Kekasih Cantik George Clooney Jadi Tim Penyelidik HAM Gaza

Reporter : Eko Huda S
Selasa, 12 Agustus 2014 15:59
Kekasih Cantik George Clooney Jadi Tim Penyelidik HAM Gaza
Tunangan aktor Hollywood, George Cloony, tersebut akan bergabung dengan tim independen yang beranggotakan tiga orang.

Dream - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menunjuk pengacara cantik, Amal Alamuddin, menjadi salah satu ahli pada komisi internasional yang akan menyelidiki dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dan kejahatan perang selama serangan Israel ke Jalur Gaza. Tunangan aktor Hollywood, George Cloony, tersebut akan bergabung dengan tim independen yang beranggotakan tiga orang.

Menurut laman Al Arabiya, Selasa 12 Agustus 2014, selain Alamuddin, PBB juga menunjuk profesor hukum internasional asal Kanada, William Schabas, dan veteran ahli HAM PBB asal Senegal, Doudou Diene. Schabas ditunjuk sebagai pemimpin tim kecil tersebut.

Tim independen ini akan menyelidiki semua pelanggaran hukum humaniter internasional dan hukum HAM internasional dalam konteks operasi militer yang dilakukan Israel sejak 13 Juni 2014. Tim ini harus membuat laporan untuk Badan HAM PBB pada Maret 2015.

Tak hanya Israel, tim independen ini juga akan menyelidiki kemungkinan pelangggaran yang dilakukan oleh kelompok Hamas. Namun sebelumnya, Israel telah menentang pembentukan tim oleh badan PBB itu.

Serangan Israel ke Jalur Gaza dan balasan roket oleh keelompok Hamas telah menimbulkan 1.938 warga Palestina dan 67 warga Israel tewas. Pejabat HAM PBB, Navi Pillay, yakin Israel telah melanggar hukum internasional dan meminta dunia meminta pertanggungjawaban ntentara Zionis.

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara