Tika Eks T2 Curhat Soal Isi Lawakan Komika, Sindir Joshua?

Reporter : Rizki Astuti
Jumat, 12 Januari 2018 13:50
Tika Eks T2 Curhat Soal Isi Lawakan Komika, Sindir Joshua?
"Lucu bukan berarti harus mencemooh. Lucu bukan berarti mengolok-olok..."

Dream - Mantan penyanyi Tika T2 mendadak menulis unggahan panjang soal isi lawakan para komika. Tika mengaku tak habis pikir dengan keputusan para komedian stand up comedy yang dianggapnya bisa memancing keributan.

Seperti diketahui, jagat dunia sosial media sedang dihebohkan dengan aksi panggung Joshua Suherman karena isi lawakannya yang dianggap melecehkan agama. Mantan penyanyi cilik ini bahkan dilaporkan Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) karena telah dianggap melecehkan agama.

Tak menyebutkan untuk siapa pesan itu disampaikan, penyanyi jebolan Akademi Fantasi ini mengunggah sebuah potret pelawak legendaris Indonesia, S Bagio. Keterangan foto panjang mengiringi foto tersebut.

" Jadi pelawak itu susah, mas. Kita nggak bisa sembarangan ndagel... Agama, suku, warna kulit itu bukan bahan lelucon" .

Tika menuliskan agama bukanlah materi yang pantas untuk dijadikan bahan lawak.

" Indeed. Lucu bukan berarti harus mencemooh. Lucu bukan berarti mengolok-olok. Kalau komedian yang pintar pasti bisa cari materi-materi lawakan yang tidak mencemooh pada satu hal,"

 Pergolakan Batin Tika Eks T2 Sebelum Putuskan Berhijab

Menurut Tika, mengritik boleh saja dilakukan namun bukan berarti dengan cara mencemooh. Apalagi jika isi lawakan berisi tentang agama, ras, dan warna kulit yang bisa memicu keributan. 

" Herannya entah sudah keberapa kalinya. Terulang lagi terulang lagi hal hal yang diluar jalur yg dilakukan oleh beberapa komedian muda," lanjut Tika.

Tika menduga para komika sebetulnya sadar dengan konsekuensi membawa isi lawakan yang dianggapnya tak berkelas tersebut. 

" Padahal mungkin harusnya mereka tau dng lawakan gak berkelas seperti itu, dengan mencemooh agama manapun, ibadah agama manapun , itu bisa memacu Keributan."

....

1 dari 3 halaman

Sama Sekali Nggak Keren

Di akhir tulisan, Tika juga menanyakan apa alasan pelawak menjadikan agama sebagai materi. Padahal menurutnya banyak cara agar lawakannya lucu dan keren.

" Apa memang maunya bikin ribut? Atau mereka pikir melakukan hal tsb itu bikin mereka keren?? Ngga sih..sama sekali gak keren. Kalian malah terlihat Bodoh," tutup Tika.

Unggahan Tika langsung menuai komentar dari netizen. Meski ada yang kontra, namun tak sedikit juga yang pro dengan pendapatnya.

" Marah karena agama dan Allah di cela dengan cara elegant tuh gini,"  tulis akun @n.b.yuwono7013.

" Jazakillahu khoiron ya ukhti, semoga post ini menjadi salah satu amal ibadah kita, membela agama Allah Tuhan Semesta Alam pemilik langit dan bumi, amin,"  kata akun @mhamidds.

" Sukaaaak pendapatnya. Materi Sara bukan lelucon,"  timpal @wijayantiok.

 tika ramlan instagram



2 dari 3 halaman

Dianggap Lecehkan Islam, Joshua Suherman Dipolisikan

Dream - Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) melaporkan Joshua Suherman ke Mabes Polri, Selasa 9 Januari 2018. Mereka menuding mantan penyanyi cilik itu telah meghina agama Islam saat melakukan stand up comedy

" Kami dari FUIB dengan ini datang ke Bareskrim untuk melaporkan Joshua terkait penistaan agama. Dalam video yang viral, saat sedang stand up, Joshua melakukan pelecehan dan penghinaan terhadap agama Islam," jelas Rahmat Himran, Ketua Umum FUIB, di Gambir, Jakarta Pusat, Selasa 9 Januari 2018.

  Lakukan Stand Up Comedy Joshua Suherman Diduga Lecehkan Islam

Menurut Rahmat, lawakan Joshua yang membandingkan dua mantan personel Cherrybelle, Annisa dan Cherly, dengan menyebut Islam, memicu amarah umat Muslim. Oleh karena itu, guna meredam kerusuhan, FUIB berinisiatif melaporkan Joshua agar kasus ini diproses lebih lanjut.

" Dia (Joshua) mengungkapkan mendapat jawaban karena Annisa Muslim. Di akhir kalimat Joshua juga mengucapkan, 'Sesuatu yang tidak bisa dikalahkan yakni mayoritas-mayoritas' itu yang buat umat Islam geram. Kami tidak mau menimbulkan gejolak lebih besar dari kaum Muslimin di Indonesia, makanya kami laporkan agar meredam," tegas Rahmat.

Kuasa hukum Joshua dari Lembaga Bantuan Hukum GP Ansor, Achmad Budi Prayoga, mengatakan kliennya mendapat banyak ancaman setelah video stand up itu menjadi viral. " Banyak sekali SMS yang masuk ke mereka berisi ancaman," tutur Achmad.

Namun, Achmad menambahkan, Joshua tidak dalam kondisi ketakutan menghadapi kasus ini. " Santai aja mereka," ucap Achmad.

3 dari 3 halaman

Joshua Terancam Tiga Pasal

Dream - Mantan penyanyi cilik Joshua Suherman tersandung kasus hukum karena lawakannya. Joshua dilaporkan Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) dengan tuduhan dugaan pelecehan agama.

Menurut  Ketua Umum FUIB, Rahmat Imran langkah yang diambil pihaknya sudah dipikirkan matang-matang. Ini karena pihaknya sudah memberi kesempatan pada Joshua untuk membuat klarifikasi ataupun minta maaf.

  berkas laporan joshua suherman

" Kita sebenarnya sudah broadcast undangan akan melaporkan Joshua ke teman-teman media dari hari Minggu kemarin, agar hari Senin ada ruang komunikasi untuk Joshua dengan pihak kita," tutur Rahmat di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Pusat, Selasa 9 Januari 2018.

  Lakukan Stand Up Comedy Joshua Suherman Diduga Lecehkan Islam

Rahmat berharap dari pesan yang tersebar bisa sampai ke Joshua karena pihaknya tidak bisa menghubunginya. Namun hingga saat ini, penyanyi `Diobok-obok` itu tak kunjung menggunakan kesempatan yang ada.

Ini karena, kata dia, pihak Joshua tidak menghubungi pihak FUIB dan minta maaf kepada umat muslim. Atas alasan itulah FUIB pada hari Selasa melaporkan Joshua ke Mabes Polri.

Laporan yang dibuat oleh FUIB di Bareskrim memutuskan ada tiga pasal yang mungkin menjerat mantan artis cilik itu.

" Kami sudah mengkonfirmasi ke pihak Bareskrim, dikenakan tiga pasal yaitu pasal 26, 27, 156 A tentang penistaan agama dan UU ITE," jelas Rahmat. (ism) 

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan