Potret Perjalanan Karier Glenn Fredly si Suara Emas

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Kamis, 9 April 2020 10:55
Potret Perjalanan Karier Glenn Fredly si Suara Emas
Mengenang Glenn Fredly, berikut Potret Perjalanan Karirnya

Dream - Kabar meninggalnya penyanyi legendaris Glenn Fredly menyisakan duka mendalam di hati para pendengar setianya.

Pelantun lagu Terserah itu meninggal pada Rabu 8 April 2020, di Rumah Sakit Setia Mitra. Dia meninggal saat menjalani perawatan akibat meningitis yang diidapnya.

Glenn Fredly mengembuskan napas terakhirnya pada usia 44 tahun. Dia meninggalkan istri dan anaknya yang baru berusia 40 hari.

Glenn Fredly dikenal sebagai penyanyi dengan suara emas. Selama berkiprah di jagat musik Tanah Air, sudah banyak lagu yang dia lantunkan. Semua ngehit.

Berikut potret perjalanan karir Glenn Fredly, hingga menjadi musisi terkenal di Indonesia. 

1 dari 6 halaman

Berkarier Sejak SMA

 Glenn Fredly© Kapanlagi.com

Glenn memulai kariernya setelah lulus dari SMA tepatnya pada tahun 1995. Pada saat itu Glenn tergabung dalam band Funk Section dan menjadi vokalis hingga membuat album eksklusif.

Di tahun 1998, Glenn memutuskan untuk berkarier solo dan mengeluarkan album sendiri bertajuk GLENN yang berisi 8 lagu di dalamnya.

Dalam album tersebut ada tiga judul lagu yang sering dinyanyikan Glenn yaitu Kau, Cukup Sudah, serta Mobil Mama, yang sempat hits di Malaysia.

2 dari 6 halaman

Hits dengan Lagu 'Januari'

 Glenn Fredly© Instagram:@glennfredly309

Pada tahun 2003, lagu Glenn yang berjudul Januari menjadi salah satu lagu hit kala itu. Lagu Januari adalah salah satu lagu dalam album ke tiganya yang berjudul Selamat Pagi, Dunia!. Keberhasilan lagu tersebut membuat pihak Sony Music Indonesia mengeluarkan album repackage tahun 2004.

Sejak keberhasilan tersebut, Glenn menjadi salah satu talenta penyanyi yang dikenal dengan bakat yang luar biasa.

3 dari 6 halaman

Meraih Penghargaan

 Glenn Fredly© Instagram:@glennfredly309

Selama bekerja keras di dunia musik Indonesia, Glenn meraih banyak penghargaan bergengsi. Ia pernah meraih penghargaan sebagai penyanyi pria terbaik kategori Music R&B dan Karya Produksi Urban pada Anugerah Musik Indonesia tahun 2001.

Pada tahun 2004, Glenn berhasil mendapatkan AMI Award sebagai lagu terbaik, dan di tahun 2005, Glenn berhasil mendapatkan penghargaan kembali sebagai artis solo pria pop terbaik.

Di tahun 2006, ia berhasil mendapatkan penghargaan AMI karya produksi lagu berbahasa asing terbaik, karya produksi jazz terbaik dan tim produksi suara terbaik.

4 dari 6 halaman

Memiliki Label Musik

 Glenn Fredly© Instagram:@glennfredly309

Selain menjadi musisi, Glenn juga telah memiliki label musik sendiri bernama Musik Bagus. Bahkan, telah menghasilkan beberapa musisi ternama lain seperti, Yura Yunita, Gilbert Pohan, serta Tiara Degrasia.

5 dari 6 halaman

Jadi Produser Film

 filosofi kopi© Instagram:@filosofikopi

Tak hanya berkarier sebagai seorang musisi, akan tetapi Glenn Fredly juga melebarkan sayap di industri perfilman dengan menjadi produser. Ia telah memproduseri tiga film yang cukup terkenal yakni Cahaya Dari Timur, Filosofi Kopi, dan Surat dari Praha.

6 dari 6 halaman

Membuat Grup Trio

 Trio Lestari© Instagram:@triolestari

Pada tahun 2011, Glenn juga membuat Grup Trio dengan nama Trio Lestari. Trio tersebut dibuat bersama dengan Tompi dan Sandi Sandhoro. 

Trio Lestari merilis single pada 2018, dengan judul Takdir Itu Kamu.

Beri Komentar