Al Ghazali: Kalau Mau Minta Maaf ke Bunda, Datang ke Rumah!

Reporter : Kusmiyati
Kamis, 17 Desember 2015 19:42
Al Ghazali: Kalau Mau Minta Maaf ke Bunda, Datang ke Rumah!
Al Ghazali juga berpesan kepada ibu tirinya, Mulan Jameela untuk meminta maaf secara langsung kepada Maia Estianty.

Dream - Rekaman video Mulan Jameela yang 'blak-blakan' minta maaf kepada mantan rekan duetnya, Maia Estianty mencuri perhatian banyak pihak. Salah satunya putra sulung Maia Estianty, Al Ghazali.

Pria kelahiran Jakarta 1 September 1997 ini menyayangkan pernyataan Mulan yang menurutnya hal yang tidak penting.

" Buat apa minta maaf ke media cuma buat orang tahu bahwa udah minta maaf gitu. Itu cuma mau bikin orang lihat bunda belum maafin. Padahal bunda udah lama maafin," kata Al kepada wartawan, Kamis 17 Desember 2015.

Al juga berpesan kepada ibu tirinya itu untuk meminta maaf secara langsung kepada Maia.

" Ya kalau saya sebagai anak pertama, kalau minta maaf secara langsung samperin ke rumah. Nggak perlu lewat publik," ujar Al.

Kakak dari El Jalaluddin Rumi dan Ahmad Abdul Qadir Jaelani ini pun mengatakan, Mulan telah menyudutkan posisi Maia. " Kayak apa? Ya saya anggap menyudutkan bunda gitu," tuturnya.

Di akun instagram, Al juga pernah mengunggah foto yang seolah menyindir Maia. " Sebagai seorang ratu kami melakukan bisnis, bukan drama," tulis Al. (Ism) 

1 dari 5 halaman

Sindiran Pedas Al Ghazali

Dream - Tak hanya Maia Estianty, rupanya dua anaknya Al Ghazali dan El Rumi ikut 'menyindir' aksi blak-blakan Mulan Jameela soal kisruhnya dengan Maia.

Lewat postingan di Instagram alghazali7, Kakak Dul Jaelani itu mengunggah foto dengan gambar Maia yang disertai tulisan " Diva tidak melakukan drama, kami berbisnis" .

Postingan Al ini langsung ditanggapi sang adik, El dengan nada bercanda. " Kayak film aja, haha," tulisnya di kolom komentar.

Postingan ini membuat netizen riuh. Mereka ikut berkomentar yang kebanyakan memberikan dukungan untuk Maia, Al dan El. Dan berharap semua masalah cepat selasai.

Sebelumnya, ibunda Al, El dan Dul itu mengunggah foto bertuliskan sebuah pesan yang cukup ironi.

" Mengekspos sisi gelap Anda tidak membuat saya takut, terlebih soal persembunyian yang ditutupi itu," tulis Maia di akun instagram miliknya, Selasa 15 Desember 2015.

Dalam sebuah wawancara eksklusif bersama Deddy Corbuzier yang beredar di YouTube, Mulan mencurahkan perasaannya. Ia mengaku terus berusaha mendapatkan kata maaf dari Maia. Mulan juga pernah mencoba minta maaf secara langsung pada mantan rekannya di Ratu itu, namun tidak ada hasilnya.

" Awalnya saya mencoba menyelesaikan masalah pribadi dengan cara pribadi juga. Ternyata tidak berhasil. Maka dengan itu saya berupaya dengan cara ini. Siapa tau mungkin ternyata mbak Maia menginginkan saya meminta maaf di depan umum. Dan tidak masalah buat saya," kata Mulan.

Deddy kemudian bertanya mengapa Mulan begitu ingin mendapatkan maaf dari Maia? " Saya enggak terlalu peduli sebetulnya, saya salah atau enggak. Yang paling penting saya minta maaf," katanya. (Ism) 

 

2 dari 5 halaman

Maia Estianty: Jadi Teman Baik Mulan Lagi Itu Susah

Dream - Walaupun belum menonton video pengakuan Mulan Jameela yang beredar di media sosial, Maia Estianty mengaku sudah memaafkan mantan rekan duetnya itu di grup duo, Ratu.

Namun untuk kembali menjadi teman baik seperti dulu kala, Maia mengaku hal itu akan susah dan butuh proses.

" Saya sudah memaafkan, tapi untuk jadi teman yang baik seperti dulu itu susah. Itu proses," kata Mulan kepada wartawan, Kamis 17 Desember 2015.

Ibu tiga anak ini pun menambahkan dia masih belum mau bertemu dengan Mulan. Bahkan dirinya tak lagi menyimpan dendam terhadap mantan rekannya itu. " Buktinya tidak ganggu kebahagiaan mereka," katanya. 

Hingga saat ini Maian mengaku belum sekalipun menonton video Mulan. Namun dari cerita yang didengarnya, Mulan disebut melayangkan permohonan maaf kepadanya.

" Tapi enggak mau ngerasa salah. Buat apa dia minta maaf, dia menyudutkan saya bukan pemaaf. Seakan-akan saya berkali-kali nggak nerima maaf, padahal bukan itu konteksnya," ketusnya.

Maia berharap Mulan bisa lebih tulus untuk melontarkan permintaan maaf kepadanya. " Ancur banget dulu, Alhamdulillah saya dikasih radar sama Allah mana orang yang baik mana yang tidak. Ini kurang tulus ya, ini orang nggak mengaku salah tapi minta maaf ya sudah kita tunggu saja," tuturnya.

3 dari 5 halaman

Mulan Sebut Tahun Menikah, Maia Estianty: Bohong Lagi Kan?

Dream - Menanggapi video rekaman permintaan maaf dari Mulan Jameela, musisi Maia Estianty mengaku malas membahas masa lalu. Namun Maia sempat mengomentari pernyataan Mulan yang menyebutkan tahun pernikahannya dengan Ahmad Dhani. 

" Saya belum nonton, tapi cerita sahabat dan anak, ini minta maaf motivasinya apa. Ngomongnya tahun 2009 menikah dengan Dhani, padahal kejadiannya dia sama Dhani dari 2004, 2005 puncaknya 2006. Saya cerai 2007. Tahun saja dikorupsi. Bohong lagi ini kan? tolong jangan memanipulasi tahunlah," kata Maia kepada wartawan, Kamis 17 Desember 2015.

Walaupun begitu ibu dari Al-Ghazali, El Jalaluddin Rumi dan Ahmad Abdul Qadir Jilani ini sudah memaafkan kesalahan yang pernah dibuat Mulan. " Saya sudah memaafkan. Saya tidak mengusik kebahagiaan mereka berdua dan anak-anaknya," kata Maia.

Diakui Maia, sebelum video yang dibuat Deddy Corbuzier beredar di media sosial, Mulan memang sempat meminta maaf tidak secara langsung kepadanya.

" Pernah dia minta maaf lewat hairstylist, saya maafkan tapi itu buat Allah saja, buktikan dengan sikap. Kalau di mulut saja saya maafin enggak masalah, tapi saya enggak ketemu dulu," kata Maia.

4 dari 5 halaman

Maia Estianty: Ini Luka Lama, Saya Maafkan Untuk Allah

Dream - Musisi Maia Estianty akhirnya ikut memberikan tanggapan secara langsung terkait video permintaan maaf rekan duetnya, Mulan jameela. Maia mengaku malas untuk membahas terlalu dalam masa lalu yang menjadi luka lamanya tersebut.

" Tanggapan saya ya malas menganggapinya, ini luka lama. Saya lagi senang-senang enggak ada masalah. Tahu-tahu ada yang mencolek lagi. Ini minta maaf, fine karena saya orang pemaaf," ujar Maia kepada wartawan, Kamis 17 Desember 2015.

Maia juga memberikan pesan untuk istri dari mantan suaminya itu, " Semua pasti akan kembali ke kita, pesan saya jangan jual iba pada kamera," tuturnya.

Diakui Maian, sebelum video yang dibuat Deddy Corbuzier beredar di media sosial, Mulan memang sempat meminta maaf tidak secara langsung kepadanya.

" Pernah dia minta maaf lewat hairstylist, saya maafkan tapi itu buat Allah saja, buktikan dengan sikap. Kalau di mulut saja saya maafin enggak masalah, tapi saya enggak ketemu dulu," kata Maia.

Hingga kini Maia mengaku belum sedikitpun melihat video Mulan tentang permintaan maaf tersebut.

" Saya belum nonton, tapi cerita sahabat dan anak, ini minta maaf motivasinya apa. Saya diceritain ini orang minta maaf tapi nggak mau ngerasa salah. Buat apa dia minta maaf, dia menyudutkan saya bukan pemaaf. Seakan-akan saya berkali-kali nggak nerima maaf, padahal bukan itu konteksnya," ujar ibu tiga anak ini.

5 dari 5 halaman

Ahmad Dhani Nikahi Maia Lagi? Ini Penjelasan Islam

 

Dream - Artis Mulan Jameela telah membuat pengakuan terkait kondisi pernikahannya dengan musisi Ahmad Dhani. Dia merasa risih lantaran kerap mendapat hujatan dari para netizen yang menuding dia merebut Dhani dari istri pertamanya, Maia Estianty.

Pengakuan dikatakan di depan presenter Deddy Corbuzer yang sempat direkam dan diunggah di laman Youtube. Di dalam video itu, Mulan mengaku sempat meminta Dhani menikah lagi dengan Maia.

Lantas, bagaimana ketentuan dalam Islam jika Dhani benar-benar kembali menikah dengan Maia? Apakah pernikahan tersebut dibolehkan?

Terkait hal ini, Ustaz Ammi Nur Baits dalam Konsultasi Syariah mengatakan, terdapat aturan yang jelas termaktub dalam Alquran.

Tepatnya pada Surat Al Baqarah ayat 230. Ayat itu mengatur ketentuan pernikahan kembali setelah terjadi cerai talak tiga.

" Fain tholaqoha falaa takhillu lahu min ba'di khattaa tankikha zaujan ghoirohu,"

Artinya:

" Jika dia mentalak istrinya (talak tiga) maka tidak halal baginya setelah itu, sampai dia menikah dengan lelaki yang lain," (QS Al Baqarah 230).

Rasulullah Muhammad SAW menguatkan ketentuan itu. Pernah suatu ketika Rasulullah didatangi seorang wanita yang mengadukan keinginan menikah lagi dengan suaminya. Wanita itu sudah menikah dengan pria lain, tetapi belum pernah berhubungan badan.

" Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 'Kamu tidak boleh kembali kepada suamimu yang pertama hingga suamimu yang kedua merasakan 'madu'-mu dan engkau merasakan 'madu'-nya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam riwayat lain dari An Nasai, Rasulullah pernah ditanya oleh seorang pria terkait keinginan menikahi lagi istrinya yang sudah menikah dengan pria lain. Istrinya sudah diceraikan oleh pria lain itu tetapi belum pernah berhubungan badan.

" (Sang wanita) Tidak halal bagi suami yang pertama hingga suami yang kedua mencampurinya."

Ketentuan ini dibenarkan oleh seluruh ulama. Sehingga, jika terdapat keinginan seorang pria menikah lagi dengan istrinya yang sudah ditalak tiga, maka pernikahan itu tidak bisa dijalankan sebelum si wanita menikah lagi dan berhubungan badan dengan suami keduanya kemudian dicerai. (Ism) 

Beri Komentar