Sunan Kalijaga Ungkap Penyebab Penyakit yang Diderita Salmafina

Reporter : Reni Novita Sari
Senin, 29 Juni 2020 11:22
Sunan Kalijaga Ungkap Penyebab Penyakit yang Diderita Salmafina
"Di hari Salma mau pulang ke rumah, tiba-tiba malamnya Salma bilang badannya panas tinggi sampai 41 derajat".

Dream- Salmafina Sunan diketahui tengah dirawat di rumah sakit akibat kondisi kesehatannya menurun usai menjalani karantina mandiri sepulangnya dari Bali. Sebelumnya, ia tinggal di Bali dan terpisah dari keluarga karena adanya PSBB selama empat bulan.

Sekitar tiga pekan lalu, ia kembali ke Jakarta. Namun, putri Sunan Kalijaga itu malah mengalami demam tinggi dan lemas hingga harus dilarikan ke rumah sakit

“ Di hari Salma mau pulang ke rumah, tiba-tiba malamnya Salma bilang badannya panas tinggi sampai 41 derajat,” ucap Sunan Kalijaga.

Alhasil, Salma harus mengikuti serangkaian tes untuk mengungkap penyakitnya. Ternyata hasil tes pun cukup mengejutkannya. Dalam tubuh putri Sunan Kalijaga itu ditemukan 2 infeksi yang lumayan berbahaya.

Akhirnya, kabar mengenai kondisi Salmafina ini menjadi perbincangan hangat publik. Mereka menduga Salmafina jatuh sakit karena kebiasaannya minum minuman beralkohol. Tak terima dengan tuduhan tersebut, Sunan Kalijaga dan sang ibunda Heidy Sunan, membantah dan membeberkan penyebab sebenarnya putrinya jatuh sakit.

1 dari 3 halaman

Diet Ketat

Disinggung soal apakah gaya hidup Salmafina di Bali yang kerap minum-minuman beralkohol menjadi salah satu penyebab penyakit itu kambuh, Sunan Kalijaga dan Heidy dengan cepat membantah. Dugaan itu muncul mengingat perempuan yang akrab disapa Alma itu pernah viral karena disebut-sebut sedang mabuk di sebuah kelab malam.

 Salmafina Sunan© Photo: Instagram/Sunankalijaga_sh

Menurutnya, diet dan kegiatan Salma yang padat lah yang membuat kondisi putrinya memburuk.

" Dia itu dietnya kacau, suka enggak makan. Kalau dibilang minum Alma sendiri dia bukan peminum, sehingga bukan alkohol maagnya itu terjadi," terangnya.

2 dari 3 halaman

Masalah Lambung

Menurut Sunan Kalijaga dan istrinya, Heidy, Salmafina memang kerap mengalami masalah di lambung. Alhasil, perempuan berusia 19 tahun tersebut kemudian ditangani oleh spesialis gastroenterologi.

Heidy juga mengungkapkan soal riwayat penyakit Salmafina sebelum jatuh sakit hingga harus melakukan perawatan. Diakui istri dari pengacara Sunan Kalijaga ini, putrinya memang kerap masuk UGD karena penyakit maag yang dialaminya.

" Jadi Salma itu memang sejarahnya punya penyakit maag akut, sudah beberapa kali juga masuk UGD karena maag," saut Heidy.

 Salmafina Sunan© Photo: Instagram/Sunankalijaga_sh

Menurut Heidy, Salmafina memang sejak lama mengidap maag karena kerap diet maupun telat makan.

" Saya tahu anak saya. Dia itu memang sejarahnya ada penyakit maag. Mungkin semakin ke sini semakin suka kambuh karena dia dietnya memang kacau, sering enggak makan. Sudah gitu, aktivitasnya ini itu. Bukan alkohol yang menyebabkan maagnya itu terjadi," ujar Heidy.

3 dari 3 halaman

Ada yang Menjaga Sewaktu di Bali

Menurut Sunan Kalijaga, putrinya hidup baik-baik selama berada di Bali karena di bawah pengawasan Sunan. Salmafina diketahui dititipkan kepada orang kepercayaan Sunan, sehingga tak mungkin jika putrinya melakukan hal-hal yang buruk.

“ Di sana dia juga tidak lepas daripada orang-orang yang menjaga dia, baik itu yang dia ketahui maupun yang tidak diketahui. Jadi, memang saya titipkan sama orang-orang di sana untuk selalu menjaga Salma, ke mana, sama siapa,” pungkas ayah Salmafina Sunan.

 Salmafina Sunan© Photo: Instagram/Salmafinasunan

Melihat putri semata wayangnya terbaring lemas di rumah sakit, Heidy maupun Sunan mengaku sangat sedih. Mereka bahkan menitikkan air mata saat mengantar Salma ke RS setelah lama tak bertemu.

Beri Komentar