Perjuangan Jupe Melawan Kanker Akan Dibuat Film

Reporter : Nur Ulfa
Rabu, 14 Juni 2017 18:30
Perjuangan Jupe Melawan Kanker Akan Dibuat Film
Keinginan Jupe semasa hidup kisah perjuangannya melawan kaker bisa difilmkan.

Dream - Perjuangan Julia Perez atau Jupe melawan sakit kanker serviks rencananya diangakat ke layar lebar. Saat masih hidup, perempuan bernama asli Yuli Rachmawati itu memang ingin kisahnya dibuat film. 

" Itu salah satu keinginan Jupe juga banyak manfaatnya. Itu cita-cita beliau saat dia sakit, hari-harinnya seperti apa selama dia menjalani sakit kanker," kata adik Julia, Nia Anggia, di kediamannya, Raffles Hills, Cibubur, belum lama ini.

Hari Kedua, Makam Julia Perez Ramai Didatangi Warga© MEN

Menurut Nia, saat perempuan yang sohor dengan panggilan Jupe itu masih dirawat, masih banyak hal yang ingin dilakukannya. Nia melihat sang kakak memang penuh semangat dan kreatif dalam berbagai hal.

" Beliau amanatnya banyak ya. Dia orangnya kreatif, tidak bisa berhenti. Dia selalu bilang badan gue yang sakit, bukan pikiran atau jiwanya. Dia selalu bantu sana bantu sini," tuturnya.

1 dari 3 halaman

Jenazah Julia Perez Tersenyum

Dream - Adik almarhum Olga Syahputra, Billy Sahputra ikut menggotong jenazah Julia Perez. Ia juga turut serta memakamkan hingga nyekar di area pemakaman blok AA-1, Pondok Rangon, Jakarta Timur.

Menurutnya, perempuan yang karib disapa Jupe itu adalah sosok perempuan yang sangat baik. Bahkan, ia mengenangnya sebagai artis yang rendah hati.

" Jupe baik banget, waktu bang Billy baru jadi artis, Jupe baik banget, bang Billy diajak ngobrol," kata Billy di pemakaman, Sabtu sore 10 Juni 2017.

Pemakaman Julia Perez© Dream/Ratih Wulan

Saat ini, yang ia rasakan hanya kesedihan yang mendalam dan rasa kehilangan pada sosok yang sangat menginspirasi tersebut.

Diakui Billy, jika ia mengikuti seluruh proses Jupe pemakaman Jupe. Mulai dari Rumah Sakit Cipto Mangukusomo hingga ke tempat peristirahatannya yang terakhir.

" Karena beliau sosok baik banget dan sosok yang care banget, makanya bang Billy care sama beliau," imbuhnya.

Pemakaman Julia Perez© Dream/Ratih Wulan

Billy memastikan bahwa Jupe meninggal dalam kondisi baik. Ia juga memastikan jika melihat jenazah sahabatnya itu tersenyum saat disemayamkan di rumah duka di Cibubur.

"  Pas bang Billy lihat jenazah dirumahnya, beliau emang sedikit senyum. Beliau mungkin bahagia, daripada beliau merasa sakit-sakit akhirnya, mungkin Allah sudah sayang banget sama beliau. Makanya beliau dipanggil sama allah SWT, makanya dia tuh merasa bahagia banget gitu loh. Kalo soal nangis nggak tahu aku," tutupnya.

2 dari 3 halaman

Begini Detik-Detik Julia Perez Menemui Ajalnya

Dream - Berjuang hampir satu tahun melawan kanker serviks stadium empat yang diidapnya. Akhirnya Julia Perez menghembuskan napas terakhirnya pada Minggu, 10 Juni 2017 pukul 11.12 WIB di RSCM, Jakarta Pusat.

Nia Anggia adik Jupe yang selalu menemani Jupe pun akhirnya menceritakan bagaimana detik-detik terakhir Jupe menghembuskan nafas terakhirnya.

" Kronologisnya itu pagi-pagi aku masih ngobrol biasa. Masih enak diajak ngomong. Aku tanya hai bagaimana. Dia yang lemas tapi (bilang) baik. Dia masih jawab gitu," kata Nia Anggia saat di rumah duka di Raffles Hills, Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu, 10 Juni 2017.

Melihat kondisi Jupe yang membaik, Nia pun akhirnya bergegas pergi untuk membelikan kado untuk anak Ruben, yang pada sabtu sore hari itu akan merayakan ulang tahun.

" Aku sudah siap mau pergi. Aku sengaja nggak izin sama dia (Jupe). Nggak mau ganggu dia. Aku pikir kan tidur. Jadi aku bilang 'Mah pergi dulu ya sebentar mau beli kado untuk Thalia'," katanya.

Namun tak berselang lama, Nia mendapat telepon dari ibunya Sri Wulansih jika Jupe keadaannya sudah sangat kritis.

" Pas sampai rumah sakit ternyata dia lagi dibantu jantungnya lagi tindakan. Dokter semua sudah ramai di situ. Aku disuruh berdoa, diminta bantu (bisik) ke kupingnya supaya bangun," lanjutnya.

Nia pun sudah berusaha mungkin untuk membangunkan Jupe dari tidurnya. Namun Jupe pun tak ada reaksi dan sampai dokter megatakan jika Jupe sudah tak ada dan meminta pihak keluarga untuk mengikhlaskan kepergiannya.

" Aku baca Lailahailallah, Yuli bangun tapi nggak bangun-bangun. Dokter terus berapa kali mompa nggak berhasil juga. Aku bilang dokter please sekali lagi tolong, ini nggak mungkin. Sekali lagi dokter pompa jantungnya. Siapa tahu sekali ini dia bangun. Tapi nggak bangun-bangun juga," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Cerita Perjalanan Karier dan Kehidupan Julia Perez

Dream - Innalillahi wa innailahi rojiun, jagad dunia hiburan kembali berduka dengan meninggalnya aktris Julia Perez. Pelantun " Aku Rapopo" itu menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta Pusat pada Sabtu 10 Juni 2017.

Kabar meninggalnya mantan istri Gaston Castano pertama kali dibenarkan oleh sang manager Mario atau yang lebih dikenal dengan sebutan Markoneng. Sembari terisak dia membenarkan jika Jupe telah meninggal.

Jupe Meninggal© Instagram

Tak hanya itu sang adik Nia Anggia melalui intagramnya @anggitheperez mengumumkan jika kakak tercintanya telah meninggal dunia. Begitu juga dengan sahabat yang selalu setia menemaninya Ruben Onsu.

Dalam unggahannya Ruben mengatakan selamat jalan untuk sahabatnya Julia Perez. Setelah itu sederet artis ibu kota mengucakan belasungkawanya kepada jupe lewat akun media sosial instagram. Bahkan di twitter kematian Julia Perez menjadi trending topic.

Awal Karier
Pemilik nama asli Yuli Rachmawati atau yang lebih beken dengan nama Jupe mengawali karir sebagai model di Prancis sebelum menjadi akris di tanah air. Dia bertemu dengan pria bernama Damien Perez yang menjadi suaminya. Kariernya di Prancis membawanya sebagai model majalah FHM dan Maxi. Dari situ Jupe mendapatkan nominasi 100 wanita terseksi majalah tersebut.

Sosok Perempuan Paling Setia Temani Julia Perez© MEN

Jauh sebelum menjadi model di Prancis, Jupe ternyata mengawali karirnya sebagai wanita kantoran. Ia mendapatkan latihan sebagai sekretaris di sebuah perusahaan swasta. Demi mendapat pendidikan yang lebih tinggi, berangkatlah ia ke Belanda. Di sana Jupe bertemu dengan suami pertamanya Demian.

Setelah itu barulah Jupe mengawali karier di Indonesia, perempuan kelahiran Jakarta 15 Juli 1980 ini mulai dikenal pada 2002 sampai 2003. Ia membintangi beberapa sinetron, seperti Cinta Lokasi, Komedi Nakal, Penjaga Pantai, Lepas Malam, Maafkan Aku, Rahasia Ilahi, Hidayah, Doa, Mimpi Manis, dan Perempuan Teraniaya.

Makin Kritis, Keluarga Belum Siap Ditinggal Julia Perez© MEN

Lalu pada 2007 sampai 2018 Jupe juga membintangi beberapa judul film seperti Susahnya Jadi Perawan, Beranak Dalam kubur dan The Shaman.

Kemudian pada 2008, Jupe mulai meniti karir terjun sebagai penyanyi dangdut. Album pertamanya diluncurkan Kamasutra. Album tersebut menjadi kontroversi karena penjualannya disertakan kondom sebagai bonus.

Hal itu tak menyurutkan niat Jupe untuk kembali berkarya dengan mengeluarkan beberapa single, salah satunya berjudul " 69" pada 2011 yang digunakan sebagai "  Hantu Pocong Minta Kawin" (2011).

Tak berhenti di situ, Jupe membuat kontroversi setelah melakukan muncul pemberitaan sebagai titisan Suzzana. Dia bahkan sempat menggemparkan publik dengan melakukan ritual bersama suami mendiang Suzana, Clift Sangrah.

Kariernya Melesat
Karir Jupe terus naik, setelah membintangi film bersama Sutradara Hanung Bramantyo berjudul Gending Sriwijaya. Namun setelah itu karir Jupe harus berhenti setelah berseteru dengan aktris Dewi Persik, Dia akhirnya dijatuhi hukuman kurungan selama tiga bulan, pada 18 Maret 2013.

Julia Perez Hari Ini Jalani MRI© MEN

Setelah itu, Jupe mulai kembali menata karirnya yang sempat terputus. Usai menghuni hotel prodeo selma tiga bulan, Jupe kembali ke dunia hiburan. Tawaran menjadi model, bintang tamu dan menyanyi kembali dijalaninya. Sampai akhirnya dia membentuk grup bersama Cecepi bareng Ayu Ting Ting dan Zaskia Gotik.

Kisah Cinta Berakhir Tragis
Seiring berjalannnya karir, kisah percintaan Jupe menjadi sorotan publik. Setelah bercerai dengan Damien Perez, dia menjalin kasih dengan Gaston Castano. Awalnya jalinan asmara Jupe dengan Gaston tak direstui oleh sang bunda Sriwulansih. Tapi pada akhirnya sang bunda merestunya. Barulah Jupe mengumumkan pernikahan Jupe dengan Gaston.

Pada 2016 penampilan Julia Perez sempat jadi perbincangan. Pasalnya dia memangkas semua rambutnya dan tampil pelontos. Aksi tersebut sebagai solidaritasnya mendukung para penderita kanker khususnya wanita.

Sampai akhirnya pada 2016 Jupe menyatakan terkena kanker serviks. Ia mengungkap pernah melakukan operasi tulang belakang pada Desember 2016. 

Barulah pada awal 2017 Jupe menjalani pengobatan intensif Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo akibat kanker serviks yang terus menyebar ke bagian tubuhnya. Beberapa operasi pun dijalani oleh Jupe.

Sekitar empat bulan perempuan berusia 36 tahun itu dirawat dan menghembuskan napas terakhir pada Sabtu 10 Juni 2017. Kini senyuman dan canda tawa khas Julia Perez tinggal kenangan. 

Selamat Jalan Jupe, semoga mendapatkan tempat terbaik disana. Amin.

 

 Dari berbagai sumber

Beri Komentar