Chef Arnold Buat Kue Ultah Oreo Supreme Belasan Juta untuk Jokowi

Reporter : Amrikh Palupi
Selasa, 23 Juni 2020 10:23
Chef Arnold Buat Kue Ultah Oreo Supreme Belasan Juta untuk Jokowi
Ini buktinya.

Dream - Chef Arnold membuat kue ulang tahun mewah untuk Presiden Joko Widodo. Dia menambahkan biskuit Oreo Supreme yang sempat viral karena harganya yang fantastis kke kue ulang tahun tersebut.

Sebelum menunjukan kue ulang tahun yang dibuat, ayah satu anak itu mengucapkan selamat ulang tahun dan mendoakan Jokowi.

''Selamat ulang tahun Bapak @jokowi semoga sehat selalu dan juga di beri berkat yang berlimpah,'' kata Chef Arnold di akun twitternya, dikutip Dream, Senin 22 Juni 2020.

Barulah Chef Arnold menunjukan kue tart dengan cream putih yang terlihat begitu lezat. Di atasnya ada topping buah buah strawberry dan taburan oreo supreme yang sangat mahal.

 Kue Ultah Jokowi© Kue Ultah Jokowi

" Sebenernya saya ini saya bikin untuk Bapak tapi ga bisa kirim Relieved face nanti saya bikinin lagi ya Pak," tulis Chef Arnold.

1 dari 5 halaman

Ini Harganya

Unggahan Chef Arnold tersebut langsung banjir komentar dari netizen. Bahkan ada salah satu dari mereka yang mencoba menghitung harga kue tersebut.

Chef berusia 31 tahun asal Surabaya ini lantas menunjukan harga kue itu kepada warganet yang salah menghitung semua biayanya.

 harga kue ultah Jokowi© harga kue ultah Jokowi

" Harga bahan baku 2.5jt Supreme Oreo 350rb bahan sisanya Totoal 2.85jt, 2.85jt x4 (untuk skill dan waktu)= 11.4jt Harganya...tapi untuk pamer dan sombong = PRICELESS," tulisnya.

2 dari 5 halaman

Tutup Sebagian Restoran, Chef Arnold Jual Produk Setengah Jadi Selama Corona

Dream - Chef Arnold Poernomo mengaku mengalami kerugian akibat pendemi corona yang masih berlangsung di Indonesia. Arnold harus menutup sebagian usaha kulinernya termasuk restoran yang beroperasi di Bali.

" Untuk Laci di Bali, it's only make sense adalah menutupnya, supaya operation cost tidak bleeding," kata dia dalam wawancara virtual Tantangan Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19 dan Dukungan Instagram Bagi Para UMKM di Jakarta, Selasa sore, 12 Mei 2020.

Namun, tak demikian halnya dengan restoran Mangkok Ku yang dimilikinya bersama dua anak Presiden Jokowi. Chef Arnold masih tetap mempertahankannya beroperasi lantaran karyawan yang direkrut sudah cukup banyak.

  Chef Arnold Poernomo© Chef Arnold Poernomo

" Banyak staf kita rekrut dan pekerjakan. Enggak bisa langsung PHK atau unpaid leave. Kasihan mereka," sambung dia.

3 dari 5 halaman

Putar Otak

Chef berusia 31 tahun ini harus putar akal agar usaha restorannya bisa tetap dapat pemasukan. Berjualan online menjadi andalan meski diakuinya hal itu bukan untuk mencari keuntungan, tetapi demi mempertahankan usaha dan karyawan.

Bagaimana pun, pendapatan dari restoran berkali lipat lebih besar dibandingkan menjual produk secara online. Di samping itu, konsumen kini juga lebih menghemat dan leluasa masak sendiri di rumah daripada terus menerus jajan.

" Kita nggak bisa jual seperti kita operate restoran. Terlalu mahal, value-nya sangat kecil untuk konsumen," kata dia.

4 dari 5 halaman

Jual Produk Setengah Jadi

Strategi lainnya adalah menjual produk porsi besar setengah jadi alias setengah matang. Konsumen, kata dia, bisa mendapat pengalaman meracik makanan sesuai yang diinginkan. Harga pun masih terjangkau bagi kantong.

" Kita jual dari setengah matang, dari bahan, bumbu, sambal. Bumbu seperti apa, daging seperti apa, konsumen bisa kreasi," jelas Arnold.

Meski pendapatan dari berjualan online belum bisa menghasilkan keuntungan signifikan, bukan berarti ia meremehkan jalur online.

" Menurut saya, online F&B sekarang on the right track. Dengan pandemi, justru makin mempercepat bisnis beradaptasi dengan online. Dengan adanya PSBB, work from home, kita benar-benar membutuhkan dan meng-utilize, pakai setiap tools untuk promosikan restoran-restoran kita," tutur Arnold.

Instagram menjadi salah satu media promosi pilihannya. Selain populasi penggunanya besar, ia juga bisa mendapatkan banyak insight dari konsumen.

" Nggak hanya dapat back report, likes report, kita bisa lihat comment, mana yang lebih disuka," kata dia.

Tak kalah penting adalah masa pandemi menjadi momen untuk membentuk basis komunitas. Menurut dia, bukan saatnya jadikan follower diperas untuk keuntungan pebisnis, tetapi adalah modal komunitas yang penting untuk mendukung bisnis restoran miliknya ke depannya.

" Kita harus back to basic, apa itu? Kita harus lebih responsif dan bertanya kepada konsumennya. The goal adalah buat komunitas dari follower yang ikuti bisnis kita," jelasnya.

Ia juga mengatakan bisnis saat ini tak bisa lagi mengabaikan nilai kemanusiaan. Cara promosi hard selling tidak lagi efektif. Maka, ia mengedepankan promosi yang lebih simpatik.

" Enggak bisa dengan hard selling, enggak ada simpati. Bagaimana bisnis kita disimpatiin, misalnya, kalau sampai harus PHK? Bagaimana support ke depannya?" ucap Arnold.

(Sah, Sumber : Liputan6.com)

5 dari 5 halaman

Chef Arnold Jadi Makeup Artist Dadakan, Kaesang Beri Komentar Menohok

Dream - Aksi Chef Arnold Poernomo di sosial media kembali membuat heboh netizen. Bukan soal keahlian masaknya, namun kali ini Chef Arnold menjajal dunia yang berbeda, yaitu menjadi seorang make up artist.

Dalam cuitamnya di Twitter, Arnlod memperlihatkan keahliannya memegang kuas wajah.

" Pengumuman hari ini adalah musti kerja jadi make up artist sendiri," kata Arnold Poernomo.

   Ar© Twitter


Tentu saja apa yang dilakukan chef berusia 31 tahun ini hanya candaan untuk meramaikan jagat Twitter. Dan benar saja, salah satu yang merespon cuitan Arnold adalah putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

" Emang kamu artis?," ujar Kaesang.

   Kaes© Twitter


Ternyata cuitan Arnold juga memancing komentar netizen yang lain.

"  Itu resep eggroll make up nya pakai apa?," kata akun nugrahastan.

"  Lagi ngolesin mentega diatas bakpao," kata pismeowww.

"  Lebih lentik lagi dong tangannya. Itu mah kek ngeratain selai diroti kaku banget," kata uyiihere.

Beri Komentar