Bisnis Butik Lesu, Ivan Gunawan Jualan Peyek

Reporter : Nur Ulfa
Rabu, 15 April 2020 18:24
Bisnis Butik Lesu, Ivan Gunawan Jualan Peyek
Igun bersyukur usaha peyeknya laku keras bahkan uangnya bisa untuk menutup gaji karyawannya.

Dream - Satu per satu para artis mulai mengakui bisnis sampingannya turut goyang diterpa dampak wabah Covid-19. Setelah Ruben Onsu, dan Inul Daratista, desainer dan presenter Ivan Gunawan juga merasakan omzet bisnis busana merosot tajam sejak wabah corona menyerang Indonesia.

Pria bertubuh besar ini mengunkapkan telah menutup beberapa gerai akibat wabah Covid-19. Kini sudah 1,5 bulan Ivan tidak lagi mendapatkan penghasilan dari bisnis sampingannya tersebut.

Namun Ivan mencoba menyiasati kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan menjual produknya secara online. Strategi ini diharapkan bisa menutup minimal biaya ongkos produksi.

" Saya memberlakukan pembelanjaan lewat online karena saya menghindari costumer datang ke toko dan seperti itu," kata Ivan Gunawan di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa, 14 April 2020.

1 dari 6 halaman

Bisnis Peyek Selamatkan Igun

Untuk saat ini, pria yang karib disapa Igun itu menyadari penjualan online busana rancangannya masih belum bisa menutup ongkos produksi. Igun pun memutar otak dengan beralih berjualan peyek.

" Gaji karyawan ya pasti ada, ya ada. Tapi gimana caranya tetap berusaha. Jadi dengan saya berjualan peyek, ya kan, jadi maksudnya income di butik lagi nggak terlalu banyak," ujarnya.

Mantan kekasih Rossa ini cukup terkejut saat mengetahui penjualan peyeknya ternyata memberikan pemasukan yang lumayan. Dari bisnis peyek itu, Igun mengaku masih bisa mempertahankan karyawan-karyawannya sekaligus menggaji mereka.

" Ternyata bisa berjualan makanan dan responnya juga lumayan baik. Jadi bisa menutup kebutuhan," tuturnya.(Sah)

2 dari 6 halaman

Harus Menghidupi 6.500 Karyawan, Ini Deretan Kerajaan Bisnis Ruben Onsu

Dream - Wabah virus corona membuat kerajaan bisnis yang dibangun Ruben Onsu merugi. Banyak resto yang ia miliki harus ditutup. Ruben pun melakukan berbagai cara agar 6.500 karyawannya tetap mendapatkan gaji penuh.

Ia harus putar otak bagaimana bisnisnya tetap berjalan. Bahkan sang istri Sarwendah menangis melihat usaha suaminya untuk menjaga bisnis yang dibangunnya tetap berjalan.

" Di situ wajah saya senyum tapi hati saya menangis," tutur Sarwendah.

Mengenai karyawan Ruben yang terbilang cukup banyak. Ternyata Ruben memiliki bisnis diberbagai bidang. Berikut bisnis yang dimiliki Ruben Onsu yang dirangkum Dream.

3 dari 6 halaman

Makanan

Di tahun 2017 Ruben Onsu mulai melirik bisnis menjual ayam geprek. Usahanya bermula dari hanya memiliki beberapa kedai saja di Jakarta. Namun antusias masyarakat Indonesia membuat Ruben menjadikan bisnisnya ini franchise yang tersebar diseluruh Indonesia. Bahkan juga sudah ada di luar negeri seperti Malaysia dan Hongkong.

 Ruben Onsu© Muhammad Akrom Sukarya/KLY

Selain Geprek Bensu, Ruben juga mendirikan Bensu Drink yaitu minuman buah kemasan, dan ia juga membut Bensu Nugget, Bensu Sosis dan makan siap saji lainnya. Kemudian ditahun 2019, Ruben membuat gebrakan baru dengan mendirikan Bensu Sunda yang menyayikan makanan nusantara.

4 dari 6 halaman

Media Digital

Tak puas hanya memiliki bisnis makanan, Ruben Onsu juga melirik bisnis media digital. Ia memiliki media yang tergabung dalam Media Onsu Perkasa.

 Ruben Onsu© Youtube/The Onsu Family

Media digitalnya ini berfokus pada konten-konten hiburan yang ditayangkan di YouTube. Bisnis ini sudah ia bangun sejak 2018.

5 dari 6 halaman

Clothing Line

Ruben bekerjasama dengan sang istri Sarwendah mendirikan bisnis clothing line lewat baju daster. Berawal dari sang istri yang selalu mengenakn daster di rumah, sehingga membuat banyak orang ingin memiliki daster seperti istrinya. Mulai dari tahun 2017 Ruben membangun clothing line ini hingga sekarang.

 Ruben Onsu© KLY

6 dari 6 halaman

Youtube

Sama seperti artis kebanyakan, Ruben juga memiliki chanel YouTube bernama The Onsu Family. Isi kontennya tentang keseharian Ruben bersama istri dan anak-anak. Chanel YouTube itu ternyata disukai masyarakat Indonesia, terbukti ada 5,3 juta subscriber.

 Ruben Onsu© KLY

 

Beri Komentar