Sikap Tegas Marcell Siahaan Soal RUU Permusikan

Reporter : Amrikh Palupi
Jumat, 8 Februari 2019 15:30
Sikap Tegas Marcell Siahaan Soal RUU Permusikan
Sebelum membahas lebih dalam, Marcell Siahaan hanya minta satu penjelasan dari RUU Permusikan yang jadi kontroversi tersebut.

Dream - Marcel Siahaan mempertanyakan tujuan dari DPR menyusun Rancangan Undang-Undangn (RUU) Permusikan yang mendapat penolakan dari sejumlah musisi. Jika tak bisa menjabarkan tujuan dari payung hukum tersebut, Marcel menilai RUU Permusikan tak perlu dibahas lebih jauh. 

Pandangan Marcel tersebut merujuk pada UU No. 12 tahun 2011 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan.

" (Disitu) sudah jelas di pasal 5, bahwa di point A itu tujuan harus jelas," jelas Marcel Siahaan, di sela acara Mini Concert Music Drip, The Pallas, Jakarta, Kamis, 7 Februari 2019.

 ruu permusikan

Marcell Siahaan (Foto : @marcellsiahaans)

Menurut Marcel, jika pihak penyusun tak bisa menjelaskan tujuan dari RUU tersebut, payung hukum yang sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas itu bisa dianggap cacat hukum.

Suami dari Rima Melati Adams ini menegaskan RUU Permusikan harus menjabarkan dengan tegas pihak yang akan dilindungi. Perlindungan itu bisa diterapkan pada pelaku, penikmat, atau konten dari karya yang dibuat musisi. 

" Ini kan tidak jelas tujuannya. Kalau tujuannya sudah tidak jelas berarti mengacu pada point berikutnya yaitu tidak berdaya guna," ucapnya.

Dari pandangan yang dipegangnya tersebut, Marcel menilai pembahasan RUU Permusikan tak perlu lagi dibahas lebih dalam jika tujuannya belum bisa dijabarkan tegas. 

" Kalau sudah tidak berdaya guna kita nggak perlu ribut ngobrolin pasal yang mana," tambahnya.(Sah)

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Data dan Fakta Keliru di Debat Kedua Pilpres 2019