Film 'Mekah I'm Coming' Karya Hanung Bramantyo Masuk Nominasi JAFF-ISA 2019

Reporter : Amrikh Palupi
Selasa, 19 November 2019 11:36
Film 'Mekah I'm Coming' Karya Hanung Bramantyo Masuk Nominasi JAFF-ISA 2019
Yuk tonton 'Mekah I'm Coming' di JAFF 2019.

Dream - Hanung Bramantyo memperkenalkan film terbarunya Mekah I'm Coming yang dibintangi Rizky Nazar dan Michelle Judith. Meski belum rilis resmi di bioskop, film ini  masuk sebagai nominator Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2019.

Bertindak selaku produser, suami dari Zaskia Adya Mecca mengatakan film terbarunya itu  dibantu sutradara muda bernama Jeihan Angga. Ayah lima anak ini juga memperlihatkan foto dari film itu di laman akun instagramnya.

" Dear Friend, film yang saya producerin bersama sutradara muda berbakat Jeihan Angga, ( dikenal dengan film pendek ‘Ambyar’) dan dimainkan oleh @rizkynazar20 dan @michellejudith2020," tulis Hanung Bramanto dikutip Dream dari akun instargamnya, Senin 18 November 2019.

Tak hanya itu, Hanung mengumumkan film ini masuk dalam kompetisi JAFF 2019 yang berlangsung di Yogyakarta. Hanung meminta followernya untuk melihat filmnya itu di Bioskop.

 film Hanung Bramantyo

Untuk diketahui JAFF merupakan Festival film Asia yang diselenggarakan untuk merayakan perkembangan sinema Asia. Jaff akan berlangsung di Empire XXI, Yogyakarta pada 19-23 November 2019.

" Masuk kompetisi di JAFF2019 dan akan world premiere tanggal 21 Nov. jam 19.00 di Empire XXI. Premiere akan di hadiri Pemain, Sutradara, Producer. Yuuk ramaikan," ucap Hanung Bramantyo.

Unggahan pria asal Yogyakarta ini rupanya mendapatkan respon positif dari netizen. Banyak yang penasaran dan ingin melihat film tersebut.

" Siap nonton mas hanung.ini shooting digamplong juga kan...," tulis akun @nhoeroel_2106.

" Keren ya," tulis akun @raswankirah.

" Top markotoop," tulis akun @salamun_ali_mafaz.

Untuk diketahui, selain Mekah I'm Coming, sejumlah film yang bersaing memperebutkan JAFF Indonesiaan Screen Awards adalah Dua Garis Biru, Humba Dreams, GUndala, Love for Sale 2, Susi Susanti, Love All, dan Doremi & You

1 dari 5 halaman

Hanung Bramantyo Nangis di Depan Pemain Bumi Manusia, Kenapa?

Dream Hanung Bramantyo tidak bisa membendung perasaannya saat menceritakan proses penggarapan film Bumi Manusia. Film ini diambil dari novel terkenal dengan judul yang sama karangan Pramoedya Ananta Toer.

Hanung sampai menangis di hadapan para pemain seperti Iqbaal Ramadan, Mawar De Jongh. Dia merasa terharu bisa menuangkan karya sastra tersohor itu ke layar sinema.

" Di umur 17 tahun saya baca novel ini diam-diam karena takut ditangkap Polisi. Sekarang saya bersyukur kalian menyambut baik ini dan saya terima kasih kepada Iqbaal dan Mawar," kata Hanung di Epicentrum, Jakarta, Rabu 19 Juni 2019.

Bagi Hanung, menggarap Bumi Manusia merupakan mimpi yang menjadi kenyataan. Dia masih tidang menyangka mendapat kepercayaan untuk membuat film tersebut. 

  Bumi Manusia

" Ini kebahagiaan Pak Pram, saya hanya orang beruntung yang bisa diberikan tanggung jawab," ucap Hanung.

Tak hanya itu, Hanung juga terharu mengingat perjuangan Pram dalam menulis Bumi Manusia. Meski dalam penahanan di Pulau Buru dan menjalani hidup dengan segala keterbatasan, Pram tetap bisa menghasilkan karya terbaik.

" Saya bayangin Pak Pram di sini, karena saat menuliis buku ini berada di penjara dan dia meneteskan air mata dan juga keringat," ujarnya.

2 dari 5 halaman

Cerita Hanung Ditertawakan Pram Saat Ingin Garap Bumi Manusia

Dream - Hanung Bramatyo dipercaya Falcon Pictures untuk menjadi sutradara film Bumi Manusia yang diangkat dari novel karya Pramoedya Ananta Toer dengan judul yang sama.

Bagi Hanung, menjadi sutradara film ini merupakan mimpi yang menjadi kenyataan. Saat itu, kata Hanung, dia membaca novel Bumi Manusia dua kali saat Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga kuliah.

Setelah membacanya, dia ingin mengangkat novel itu ke dalam film. " Saya dua kali membaca itu pada waktu itu kemudian saya bermimpi saya ingin memfilmkan, karena saya waktu itu udah kuliah di IKJ," kata Hanung di Desa Gamplong, Sleman, Yogyakarta, Kamis 24 Mei 2018.

  para pemain Bumi Manusia

Foto : Nur Ulfa/ Dream.co.id

Saat itu pula dia mendatangi Pramudya untuk menyampaikan keinginannya. Namun sayang, keinginan Hanung pada saat itu ditolak mentah-mentah oleh Pramoedya karena suami Zaskia Adya Mecca ini masih duduk di bangku kuliah.

" Saya datang ke tempatnya Pak Pram dalam rangka masih dalam posisi saya masih mahasiswa, saya bilang ke Pak Pram saya mau memfilmkan novel itu. Pak Pram malah ketawa ngelihat mahasiswa yang lugu gini. Kemudian dia bilang Bumi Manusia udah ditawar sama Hollywood," ucapnya.

  para pemain Bumi Manusia

Foto : Nur Ulfa/ Dream.co.id

Hingga akhirnya, pada 2018 Hanung dipercaya Falcon untuk menggarap film ini. Dan Hanung merasa beruntung keinginan dan impiannya akhirnya terwujud.

" Ya namanya impian bisa aja kandas, saya enggak tahu kenapa saya tidak pernah berhasrat berobsesi membuat suatu film Bumi Manusia, karena menurut saya itu novel yang masterpiece, luar biasa," kata Hanung.

" Akhirnya kemudian saat saya main ke Falcon, tiba-tiba ditawarin sama Pak Naven, mau enggak Bumi Manusia, Ya siapa sih yang enggak mau, buat saya itu mimpi jadi kenyataan," imbuhnya.

 

 

3 dari 5 halaman

Zaskia Mecca Jelaskan Alasan Hanung Bramantyo Perlihatkan Foto Bokong Anak

Dream - Unggahan foto anak keempat Hanung Bramantyo, Bhai Kaba Bramantyo, menjadi perbincangan warganet. Zaskia Adya Mecca, isttri produsen dan sutradara itu sebetulnya sudah memperingatkan soal postingan tersebut. 

Diketahui Hanung mengunggah foto anaknya saat tengah berada di kamar mandi. Hanung memperlihatkan bagian (maaf,red) bokong anaknya yang mengaku bangga telah menjadi anak besar karena bisa buang air sendiri.

Ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta, Senin, 14 Oktober 2019, Zaskia mengatakan jika suaminya termasuk tipe yang keras meski sudah diperingatkan unggahannya bakal menuai pro dan kontra. 

" Kalau Mas Hanung tipenya gini, `Memang kenapa kalau gue nggak boleh posting? Memang ini membuat gairah? Enggak sih lucu aja," ujar Zaskia.

 

 

4 dari 5 halaman

Hanung Sudah Diperingatkan

  Unggahan Foto Hanung Bramantyo

Menurut Zaskia, Hanung termasuk sosok pria yang tak mau diatur orang lain. Hanung, lanjut Zaskia, juga merasa unggahannya tak bermasalah dan takkan mengundang marabahaya.

" Jadi, ya udah," ucapnya.

Meski mendapat banyak respons negatif dari netizen, Zaskia mengatakan Hanung tidak pernah mempedulikan komentar warganet. Hanung juga menyatakan telah siap dengan komentar miring netizen dengan unggahannya tersebut.

" Aku bilang itu bakal rame loh gue aja udah ramai nih di rumah. ya nggak apa-apa, Oh ya udah kalau kamu siap menghadapi keramaian kan Abah anaknya juga dia punya hak juga ya udah terserah," ujar Zaskia yang mengaku sudah menyadari jika unggahan itu akan menuai polemik.

5 dari 5 halaman

Gara-gara Tulis Ini, Hanung Bramantyo Dikritik Istri

Dream - Sutradara Hanung Bramantyo kerap mengunggah foto bersama sang istri, Zaskia Adya Mecca dan anak-anaknya. Banyak warganet yang menilai jika mereka adalah keluarga harmonis.

Seperti foto yang diunggah Hanung belum lama ini. Terlihat Hanung bersama Zaskia dan dua anaknya,Sybill dan Kala.

Hanung menuliskan keterangan fotonya " Ootd dulu ah"  yang berarti Outfit of The Day atau baju yang dipakai hari seperti dalam foto yang ditunjukannya.

Tampak di foto itu mereka memakai busana santai. Hanung mengenakan t-shirt bergaris dan celana cokelat tua. Zaskia memakai long sleeves abu-abu dengan kerudung corak warna senada. Kedua anaknya juga memakai t-shirt.

  zaskia adya mecca

Namun fotonya hanya sampai paha sehingga bagian bawah paha hingga kaki terpotong atau tidak difoto. Foto ini langsung dikomentari sang istri.

“ Biii, kalo ootd tu full look ampe kaki jd keliatan outfitny,” komentar Pemain Film 'Ayat-ayat Cinta' ini.

Tak lama, Hanung membalas komentar istrinya dengan kalimat yang membuat geli warganet.

" o gitu ya? Gapapa deh. Kalo mau liat Yang bagian bawah japri aja ntar,” tulisnya.

Melihat balasan Hanung, para netizen langsung geger. Entah apa yang dimaksud olehnya namun kalimat itu membuat warganet tertawa.

" Hahhahahaa japriiii.. Bisa aja ngelesnya om sutradara,"  tulis akun @ratnaarafael.

" Yaampun ngakak,"  timpal akun @jihankamila10.

" @tyafatika duh sutradara kondang polos amaat,hahaha,"  sahut akun @deliadwi89.

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik