Saat Ustaz Somad Minta Doa Artis Mualaf

Reporter : Amrikh Palupi
Jumat, 6 September 2019 13:24
Saat Ustaz Somad Minta Doa Artis Mualaf
Ustaz Somad langsung memberikan tanggapan kepada aktor tampan yang baru memeluk Islam itu.

Dream - Pesinetron mualaf Giovanni Tobing bertanya tentang keresahan dalam mempelajari Islam kepada Ustaz Abdul Somad. Gio mengajukan pertanyaan saat mengikuti kajian bersama ustaz Abdul Somad.

Dalam kajian itu, Gio memebrikan tiga pertanyaan kepada Ustaz Somad. Ketiga pertanyaan itu diakui Gio sebagai keresahan hatinya, sekaligus bisa mewakili para mualaf di luar sana.

" Pentanyaan saya yang mungkin ini juga adalah keresahan hati saudara kita yang mualaf, bagaimana kita tahu kita memilih guru? Caranya memilih guru untuk memandu kita supaya kita tidak berada di jalan yang salah," kata Giovanni Tobing dikutip Dream dari Yuotube Vertizone TV, Jumat 6 September 2019.

 gionino tobing

" Dan kalau kita sudah memilih bagaimana kita tahu guru pilihan kita itu benar? yang ketiga saya ada sedikit tahu di dalam Islam ada beberapa mazhab. Mazhab apa yang kira-kira bisa dan cocok untuk saya memilihnya," imbuhnya.

Ustaz Somad langsung memberikan tanggapan kepada aktor berusia 35 tahun itu. Tak diduga, sebelum menjawab, Ustaz Somad meminta didoakan Gio karena catatan amalnya masih bersih.

" Mas Gio yang catatan amalnya masih bersih ketika menghadap Allah mungkin catatan dosa saya jauh lebih banyak. Jangan lupa doakan saya, doakan kami, doakan kita semua," kata Ustaz Abdul Somad.

Selanjutnya, Ustaz Somad menjawab tiga pertanyaan ketiga dari Gio. Untuk menjawab pertanyaan pertama Giovanni. Ustaz Somad bercerita bagaimana saat pertama kali Umar bin Khattab menjadi khalifah dan ketakutan karena tidak ada yang akan meluruskannya.

" Pertama, bahwa dalam Islam tidak ada holly man setelah Nabi Muhammad SAW. Tak ada manusia suci yang antikritik, yang tak boleh diperbaiki, diluruskan. Makanya ketika Umar bin Khattab jadi khalifah dia menangis. Kenapa? Karena dia sekarang punya jabatan tinggi dia takut nanti sahabat tidak ada satupun yang bisa meluruskan dia," ucap Somad.

" Tapi kemudian ketika ada sahabat berkata kalau kau salah Umar bin Khattab aku yang akan meluruskan. Dia peluk alhamdulillah masih ada hamba Allah yang meluruskan."

 

1 dari 7 halaman

Tiga Hal Memilih Guru

Ustaz Abdul Somad menyampaikan jika dalam memilih guru ada tiga hal yang menjadi dasarnya dalam islam yaitu Alquran, Sunah, dan mengikut ulama.

" Ini tentang cara memilih guru standarnya Quran, Sunah, dan mengikut ulama Ahlussunnah wal Jama’ah," kata Ustaz.

Kemudian di pertanyaan ketiga, Ustaz Somad menceritakan ada tiga mazhab Hanafi, mazhab Syafii, dan mazhab Maliki dan bagaimana pelaksanaannya. Ustaz Somad mencontohkan dalam bersentuhan kulit lawan jenis dalam manzab Hanafi, mazhab Syafii, dan mazhab Maliki.

 ustaz abdul somad

Ustaz Somad memilih mazhab Syafii, sebab orang awam akan mengikuti mazhab gurunya, di mana pada saat itu guru Ustaz Abdul Somad mengikuti mazhab syafii.

" Saya pilih mazhab Syafii, ketika saya pakai mazhab Syafii saya lebih tenang," kata Ustaz Abdul Somad.

(ism, Sumber : youtube.com/Vertizone TV)

2 dari 7 halaman

Pesan Menyentuh Artis Mualaf tentang Merawat Iman

Dream - Hidayah merupakan nikmat Allah SWT yang tidak ternilai. Allah menurunkan hidayah kepada mereka yang dinilai layak dan patut.

Tetapi, kekal tidaknya hidayah bergantung pada keimanan seseorang. Sebab, bisa saja hidayah menghilang akibat iman yang tidak terjaga dengan baik.

Seorang mualaf asal Malaysia, Adam Corrie, mengunggah pesan menyentuh mengingatkan sesama Muslim untuk terus memperkuat iman. Pesan tersebut dia cantumkan di akun Instagramnya, @adamcorrielee.

" Apabila Allah sudah memberikan hidayah, rawatlah sebaik mungkin," tulis Adam, dikutip dari Siakap Keli.

Adam mengingatkan seorang Muslim harus istiqomah dalam menjaga hidayah. Caranya dengan bermuhajadah, menantapkan diri dalam menjalankan syariat Islam.

3 dari 7 halaman

Pesan Sang Mualaf

 Kalau kita masih lemah ketika baru menerima hidauah atau apabila dilanda ujian, cari teman yang bisa mengingatkan agar kita tetap berpijak di dasar yang benar. Datangi majelis ilmu. Segera jauhi dulu teman-teman yang mempengaruhi kita melakukan perbuatan tidak baik,"   kata Adam.

Jika iman telah kuat, kata Adam, bolehlah teman-teman yang berperilaku buruk didekati dan diajak melalukan kebajikan.

" Percayalah, Allah sayang kita, tetapi kita berprasangka kepada Allah. Kuatkan ikatan kita dengan Allah dulu,"   tulis dia.

Unggahan tersebut disukai banyak netizen. Tidak sedikit dari mereka mengucapkan terima kasih karena Adam telah mengingatkan tentang pentingnya menjaga hidayah.

Adam adalah seorang artis Malaysia berdarah China. Dia memutuskan menjadi mualaf pada 2007 dan banyak mengajak orang untuk mengenal Islam yang damai.

4 dari 7 halaman

Kalem tapi Menohok, Ini Jawaban Deddy Corbuzier Soal Mualaf

Dream Deddy Corbuzier akhirnya menjawa sejumlah pertanyaan dan kritikan publik terkait keputusannya berpindah keyakinan menjadi seorang muslim. Melalui channel youtubenya, Deddy tidak mempermasalahkan terhadap komentar sinis yang mengarah kepadanya.

" Paling besar comment pindah agama karena wanita dan ingin menikah, kalau comment seperti itu saya tidak menyalahkan," kata Deddy Corbuzier dikutip Dream, Kamis 27 Juni 209.

Ayah satu anak itu menjelaskan keputusanya menjadi mualaf bukan karena wanita atau pun ingin menikahi seseorang.

  deddy corbuzier

" Saya pindah bukan karena wanita bukan karena menikah. Kenapa kalau pindah gara-gara wanita gue cemen banget. Kalau memang ingin pindah gara-gara wanita sudah dari dulu. Tapi tidak apa ketika seseorang menilai seseorang," kata dia.

5 dari 7 halaman

Jawaban Buat Rey Utami

Selain itu, Deddy menjawab pernyataan dari pasangan youtuber Rey Utami dan Pablo Benua yang mengkritiknya memulai mualaf dengan belajar terlebih dahulu.

" Jadi mereka mengatakan bahwa 'Kalau mau mualaf itu mualaf dulu baru belajar', itu yang benar. Ada lah (youtuber). Saya bersyukur karena saya bisa belajar dulu," kata Deddy.

Deddy mengatakan sudah berkonsultasi kepada pemuka agama sekaligus sahabatnya Gus Miftah terkait komentar itu.

" Saya sempat bicara dengan Gus Miftah, 'Gus ini ada orang ngomong begini. Ini benar apa salah ya? Harusnya mualaf dulu baru belajar. Gus Miftah mengatakan oh iya bisa benar dia tapi banyak orang pintar yang harus belajar dulu. Kenapa karena hidayah itu ada macam-macam itu yang harus orang tahu," ucapnya. 

 

6 dari 7 halaman

Belajar Banyak Agama Sebelum Jadi Mualaf

Pria berusia 42 tahun ini menjelaskan bahwa salah satu hidayah didapatkan dengan cara belajar terlebih dahulu, seperti yang dilakukannya.

" Hidayah itu ada macam-macam. Itu yang harus orang tahu. Hidayatul Taufiq, datangnya dari Allah langsung. Entah gimana pun caranya. Tapi ada Hidayatul Ilmu, ketika mempelajari sesuatu atau mempelajari agama lalu dia mendapatkan hidayah," kata Deddy.

Deddy menjelaskan jika dia sempat mempelajari banyak keyakinan sebelum memutuskan agama yang akan dianutnya. Selama hidupnya Deddy mengaku menganut agama yang diturunkan dari orang tua. 

" Saya bahagia karena saya bisa memilih agama yang bukan agama warisan tanpa mengecilkan agama mana pun," tuturnya.

7 dari 7 halaman

Kapan Hidayah Datang?

Ayah satu anak itu juga menyarankan agar masyarakat tidak mengucilkan seseorang yang sedang belajar agama sebelum memutuskan untuk mualaf.

Deddy menegaskan bahwa keputusannya mualaf menjadi rahasianya dengan sang pencipta. Tapi yang pasti kata dia, keputusannya itu merupakan panggilan hatinya.

" Ketika ditanya kenapa saya pindah saya akan menjawab bahwa yang tahu hanya saya dan Allah. Yang pasti panggilan hati, ketika mau mualaf datangnya dari hati, datangnya dari belajar dan itu yang terjadi pada saya," tuturnya.

 

 

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi