11 Fakta Perceraian Zumi Zola dan Sherrin

Reporter : Reni Novita Sari
Kamis, 25 Juni 2020 16:40
11 Fakta Perceraian Zumi Zola dan Sherrin
Mantan Gubernur Jambi itu harus menghadapi gugatan perceraian oleh istrinya, Sherrin Taria

Dream- Nasib artis yang juga mantan Gubernur Jambi Zumi Zola saat ini seperti habis jatuh tertimpa tangga. Di tengah menjalani hukuman penjara atas dugaan kasus korupsi, mantan bintang sinetron ini menghadapi gugatan perceraian oleh istrinya, Sherrin Taria.

Gugatan cerai Sherrin masuk ke pengadilan pada 26 Maret 2020. Sedangkan, sidang pertama digelar pada 17 Juni 2020.

Dalam materi gugatannya, Sherrin Tharia mengaku ingin berpisah dengan Zumi Zola karena rumah tangganya kini sudah tak harmonis.

Kabar gugatan perceraian itu dibenarkan Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Cece Rukmana Ibrahim.

" Alasan gugatan, terjadinya perselisihan dan pertengkaran antara tergugat dan penggugat. Penggugat itu adalah Sherrin, tergugat adalah Zumi Zola," kata Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, H. Cece Rumana.

Zumi sendiri kini masih menjalani hukuman enam tahun penjara atas kasus penerimaan gratifikasi oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada 6 Desember 2018. Ia menjalani hukuman di LP Sukamiskin, Bandung. 

Zumi Zola dan Sherrin Tharia menikah pada 16 Maret 2012. Delapan tahun menikah, pasangan ini telah dikaruniai dua anak, Zameer Zahid Abyadh dan Zhafran Ziyadh At-Thahirah. Sebelum menikah dengan Sherrin, Zumi sempat bertunangan dengan aktris Ayu Dewi.

Untuk mengetahui lebih lanjut berikut fakta perceraian Zumi Zola dengan Sherrin Tharia:

1 dari 11 halaman

Digugat Sejak Bulan Maret

Menurut Kabag Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Cece Rukmana Ibrahim, gugatan tersebut telah dilayangkan oleh Sherrin sejak 26 Maret 2020.

Lebih lanjut, gugatan Sherrin terhadap suaminya juga telah terdaftar di Pengadilan Agama Jakarta Selatan dengan nomor perkara 1244/perdata.G/2020/PAJS.

Sidang perdana perceraian dijadwalkan pada Maret lalu. Tapi sidang itu ditunda karena pandemi COVID-19 dan baru digelar pada 17 Juni 2020.

" Penetapan majelis hakim langsung pada hari itu juga, tanggal 26 Maret 2020. Oleh majelis hakim mulai disidangkan pada tanggal 17 Juni 2020. Kenapa? karena hari itu, terpotong adanya COVID-19 sehingga persidangan di waktu itu ditunda dan baru dilanjutkan kembali pada 17 Juni," ungkap Cece.

Sherrin Taria© Photo: Instagram/Sherrintaria

2 dari 11 halaman

Masih Dipenjara

Saat ini, Zumi Zola juga masih menjalani masa tahanan di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Seperti diketahui, pada 6 Desember 2018 lalu, lawan main Agnesi Moinca dalam sinetron Ku T'lah Jatuh Cinta itu ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penerimaan gratifikasi.

Dari kasus tersebut, ia kemudian divonis enam tahun penjara oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat.

3 dari 11 halaman

Sering Berselisih

Masih menurut Kabag Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Cece Rukmana Ibrahim, alasan di balik perceraian tersebut ialah kurangnya perhatian dari Zumi Zola terhadap istrinya.

Dalam materi gugatannya, Sherrin Tharia mengaku ingin berpisah dengan Zumi Zola karena rumah tangganya kini  sudah tak harmonis. Lebih lanjut, perselisihan dan cekcok yang kerap terjadi juga menjadi alasan perceraian keduanya.

" Yang kedua alasan dari istrinya adalah terjadinya perselisihan dan pertengkaran antara penggugat dan tergugat. Cek-coknya enggak dijelaskan kapan, cuma itu saja," kata Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, H. Cece Rumana.

4 dari 11 halaman

Kurang Perhatian

Alasan lain yang cukup mengejutkan, Sherrin Tharia mengaku kurang kasih sayang dari Zumi Zola. Apalagi kini Zumi Zola tengah mendekam di penjara karena kasus korupsi.

" Yang kedua kurang perhatian dari pihak tergugat kepada yang penggugat," ujar Cece Rumana.

Sherrin Taria© Photo: Instagram/Sherrintaria

5 dari 11 halaman

Bukan Faktor Ekonomi

Saat ditanya apakah permasalahan ekonomi juga jadi penyebabnya perceraian, Cece Rumana memastikan hal itu bukanlah alasan Sherrin Tharia mengugatan cerai Zumi Zola.

" Faktor ekonomi enggak ada cuma kurang perhatian sama sering cek-cok," kata Cece Rumana.

6 dari 11 halaman

Terima Lapang Dada

Saat ini, Zumi Zola telah menyerahkan permasalahan tersebut kepada kuasa hukumnya. Lebih lanjut, menurut Kabag Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Cece Rukmana Ibrahim, Zumi Zola juga tampak menerima dengan lapang dada atas gugatan istrinya tersebut.

" Tampaknya tidak masalah. Karena memang dia sudah menyerahkan semuanya kepada kuasa hukumnya, dari gugatan itu sendiri berkisar alasannya hanya sekedar perselisihan dan pertengkaran," jelas Kabag Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Cece Rukmana Ibrahim.

7 dari 11 halaman

Masih Sering Jenguk Zumi Zola

Publik mungkin bertanya-tanya apa penyebab Sherrin ingin bercerai dari Zumi Zola Mantan pengacara Zumi mengatakan, sebenarnya hubungan keduanya tampak baik-baik saja.

Sherrin Taria© Photo: Instagram/Sherrintaria

Sebelum gugatan perceraian tersebut diajukan, Sherrin diketahui masih kerap menjenguk suaminya di Lapas Sukamiskin.

Lebih lanjut, ibu dua anak tersebut juga setia menemani Zumi Zola selama menjalani proses hukum di pengadilan. Mantan pengacara Zumi Zola pun tak menyangka bila rumah tangga mereka akan berujung pada perceraian.

" Ibu Sherrin selalu istri rajin untuk menjenguk Mas Zumi di Sukamiskin setiap minggu. Iya sebelum ada pembatasan PSBB itu rajin jenguk," kata mantan pengacara Zumi Zola, Handika.

8 dari 11 halaman

Masih Menunjukkan Perhatian

Sherrin Taria juga selalu memberi perhatian secara setiap kali datang menjenguk. Tak terbaca bahwa bila keduanya sedang terlibat konflik.

" Bawa makanan, kebutuhan-kebutuhan selama di Sukamiskin itu selalu disediakan, setahu kami bu Sherrin itu istri yang sangat setia," papar sang mantan pengacara.

" Istri yang selalu memberikan perhatian dan support ketika Mas Zumi dalam keadaan terpuruk ya. Selalu ada, memberi support dan perhatian secara penuh," sambungnya.

9 dari 11 halaman

Ungkapkan Rasa Sayang Ayah Pada Anak

Zumi Zola dan Sherrin Tharia sudah menjalani bahtera rumah tangga selama 8 tahun. Mereka menikah pada 16 Maret 2012 dan dikaruniai dua anak, Zameer Zahid Abyadh dan Zhafran Ziyadh At-Thahirah. Zameer saat ini berusia 6 tahun dan Zhafran berusia 4 tahun.

Sherrin Taria© Photo: Instagram/Sherrintaria

Pada 23 Juni 2020, putra bungsu Zumi Zola dan Sherrin berulang tahun yang ke-4. Meski sudah menjalani sidang pertama perceraian, Sherrin tetap menuliskan bahwa Zumi Zola sangat menyayangi anaknya itu.

" Zhafran, selamat ulang tahun yang ke 4 ya sayang.. Papa dan mami sayaaaang banget sama afran, we will do anything for you to make you happy," tulisnya di Instagram pada Selasa, 23 Juni 2020.

10 dari 11 halaman

Tidak Ada Perkara Hak Asuh Anak

Dalam gugatan itu, Sherrin Tharia tidak mencantumkan gugatan perihal harta gono-gini mau pun hak asuh anak untuk dua buah hati dari pernikahan mereka.

Sejauh ini, Sherrin hanya meminta cerai. Gugatan harta gono-gini ataupun hak asuh anak bisa diajukan dalam gugatan dan persidangan yang lain.

11 dari 11 halaman

Sidang Mediasi Bakal Digelar Virtual

Sherrin Taria© Photo: Instagram/Sherrintaria

Majelis hakim pun akan mengarahkan ke sidang mediasi antara Zumi Zola dan Sherrin Tharia.

Namun mediasi ini tampaknya akan dilangsungkan lewat teleconference lantaran Zumi yang kini mendekam di LP Sukamiskin, Bandung. Tapi H. Cece belum bisa memastikan jadwal sidang mediasi karena menunggu mediator.

Beri Komentar