7 Hal yang Wajib Diperhatikan Suami Istri di Tempat Tidur

Reporter : Puri Yuanita
Selasa, 14 Maret 2017 19:02
7 Hal yang Wajib Diperhatikan Suami Istri di Tempat Tidur
Ada begitu banyak keterangan dalam hadis tentang bagaimana Islam mengatur soal "tempat tidur".

Dream - Sungguh indahnya Islam. Urusan kecil pun diaturnya sedemikian rupa. Apalagi urusan besar semisal hubungan suami istri.

Ada begitu banyak keterangan dalam hadis tentang bagaimana Islam mengatur soal tempat tidur. Disebutkan dalam salah satunya, seorang suami tidak boleh mendatangi istrinya lewat jalan belakang.

Nah setidaknya, ada 7 hal yang harus diperhatikan oleh pasangan muslim dalam hal ini.

Pertama

Di dalam kitab fiqih Al-fiqhul Islami Wa Adillatuhu karya Dr. Wahbah Az-Zuhaili, disebutkan bahwa: Sebelum melakukan jima', pasangan suami istri itu membaca basmalah. Atau membaca surat Al-Ikhlas (Qul Huwallahu ahad). Juga disunnahkan untuk bertakbir, mengucapkan laa ilaaha illallah, serta mengucapkan doa (pilih salah satu): " Bismillahil 'aliyyil 'azhim. Allahummaj'al-ha dzurriyyatan thayyibah. In kunta Qaddarta an takhruja dzalika min shulbi." (Dengan nama Allah Yang Maha Tinggi dan Agung. Ya Allah, jadikanlah dia keturunan yang baik, jika Engkau menetapkannya keluar dari sulbiku.)

" Allahumma jannibnisy syaithana wa jannibisy syaithana maa razaqtani," (HR Abu Daud). (Artinya: Ya Allah, jauhkanlah aku dari syetan dan jauhkanlah syaitan dari apa yang Engkau rizqikan kepadaku).

 

1 dari 1 halaman

Larangan Kedua

Pasangan suami istri juga dianjurkan tidak menghadap kiblat saat melakukan hubungan intim. Ini sebagai bentuk penghormatan kepada Ka'bah yang mulia. Mengenakan sesuatu menutupi tubuhnya.

Sebagaimana hadits berikut ini: " Dari 'Atabah bin Abdi As-Sulami bahwa apabila kalian mendatangi istrinya (berjima’), maka hendaklah menggunakan penutup dan janganlah telanjang seperti dua ekor himar," (HR Ibnu Majah).

Penjelasan selengkapnya baca di sini.   

 

Beri Komentar