TikTok Digugat Rp 13,1 M Terkait Dugaan Pelanggaran Hak Cipta Lagu Virgoun

Reporter : Amrikh Palupi
Jumat, 22 Januari 2021 19:45
TikTok Digugat Rp 13,1 M Terkait Dugaan Pelanggaran Hak Cipta Lagu Virgoun
Lihat isi dari gugatan yang dilayangkan label penyanyi Virgoun.

Dream - Perusahaan Label dan management penyanyi Virgoun, PT Digital Rantai Maya menggugat platform berbagai TikTok dan induk perusahaannya ByteDance Inc senilai Ro13,1 miliar. Gugatan dilayangkan karena tuduhan pelanggaran hak cipta atas lagu milik Virgoun.

Pihak label mengklaim melakukan perjanjian dengan Virgoun tentang label rekaman No. DRM: Legal/DRM/055/X/2015 tertanggal 3 November 2015 adalah sah.

Dengan perjanjian tersebut, PT Digital Rantai Maya mengklaim sebagai pemegang hak cipta dari lagu-lagu Virgoun. Sementara, TikTok dan ByteDance dianggap bukanlah pemegang hak terkait atas lagu-lagu milik Virgoun.

Gugatan hak cipta ini didaftarkan oleh PT Digital Rantai Maya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Rabu, 13 Januari 2021, dengan nomor perkara 4/Pdt.Sus-HKI/Cipta/2021/PN Niaga Jkt.Pst, seperti dikutip dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jumat 22 Januari 2021.

1 dari 5 halaman

Sidang Perdana

Menurut jadwal, sidang pertama terkait kasus dugaan pelanggaran hak cipta oleh TikTok dan ByteDance ini akan digelar pada Kamis 22 April 2021 pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Adapun petitum hukum yang dilayangkan kepada TikTok dan ByteDance adalah adalah meminta pihak tergugat, dalam hal ini TikTok dan ByteDance untuk mengganti uang kepada penggugat senilai Rp 3,1 miliar karena secara tidak sah dan tanpa izin melakukan penggandaan, pengedaran, dan penyebaran lagu-lagu pada master sound atau master rekaman milik penggugat.

Selain itu, TikTok dan ByteDance juga diminta mengganti uang kerugian secara immateril kepada penggugat sebesar Rp 10 miliar.

" Para tergugat untuk mengganti kerugian secara immateril kepada penggugat sebesar Rp 10 miliar karena penggugat mengalami keresahan yang diakibatkan dari tekanan dan desakan, sehingga menyebabkan terganggunya kegiatan bisnis penggugat di masa yang akan datang," tulis petitum tersebut.

Dengan kedua nilai gugatan di atas, total biaya ganti rugi atas dugaan kasus pelanggaran hak cipta atas lagu-lagu milik PT Digital Rantai Maya menjadi Rp 13,1 miliar.

2 dari 5 halaman

Diminta Minta Maaf

Selain itu, PT Digital Rantai Maya meminta pihak TikTok dan ByteDance melayangkan surat permohonan maaf dengan memasang iklan di media cetak selama tiga hari berturut-turut dengan ukuran seperempat halaman.

Permohonan maaf ini dapat dilakukan jika putusan telah memiliki kekuatan hukum tetap (in kracht).

TikTok juga digugat membayar uang paksa atas keterlambatan pembayaran ganti rugi sebesar Rp 10 juta setiap hari keterlambatan pembayaran. Selain itu, TikTok dan ByteDance juga diminta membayar biaya yang timbul dalam pemeriksaan perkara.

Terkait dengan kasus ini, pihak TikTok belum dapat dihubungi untuk memberikan klarifikasi.

(Sumber : Liputan6.com)

3 dari 5 halaman

Istri Bercadar, Virgoun: Perempuan Ahli Surga

Dream - Istri penyanyi Virgoun, Ina Rusli memutuskan mengenakan cadar atau niqab di bulan Ramadan belum lama ini. Virgoun melalui akun instagramnya @virgouun_ mencurahkan isi hatinya terkait keputusan sang istri untuk bercadar.

Menurutnya, perempuan bercadar itu perempuan ahli surga. Terlepas dari penggunaan cadar itu hukumnya sunah bagi wanita muslim.

 terlepas dari cadar itu sunah.. perempuan ahli surga itu..di rumah kebarat-baratan (sexy untuk suami) di luar rumah ke arab-araban.. (tertutup aurat nya),perempuan yg di anjurkan memakai cadar ialah yg teramat sangat cantik wajah nya hingga mampu mendatangakan masalah dan fitnah. "  tulis Virgoun, diakses Dream, Rabu 23 Mei 2018.

" .jadi pertanyaan untuk saudari2 se iman ku...anda ngerasa wajah anda cantik hingga harus di tutup atau biasa2 aja atau bahkan ngk cantik sehingga ngk perlu di tutup..?," imbuhnya.

Namun keputusan sang istri tidak semua mendapat respons baik. Hal itu dituliskan Virgoun melalui unggahan insta story-nya. Namun pria 31 tahun ini bersyukur jika ada anggapan tersebut.

" Alhamdulillah klo di bilang jual agama biar nambah femes..Ketika istri atau anak perempuan orang lain buka aurat agar di " BAYAR" istri dan ibu nya anak gw tutup aurat dengan iklas...,"  tulisnya. (ism) 

4 dari 5 halaman

Istri Mantap Bercadar, Reaksi Penyanyi Virgoun Bikin Haru

Dream - Maraknya isu teroris yang menyudutkan perempuan bercadar, tak membuat langkah Ina Rusli surut. Istri penyanyi bersudara merdu Virgoun ini memantapkan langkahnya untuk bercadar di awal Ramadan.

Ya, pemilik nama Inara Idola Rusli ini tampil lengkap menggunakan niqab untuk menutup sebagian wajahnya. Sebelum menikah, Ina dikenal sebagai personel girlband Bexxa yang dinikahi Virgoun pada 14 Desember 2014.

Setelah menikah dan memutuskan berhijab, Ina terlihat semakin rajin memperdalam agama. Diikuti dengan perubahan penampilannya yang semakin syari dengan gamis dan khimar.

Hingga akhirnya kemarin, Minggu, 20 Mei 2018 Ina mengumumkan keputusannya itu melalui Instagramnya @inarusli.

" Cadar itu penutup wajah. Dan menutup wajah adalah hak setiap orang. Yg menyalahi aturan itu klo menutupi wajah ORANGLAIN."

" Terimakasih @jodhahijablook dan istri ustadz @derrysulaiman atas cadarnya. Nyaman sekali dipakai tidak panas, tidak sesak, dan ringan sekali.. Maasyaallah. Doakan sy sekeluarga istiqomah di jalan Allah. Barakallah usahanya."

Ustaz Derry Sulaiman yang turut mendampingi Ina dan Virgoun ikut berbagi cerita

5 dari 5 halaman

Alasan Virgoun Izinkan Istri Bercadar, Bikin Nangis

Melalui Instagram @derrysulaiman, menyebut salah satu alasan Virgoun mengizinkan sang istri untuk mengenakan niqab.

" Bismillah..MasyaAllah..Virgoun adalah seorang seniman yg luar biasa, baik hati & cerdas..susunan syair yg tertulis dari jemarinya terbukti mampu membuat seluruh telinga yang mendengarkan terpukau."

" Allah sayang virgoun sehingga beliau dipaksa utk menerima hidayah yg sngt indah... Seharian kami jalan & ngobrol kemaren... dari majlis ke majlis, berakhir di madrasah tahfidz putri ustadz @bobbyherwibowo @askarkauny di cibinong."

Diceritakan Ustaz Derry jika ada sebuah pengalaman yang membuat pelantun 'Surat Cinta untuk Starla' itu masygul. Padahal mereka baru saja menunaikan ibadah salat di sebuah masjid.

" Sempat virgoun curhat, seringkali dia marah ketika banyak laki laki yg menggoda/melihat kecantikan istri nya @inararusli di jalan..bahkan pernah dimasjid setelah sholat..istri nya jalan duluan, virgoun di belakang, tau tau di depannya ada 2 org anak muda lagi ngomongin istrinya..eh eh..cantik..ta'aruf sanaa..ga boleh pacaran...astaghfirullah...( itu org abis sholat aja bs tergoda)hmmm...apalagi yg ga sholat."

" Namun kegalauan nya krn punya istri cantik skrg telah terobati, setelah kmrn inna memakai niqab di pakaikan oleh istri sy @jodhaofficial .... masyaAllah... skrg kecantikan mami nya @starlaidola terlindungi, skrg hanya utk virgoun aja..heheh takbiiir!!!"

 

Beri Komentar