiba aku dikunciin sama temen aku jadi aku dah nganggep dia sahabat aku, dia ngunciin sama cowok yang ceritanya suka sama aku, bayangin anak kelas 1 SD, aku dikejar-kejar buat dicium pipinya, dan cowok ini yang ngiler-ngiler gitu loh, bisa bayangin nggak sih," cerita Felicya Angelista kepada Natasha Wilona.

Akibat dari aksi teman-temannya itu, ia merasa trauma dan takut berteman. Akhirnya selama duduk di bangku SD, ia mengaku tak memiliki teman satu pun.

3 dari 6 halaman

3. Anya Geraldine

Selebgram sekaligus aktris Anya Geraldine belum lama ini mengaku pernah jadi korban bullying saat SMP dan SMA. Dikutip dari YouTube Puella ID, saat SMP ia sering diteriakin ketika lewat di depan teman-temannya. Sampai-sampai ia malas sekolah karena takut diteriakin teman-temannya.

" Kalau yang waktu SMP ini, jadi kalau aku lewat itu sering diteriakin, sampai aku malas sekolah, aduh aku salah apa sih," katanya.

Ilustrasi© Instagram/@anyageraldine

Kemudian saat SMA ia sudah menganggap teriakan teman-temannya itu hal biasa. Namun ia juga tahu bahwa pasti ada hal lain yang bisa membuatnya dibully. Masalahnya adalah hanya karena ia iseng mengecat rambutnya sendiri.

Penampilan Anya yang berbeda membuat seorang kakak kelasnya merasa iri. Bahkan kakak kelasnya itu langsung menjambak rambut Anya.

" Pas aku SMA, yaudahlah, aku udah nganggep 'Ah, ini pasti nanti gue juga dibully sama kakak kelas', aku mikirnya gitu. Dan bener aja, aku waktu itu ngecat rambut dari item terus agak-agak cokelat, iseng ngecat," terang Anya.

Saat ia lewat di depan kantin, tiba-tiba seseorang menjambak rambutnya dengan keras.

" Tau-tau aku lewat di kantin, pas aku lewat gitu tiba-tiba rambut aku dijambak pas aku lagi bawa makanan warteg sama es teh," lanjutnya.

4 dari 6 halaman

4. Prilly Latuconsina

Sukses menjadi artis muda berbakat, Prilly Latuconsina rupanya pernah menjadi korban bullying semasa duduk di bangku SMA.

Ia sempat merasakan pendidikan formal di SMAN 7 Tangerang. Meski hanya setahun sekolah formal SMA, Prilly memiliki banyak pengalaman kurang menyenangkan. Salah satunya ketika ia menjadi korban bullying dari kakak kelas. Pengalaman traumatis itu diungkap Prilly saat ia berbincang dengan YouTuber Arief Muhammad.

" Setiap aku mau ke kantin selalu dicegat-cegat, terus kayak, 'Halo Prilly, salim dulu dong. Salim," kenangnya.

Ilustrasi© Instagram/@prillylatuconsina96

Arif yang penasaran pun bertanya, " Ini digangguin lucu-lucuan atau di-bully yang beneran di-bully?"

" Kalau yang cowok mungkin lucu-lucuan, tapi kalau yang cewek jelas nge-bully," tegas Prilly.

" Terus yang kedua, aku kalau keluar dari kantin itu roknya basah, Jadi suka disemprot-semprotin pake air. Tapi aku gak tahu itu kelakuan siapa," sambungnya.

Rupanya Prilly kerap dibully oleh kakak kelasnya baik laki-laki maupun perempuan. Karena tidak berani melawan, Prilly hanya diam dan ingin menangis. Hingga akhirnya ia memilih untuk homeschooling saja.

5 dari 6 halaman

5. Devano Danendra

Ilustrasi© Instagram/@devdanendra

Putra pedangdut Iis Dahlia, Devano Danendra juga pernah menjadi korban bullying yang dilakukan oleh publik khususnya warganet yang merupakan haters ibunya. Hujatan dan cemohan tentang keluarganya, membuat Devano depresi hingga ogah tampil satu panggung dengan Iis Dahlia.

Selain itu, melalui channel YouTube Vidi Aldiano mengaku pernah mengalami pengalaman tak menyenangkan saat masih sekolah. Ia jadi korban bully saat masih duduk di bangku kelas 3 SD.

Masih lekat di ingatannya, ia dilempar ke tempat sampah oleh teman-temannya. Lebih pilu lagi ia hanya ditertawakan dan tak ada yang menolong.

" Waktu SD aku jadi objek bully gitu karena aku maruk main bola. Dibuang ke tempat sampah," kata Devano.

6 dari 6 halaman

6. Afgan

Penyanyi papan atas Afgansyah Reza, atau yang kerap disapa Afgan juga pernah menjadi korban bullying. Kala itu, dirinya masih duduk di bangku SMP.

" Bisa dibilang masa-masa SMP adalah masa yang cukup berat, karena pem-bully-an itu terjadi hampir selama tiga tahun. Verbal pasti, violence yang didorong pun aku pernah," kata Afgan dikutp dari Liputan6.com.

Ilustrasi© Instagram/@afgan__

Trauma akibat bully yang dia terima membuat Afgan jadi sosok remaja yang memilih menutup diri. Ia jadi orang yang mudah panik dan cenderung paranoid.

" Aku juga sempat nggak pede sama diri sendiri, yang membuatku jadi membatasi diri dengan orang lain. Aku enggak bisa connect dengan orang lain," kata Afgan.

Selain itu, saat ospek masuk ke perguruan tinggi, Afgan pernah diejek habis-habisan karena kedapatan membawa body lotion, parfum, dan lain-lain di dalam tasnya.

" Lu mau ngapain?! Mau Jadi artis?! Hah! Lu mau kuliah atau mau jadi artis?! Jadi artis saja sana!"

Namun rupanya ejekan kakak kelasnya itu justru malah menjadi kenyataan. Kini Afgan sudah sukses menjadi penyanyi Tanah Air papan atas.

Beri Komentar