Dorce Gamalama Ingin Dimakamkan Secara Perempuan, Gus Miftah: Tidak Bisa

Reporter : Nur Ulfa
Sabtu, 29 Januari 2022 11:28
Dorce Gamalama Ingin Dimakamkan Secara Perempuan, Gus Miftah: Tidak Bisa
Menurut Gus Miftah saat Dorce meninggal harus kembali ke kodratnya semula

Dream - Gus Miftah menanggapi wasiat Dorce Gamalama yang ingin dimakamkan sebagai perempuan jika kelak meninggal dunia.

" Saya dengar ada beberapa wasiat, ya kayaknya ya dari beliau, itu salah satu yang saya dengar itu enggak usah ada upacara doa tahlil 40 hari. Terus kemudian, yang kedua soal dia minta untuk dimakamkan secara perempuan," ujar Gus Miftah di kanal YouTube Nit Not.

Gus Miftah mengatakan, keinginan Dorce secara syariat tidak bisa dilakukan. Sebab Dorce terlahir sebagai pria, sehingga saat meninggal dunia harus dimakamkan sesuai kodratnya meski sudah 'berganti' kelamin menjadi perempuan.

" Siapa pun yang lahir (laki-laki atau perempuan), sesuai dengan jenis kelaminnya ya itulah cara dia dimakamkan," ungkap dia.

1 dari 4 halaman

Menurut Gus Miftah, pendapatnya itu didasarkan pada Alquran, bukan berdasarkan pendapat pribadinya. Semua sudah tertulis di Alquran.

" Pengebumiannya sepanjang yang saya tahu, yaitu kembali ke kodrat asal dulu dia dilahirkan. Artinya kalau dulu dia dilahirkan dalam keadaan laki-laki ya sebaiknya, seyogyanya juga dimakamkan dalam keadaan laki-laki," ungkap dia.

 

2 dari 4 halaman

Karena yang tertulis di surat Hujurat ayat 13, Allah hanya menciptakan dua kelamin yaitu perempuan dan laki-laki. Karena Dorce transgender maka saat meninggal dunia kembali ke asalnya yang dahulu.

" Jadi yang pertama, dalam Surat Al Hujurat itu, Allah menciptakan kelamin itu cuma ada dua, jadi jenis laki-laki dan perempuan. Kemudian dalam fiqh itu ada jenis kelamin yang ke tiga namanya, Khunsa," kata dia.

Khunsa yang dimaksudkan Gus Miftah adalah orang yang dalam tanda kutip berjenis kelamin dua, cewek atau cowok.

3 dari 4 halaman

Sudah Siapkan Kuburan dan Kafan, Dorce Ingin Dimakamkan Sebagai Perempuan

Dream - Dorce Gamalama blak-blakan membicarakan soal kematian. Artis senior multitalenta ini mengaku sudah mempersiapkan tanah sebagai kuburannya dan beberapa lapis kain kafan yang akan menjadi pakaian terakhirnya di dunia.

" Saya bilang sama anak-anak kalau umur saya enggak panjang. Saya punya kain kafan sendiri, punya kuburan sendiri, saya sudah siapin punya sendiri," kata Dorce di kanal Youtube Denny Sumargo.

Dorce mengungkapkan tanah yang akan menjadi rumah terakhirnya kelak berada di samping masjid dekat kediamannya yang terletak di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

" Di rumah saya, di lubang buaya itu, ada masjid, masjid sebelahnya tempat saya pulang (kuburan)," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Sudah Tentukan Orang yang Akan Memandikan Jasadnya

dorce© instagram

Selain itu, Dorce juga mengatakan kalau dia ingin dimakamkan secara perempuan. Meski dia aslinya seorang laki-laki yang telah memutuskan mengubah identitas. Dorce berharao dimakamkan sesuai dengan kondisi dia saat ini.

" (Dimakamkan) sebagai saya sekarang, karena saya after operasi saya perempuan, saya punya kelamin perempuan, saya mandikan secara perempuan, saya enggak pake jas, enggak pake baju pengantin, kan pakai kain kafan," ucap dia.

Keputusan Dorce ini tidak boleh diganggu gugat dan sudah disepakati oleh anak-anaknya.

" Siapa yang mandiin? Saya punya anak perempuan dua, dia yang mandiin. Siapa yang nguburin? Saya punya anak laki 2 punya mantu dia yang nguburin," imbuh Dorce.

Beri Komentar