Alhamdulillah, Suami Tasya Kamila Bebas dari Kanker

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 25 Juli 2021 12:50
Alhamdulillah, Suami Tasya Kamila Bebas dari Kanker
Randi menjalani 4 kali kemoterapi dan 25 kali radiasi.

Dream - Kabar gembira datang dari keluarga mantan penyanyi cilik, Tasya Kamila dan suaminya, Randi Bachtiar. Beberapa waktu lalu Randi didiagnosis oleh dokter terkena penyakit kanker getah bening.

Kanker tersebut oleh dokter terdeteksi di stadium dua. Sederet pengobatan dan perawatan pun dilakukan. Randi sudah menjalani empat kali kemoterapi dan 25 kali radiasi setelah dioperasi. Setelah melewati proses tersebut, dokter memastikan bahwa tubuh Randi sudah bersih dari sel kanker aktif.

" Alhamdulillah Randi sudah bebas dari kanker tentunya ini sesuatu yang sangat kita syukuri dari kegalauan dan kesedihan kita selama ini, perjuangannya alhamdulilah udah selesai," kata Tasya dalam jumpa pers virtual, Sabtu 24 Juli 2021 dikutip dari Kapanlagi.com.

 

1 dari 7 halaman

Tasya dan Randi mengucap syukur karena ikhtiar yang mereka lakukan berbuah manis. Dikabarkan, Randi bakal melaksanakan nazar setelah dinyatakan sembuh dari penyakitnya tersebut namun, Tasya tidak memberitahu nazar apa yang akan dilakukan oleh suami tercinta.

Potret Perjuangan Randi Bachtiar Suami Tasya Kamila Lawan Penyakit Kanker by deki prayoga© © 2021 https://www.dream.co.id

" Jadi kalau nazar pastinya ada tapi kan ngapain juga aku omongin nggak usah diumbar lah. Dia dan usaha udah kita maksimalkan semampu kita setelah ada hasil sesuai ekspektasi sangat bersyukur. Randi pun udah lega banget dokternya juga memberikan kesan dan harapan juga 'kamu ketahuan cukup dini dan tipenya bisa disembuhkan walaupun cukup langka tapi alhamdulillah 85 persen banyak yang sembuh'," kata Tasya.

 

2 dari 7 halaman

Lebih Disiplin Jaga Makanan

Saat menjalani perawatan dan pengobatan kanker, imunitas Randi sempat menurun. Kondisi itu membuatnya rentan terinfeksi jenis virus apapun, termasuk Covid-19. Demi meningkatkan imunitas sang suami, Tasya kini fokus memperhatikan kesehatan Randi melalui asupan makanan.

" Imun Randi turun banget limfositnya, leukositnya rendah banget di ambang batas bawah, itu yang bikin Randi rentan terinfeksi virus, nggak cuma covid aja. Limfosit dan leukositnya kan rendah harus di push sama imodulator alami, kayak jamur-jamuran dan protein hewani. Ikan boleh, putih telur dianjurkan," kata Tasya.

 

3 dari 7 halaman

Berat Badan

" Katanya cancer kan nggak boleh daging, tapi karena goalnya meningkatkan imunitas limfosit dan leukosit dokter membolehkan dia untuk harus konsumsi protein hewani, daging itu satu kilo per Minggu. Kayak sesuai dokter aja, vitamin C, D, dan Zinc, olahraga, berjemur, dan juga jangan stress, jangan tetlalu stress itu berpengaruh sama imun dan tubuh kita," ungkapnyag Tasya.

Gejala Awal Andi Bachtiar Suami tasya Kamila Divonis Kanker© MEN

Selain itu, Tasya mengatakan bahwa dirinya harus memperhatikan berat badan sang suami. Pasalnya, kelebihan lemak dalam tubuh bisa jadi penyebab sel kanker kembali aktif.

" Pemicu kanker balik itu kalau ada pelemakan di hati itu kalau overweight bisa balik lagi kankernya sama kurangin makanan fast food dan mengandung kimia, penguat rasa, itu harus dikurangin," ujarnya.

4 dari 7 halaman

Awal Mula Andi Bachtiar Suami Tasya Kamila Idap Kanker

Dream - Randi Bachtiar, suami Tasya Kamila menceritakan awal mula tubuhnya terpapar kanker getah bening. Randi mengatakan gejala awal dari penyakitnya tersebut pertama kali dirasakan pada tahun 2019 lalu.

Ayah satu anak ini mengaku sering merasakan sesak napas pada malam hari sejak dua tahun yang lalu itu. Kondisi ini sering dirasakan Randi saat sedang mempersiapkan latihan lari marathon.

" Sebenarnya tidak ada gejala yang terlalu berat sih. Cuma pas 2019 pas gue lagi latihan buat marathon pas 2019 itu gue setiap malam sesak pas setiap jam satu malam," tutur Randi Bachtiar dikutip Dream dari YouTube Tasya Kamila, Senin 10 Mei 2021.

Tasya Kamila dan Randi Bachtiar© Tasya Kamila dan Randi Bachtiar

Randi bahkan butuh waktu 20 menit untuk menormalkan sesak yang dirasakan baru akhirnya sesak benar-benar menghilang.

 

5 dari 7 halaman

Gejala Berat Mulai Terasa di Tahun 2020

" Gue terus duduk dulu buat ambil napas ke dalam tapi itu susah banget. Terus harus nunggu dulu sampai 20 menit (baru normal). Sama pegal," kata Randi.

Tak hanya itu, kecurigaan Randi dan istrinya memuncak saat Randi kerap batuk-batuk yang tak kunjung sembuh pada Oktober 2020. Randi juga sempat batuk yang mengeluarkan darah.

" Bulan Oktober 2020 gue batuk yang lama banget. Kan masa pandemi kirain covid jadi sering swab. Batuk yang keras banget, sesak. Dalam satu menit ada dua kali batuk. Kalau batuknya keras banget itu baru enak," kata Randy.

" Suatu hari Randi batuk terus batuknya itu ngeluarin darah. Tapi ga banyak juga sih tapi kaya dahak tapi darah," imbuh Tasya.

6 dari 7 halaman

Pernah Lakukan Operasi Tumor

Kejadian tersebut membuat Tasya membawa suaminya untuk melakukan pemeriksaan ke dokter paru. Setelah pemeriksaan, Randi disarankan untuk melakukan CT Scan.

Hasil CT scan menunjukan kondisi paru-paru Randi bersih. Kemudian dokter menyarankan Randi untuk melakukan biopsi untuk diambil sampel dan diteliti. Dan hasil pemeriksaan biopsi itu thymoma yakni tumor di kelenjar timus.

Randi akhirnya memutuskan menjalani operasi pengangkatan tumor. " Jadi dibuka rongga dadanya Randi, thorax dibedah, direnggangin dan diambil tuh tumornya," tuturnya.

" Jadi bulan Januari Randi dioperasi di Jakarta. Akhirnya setelah nunggu delapan jam kita dipanggil," kata Tasya.

7 dari 7 halaman

Didiagnosa Kanker Kelenjar Getah Bening

Tapi dari penjelasan dokter, fakta lain ditemukan pasca melakukan operasi Thymoma yakni kanker gelenjar getah bening yang ada pada tubuh Randi Bachtiar setelah dua mingga pasca operasi.

Randi dan Tasya Kamila© Randi dan Tasya Kamila

" Kita baru diinformasikan ternyata Randi mengidap limfoma hodgkin (kanker getah bening limfoma hodgkin)," tuturnya.

Sumber : youtube.com

Beri Komentar