Fakta di Balik Film Gundala, Superhero Lokal Punya Kekuatan Petir

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Senin, 19 Agustus 2019 16:40
Fakta di Balik Film Gundala, Superhero Lokal Punya Kekuatan Petir
Gundala, film superhero pertama yang siap membuka deretan film superhero lainnya.

Dream- Gundala, film superhero dengan tokoh asli Indonesia sebentar lagi bakal menyapa para penonton. Film yang dijadwalkan tayang perdana pada 29 Agustus 2019 itu melibatkan sejumlah artis ternama Indonesia.

Film Gundala digarap oleh sutradara ternama Joko Anwar yang sudah terkenal di kancah perfilman Indonesia. Berbeda dengan film-film yang pernah ia buat sebelumnya, kali ini Joko Anwar membuat film bertema superhero dengan kearifan lokal yang ‘Indonesia’ banget.

Walau belum tayang, film ini sudah membuat para warganet penasaran. Terlebih Joko Anwar kemarin, (Minggu, 18 Agustus 2019), telah mengumumkan daftar jagoan lain yang akan meneruskan jejak superhero di film Gundala.

Tak main-main, sederet nama terkenal ikut bergabung dalam projek BCU (Bumilangit Cinematic Universe) atau Jagat Sinema Bumilangit.

Rencananya, setelah film Gundala tayang, Joko Anwar akan merilis film-film bertema superhero dengan kearifan lokal lainnya.

Buat Sahabat Dream yang penasaran dengan film superhero ini, bisa simak fakta-fakta di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Sinopsis Film Gundala

Dari teaser film yang sudah diunggah di akun Youtube Screenplays Films, Gundala menceritakan sosok Sancaka yang mendapatkan kekuatan super setelah tersambar petir.

Karakter Sancaka diperankan oleh Abimana Aryasatya, yang telah mengalami pahit getirnya kehidupan sejak kecil.

 GundalaGundala ©

2 dari 5 halaman

Diadaptasi dari Komik, Inspirasi dari Sosok Ki Ageng Selo

Gundala diadaptasi dari komik karya Harya Suraminata (Hasmi) yang sudah terbit sejak tahun 1969 dengan judul yang sama. Sebelum dibuat di versi 2019 ini, Gundala sudah terlebih dahulu diangkat film dengan judul “ Gundala Putra Petir” di tahun 1981 dan disutradarai oleh Lilik Sudjio.

Film pertama Gundala Putra Petir diperankan oleh aktor laga Teddy Purba. Namun, setting yang digunakan untuk membuat film Gundala Putra Petir ini berbeda dengan versi komik yang berlatar belakang di Yogyakarta. Gundala Putra Petir menggunakan lokasi Jakarta kala itu.

Hasmi mengaku membuat karakter Gundala karena terinspirasi dari sosok legendaris Jawa, Ki Ageng Selo yang dikenal memiliki kemampuan menangkap petir. Nama Gundala yang ia gunakan juga diadaptasi dari istilah Jawa, Gundolo yang berarti petir.

Komik Gundala menjadi satu dari beberapa komik superhero Indonesia yang terkenal selain Si Buta dari Gua Hantu, Godam, Sri Asih, dan masih banyak lagi lainnya.

3 dari 5 halaman

Masuk ke Toronto Film Festival

Belum rilis di Indonesia, Gundala sudah menoreh prestasi. Film ini masuk dalam daftar penayangan Toronto Internasional Film Festival 2019, yang akan diselenggarakan pada 5 hingga 15 September 2019 di Toronto, Kanada.

Dalam unggahan Instagram Joko Anwar, ia juga menuliskan rasa terima kasihnya pada warganet atas keberhasilan Gundala masuk ke layar TIFF tahun ini.

Joko juga menuliskan rasa bahagianya karena GUndala akan bersanding dengan empat film lainnya.

      View this post on Instagram

GUNDALA berhasil masuk Toronto International Film Festival (TIFF), salah satu festival film terbesar dunia yg sangat bergengsi dan selektif. Bbrp film yg lolos dan berkompetisi di TIFF tahun ini juga termasuk JOKER (sutradara Todd Phillips), KNIVES OUT (Rian Johnson), dan FIRST LOVE (Takashi Miike), RADIOACTIVE (Marjane Satrapi). Makasih dukungannya selama ini, teman-teman! Congrats all Gundala Team!

A post shared by Joko Anwar (@jokoanwar) on

“Beberapa film yang lolos dan berkompetisi di TIFF tahun ini juga termasuk Joker (karya Todd Phillips), Knives Out (Rian Johnson), First Love (Takashi Miike), dan Radioactive (Marjane Satrapi). Makasi dukungannya selama ini, teman-teman…” tulis Joko Anwar.

4 dari 5 halaman

Perancang Kostum Gundala Pernah Buat Daredevil

Untuk membuat sebuah film yang berkualitas tentu tidak mungkin mudah. Joko Anwar mengungkapkan, dalam pembuatan film Gundala banyak orang yang terlibat, mulai dari pemain dan kru.

Untuk pemainnya saja ada 1.500 orang lebih. Sedangkan proses syuting Gundala menghabiskan waktu sampai 53 hari.

 Abimana Abimana © https://www.instagram.com/jokoanwar/

Tidak hanya soal pemain, kru dan waktu syuting saja yang bikin geleng kepala.

Kostum yang digunakan untuk produksi film ini, ternyata menggunakan produsen yang sama dengan produsen kostum film Watchmen dan Daredevil di Los Angeles.

5 dari 5 halaman

Projek Jagat Sinema Bumilangit yang Bikin Penasaran

 Jagat Sinema BumilangitJagat Sinema Bumilangit © https://www.instagram.com/gundalaofficial/

Baru kemarin Joko Anwar mengungkap sederet nama jagoan yang akan ia buat filmnya setelah Gundala, dan bergabung dalam projek BCU atau Jagat Sinema Bumilangit. Sederet nama artis papan atas siap memerankan karakter superhero dengan kearifan lokal.

Mulai dari Dian Sastrowardoyo yang akan memerankan karakter jagoan Dewi Api, Nicholas Saputra yang akan memerankan karakter jagoan Aquanus, Zara yang akan memerankan karakter jagoan Virgo, Joe Taslim yang akan memerankan karakter jagoan Mandala, dan masih banyak lagi.

Bagi Sahabat Dream yang penasaran dengan karakter jagoan ini bisa mulai dengan Gundala yang akan tayang di bioskop mulai tanggal 29 Agustus nanti.

(Sah, Sumber: Wikipedia dan Liputan6)

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya