Alasan Haru Indro Warkop Kini Memilih Diam Soal Warkopi

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 30 September 2021 17:23
Alasan Haru Indro Warkop Kini Memilih Diam Soal Warkopi
Menurut Indro Warkop, secara hukum lembaga Warkop DKI harus bersuara bahwa Warkopi tidak meminta izin membentuk lembaga tersebut.

Dream – Akar masalah penolakan komedian senior Indro yang keberatan dengan tindakan Warkopi, grup komedian pendatang baru, meniru Warkop DKI pelan-pelan semakin terang. Meski dianggap telah melanggar hak cipta, Indro menegaskan takkan membawa masalah ini ke ranah hukum.

Menurut Indro Warkop, secara hukum lembaga Warkop DKI harus bersuara bahwa Warkopi tidak meminta izin membentuk grup lawak dengan nama dan sosok yang mirip dengan Warkop.

“ Intinya gak ada satu kata pun minta izin, gue bisa buktikan dengan email-email mereka,” ujar Indro Warkop,” terangnya dalam kanal YouTube Deddy Corbuzier.

Saat Warkopi muncul di televisi, Indro mengaku harus menggelar konferensi pers terkait sikapnya yang keberatan dengan tindakan grup lawak baru itu.

" Kami tidak ada hubungannya ke mereka, mereka juga tidak meminta izin kepada kita, akhirnya gue konferensi pers, ngomong baik-baik, gue introducing mereka lah bahwa ini lho yang megang hak kekayaan intelektual yang pegang warkop,” imbuhnya.

1 dari 5 halaman

Tak Tega

Ilustrasi© KapanLagi.com

Menurut Indro, kasus pelanggaran hak cipta yang dilakukan Trio Warkopi sebetulnya bisa dipidanakan. Ia juga sempat kaget karena sebelumnya hanya mengira tindakan Warkopi hanya bisa dituntut secara perdata.

Menurut Indro, efek pidana dari pelanggaran hak kekayaan intelektual itu adalah empat tahun penjara bagi ketika pelaku dan manajemennya.

Sadar penolakannya bisa berimbas pada masalah pidana, Indro memutuskan untuk tidak lagi banyak berbicara. 

“ Empat tahun penjara Ded, buat yang ngelakuin dan manajemennya, menurut Dirjen Haki,” ungkap Indro.

Sedih mendengar penjelasan tersebut, Indro juga beralasan memilih diam karena merasa sedih kepada para komedian muda tersebut jika sampai kasusnya dibawa ke ranah pidana.

“ Sedih, gua bapak, Ded. Mereka anak-anak, sedih gue, makanya gue lebih diem,” ucapnya.

2 dari 5 halaman

Warkopi Setop Kegiatan Komersil Usai `Kena Tegur` Indro Warkop

Dream - Kehadiran 'Warkopi' yang disebut-sebut netizen berpenampilan mirip grup komedian terkenal, Warkop DKI, sempat diperbincangkan. 'Warkopi' sendiri terdiri dari Alfin Dwi Krisnandi yang disebut mirip Indro, Sepriadi Chaniago mirip (Alm) Dono, dan Alfred yang dimiripkan dengan (Alm) Kasino.

Tidak hanya menjadi sorotan warganet, ketiganya juga sempat ditegur oleh Indro yang menyentil kehadiran mereka sebagai sosok mirip Warkop. Indro menilai mereka menggunakan popularitas Warkop DKI tanpa izin.

Akhirnya, konten yang dibuat oleh 'Warkopi' di kanal Youtube Patria TV dihapus. Bahkan, mereka pun memutuskan untuk menghentikan kegiatan komersil.

3 dari 5 halaman

Hapus Semua Konten

" Kita sudah men-take down video-video sketsa Warkopi kita yang di Youtube sudah di-take down semua, nanti mungkin kegiatan komersial bakal dihentikan ya, nanti kita akan bicara dengan baik-baik kepada pihaknya, pakde Indro dan lembaga Warkop," ujar Alfred melalui tayangan di kanal Youtube Langit Entertainment dilansir dari Merdeka.com.

Klarifikasi Warkopi© Youtube Langit Entertainment

Sebelumnya, mereka mengklaim telah menghubungi anak dari Indro Warkop untuk meminta izin membuat konten. Namun, mereka diarahkan untuk menghubungi orang kepercayaan Indro, yaitu Frans.

4 dari 5 halaman

Klarifikasi Warkopi© Youtube Langit Entertainment

Setelah menghubungi Frans, mereka pun belum bisa berhubungan dengan juri ajang stand up comedy itu karena baru saja dinyatakan negatif dari virus Covid-19. " Baru sembuh katanya, belum bisa bertemu orang banyak. Itu yang saya tangkap dari Om Frans," jelas Alfin.

Sampat saat ini, belum jelas apakah ketiga anggota Warkopi sudah bertemu dengan Indro dan meminta izin atau belum. Sehingga, mereka pun belum mengunggah konten di kanal Youtube Patria TV.

5 dari 5 halaman

Dianggap Indro Warkop DKI Tak Beretika, Begini Tanggapan Warkopi

Dream - Perwakilan management Warkopi buka suara soal pernyataan Indro Warkop DKI yang melarang Warkopi untuk tampil lagi.

Perwakilan Warkopi sedang berkomunikasi dengan Indro Warkop. Agar menemukan titik terang dari permasalahan ini.

" Saat ini pihak kami dan pihak lembaga Warkop DKI, mba Hanna masih surat-suratan via email," kata Kumis, perwakilan management Warkopi saat dihubungi, Selasa, 21 September 2021.

Dia berharap permasalahan tersebut bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Dan juga dapat bertemu langsung dengan Indro Warkop.

" Untuk anak-anak Warkopi tetap sambil menunggu kabar baik balesan surat dari pihak lembaga Warkop DKI. Untuk adanya pertemuan dari kedua belah pihak management," ujar dia.

 

Beri Komentar