Film Parasite Meledak, Ini 4 Film Box Office Bong Joon Ho Lainnya

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jumat, 5 Juli 2019 09:26
Film Parasite Meledak, Ini 4 Film Box Office Bong Joon Ho Lainnya
Sutradara film Parasite yang mendapat penghargaan tertinggi di Festival Film Cannes ternyata sudah banyak mencetak film menarik lainnya. Apa saja?

Dream - Parasite menjadi film Korea pertama yang memenangkan Palme d’Or Festival Film Cannes 2019. Film garapan sutradara Bong Jun Ho ini sukses memukau juri dengan ide cerita yang unik dan pesan film yang kuat.

Selain mendapatkan penghargaan tertinggi di Cannes, Parasite juga berhasil mencetak box office US$76.6 juta atau sekitar Rp 1 triliun lebih.

Film ini mulai dirilis untuk umum sejak 30 Mei 2019 lalu dan sudah bisa dinikmati oleh penonton di beberapa negara pada bulan Juni hingga saat ini.

Film yang mengeluarkan dana sekitar US$14.6 juta atau Rp 206 miliar ini, dibintangi aktor tersohor Korea Selatan, Song Kang Ho yang dikenal kerap memainkan film-film berkualitas Korea.

Selain Song Kang Ho, film ini juga menggaet Lee Sun Kyun, Cho Yoe Jeong, artis muda Choi Woo Sik dan Park So Dam.

Sang sutradara, Bong Jun Ho sudah memulai karirnya sebagai sineas sejak tahun 1994, dan mulai naik ke permukaan dan dikenal publik lewat filmnya Memories of Murder’ dan sudah memperoleh banyak penghargaan bergengsi.

Berikut film karya Bong Joon Ho lainnya, yang wajib ditonton. Apa saja?

1 dari 5 halaman

Parasite (2019)

Film yang membuat nama Bong Joon Ho makin tenar ini, bercerita tentang dua kehidupan keluarga dengan latar belakang yang berbeda.

Keluarga  Kim Ki Taek yang diperankan oleh Song Kang Ho yang hidup miskin di tempat kumuh, dan keluarga Mrs. Park yang kaya raya.

 Film Bong Joon HoFilm Bong Joon Ho © http://asianwiki.com/Parasite_(Korean_Movie)


Suatu ketika, dua keluarga ini dipertemukan melalui kebohongan-kebohongan yang dibuat oleh keluarga Kim Ki Taek.

Keadaan ekonomi membuat keluarga Ki Taek terus melakukan kebohongan kepada keluarga Mrs. Park.

Hingga, suatu ketika, saat kebohongan mereka memuncak dan berada di jalan buntu, sebuah tragedi mengerikan terjadi.

Film bergenre tragic-comedy ini masih bisa dinikmati di bioskop kesayangan Sahabat Dream. Yuk, buruan nonton sebelum turun layar.

2 dari 5 halaman

Mother (2009)

Selain ‘Parasite’, film Bong Joon Ho satu ini sangat menarik untuk ditonton. Film yang dirilis tahun 2009 lalu ini, juga masuk dalam box office Korea sebesar US$17.1 juta atau Rp 241 miliar dengan biaya produksi sebesar US$5 juta atau Rp 70 miliar. 

 Film Bong Joon HoFilm Bong Joon Ho © asianwiki.com/Mother_(Bong_Joon-Ho)


Film yang dibintangi oleh aktris senior Kim Hye Ja dan aktor populer Korea, Won Bin ini bercerita tentang seorang janda yang tinggal bersama putranya, seorang pengidap gangguan mental. Janda ini mencari nafkah dengan berjualan tanaman herbal.

Mother mengisahkan tentang seorang ibu yang melindungi anaknya yang mengalami gangguan mental, dari tuduhan pembunuhan yang mengarah pada anaknya. Dijamin film ini akan menguras air mata para penontonnya.
Penasaran?

3 dari 5 halaman

Memories of Murder (2003)

Meski terbilang lawas, film Memories of Murder ini nampaknya jadi film yang paling dikenang Sutradara Bong. Karena film ini namanya mulai diperhitungkan di kancah perfilman Korea. Memories of Murder ini dirilis pada 2 Mei 2003.

 Film Bong Joon HoFilm Bong Joon Ho © http://asianwiki.com/Memories_of_Murder


Melalui film ini, Sutradara Bong juga berhasil mengantongi banyak penghargaan bergengsi. Film ini dibintangi oleh aktor Song Kang Ho, yang juga bermain di Parasite, Kim Sang Kyung, Kim Roi Ha, Park Hae Il, dan Byun Hee Bong.

Film ini mengambil latar waktu tahun 1986, yang mengisahkan penyelidikan dua orang detektif Park, diperankan oleh Song Kang Ho, dan detektif Cho yang diperankan oleh Kim Roi Ha.

Penyelidikan dua detektif ini menjadi penyelidikan yang paling bersejarah di film itu.

Dua detektif ini harus berjuang mengungkap kasus pembunuhan berantai di sebuah provinsi di Korea Selatan. Kabarnya film ini terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi di Korea Selatan loh Sahabat Dream.

4 dari 5 halaman

Okja (2017)

Puas dengan film karya Bong Joon Ho bertema thriller, ada satu film Bong Joon Ho bertema science fiction yang tak kalah seru.

Okja dirilis pada Juni 2017 lalu dan berhasil mencetak box office di Korea Selatan. Hebatnya, film ini juga masuk dalam nominasi Festival Film Cannes.

 Film Bong Joon HoFilm Bong Joon Ho © https://www.imdb.com/title/tt3967856/


Film yang menceritakan tentang seekor babi mutan, ini dibintangi oleh aktris Ahn Seo Hyun, Byun Hee Bong, dan artis Hollywood Tilda Swinton, Paul Dano dan sederet nama artis keren lainnya.

Cerita film ini dimulai dari sebuah perusahaan yang bernama Mirando Corporation yang sedang melakukan projek produksi makanan instan dari daging babi super yang mereka hasilkan.

Untuk menutupi bahwa daging babi yang mereka pakai adalah hasil mutan, perusahaan ini membuat projek dengan menggandeng peternak lokal dari berbagai belahan dunia.

Salah satu peternak itu adalah kakek Mija, yang tinggal di pegunungan Korea. Mija sangat dekat dengan Okja, nama babi mutan yang mereka pelihara. Hingga akhirnya, Mirando Corporation menarik kembali babi-babi mereka. Penasaran dengan kelanjutannya? Tonton, dong!

5 dari 5 halaman

Snowpiercer (2013)

Satu lagi film karya Bong Joon Ho yang dibintangi oleh Song Kang Ho, Snowpiercer. Film ini dirilis tahun 2013 yang bergenre science fiction.

Film ini terinspirasi dari novel Perancis karya Jacques Lob, Bejamin Legrand, dan Jean Marc Rochette.

 Film Bong Joon HoFilm Bong Joon Ho © http://asianwiki.com/Snowpiercer


Film ini mengisahkan tentang orang-orang yang berhasil selamat dari zaman es ke dua, dan menjalani kehidupan mereka di kereta yang mewah.

Para karakter di film ini juga harus berjuang menembus salju dan es. Puncak cerita terjadi, ketika penduduk miskin yang selamat dan tinggal di gerbong kereta yang jorok, merencanakan pemberontakan untuk mengambil alih ruang mesin kereta.

Penasaran bagaimana kisah serunya? (ism)

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak