8 Senjata Modern Jerman Paling Menakutkan di Perang Dunia II

Reporter : Idho Rahaldi
Senin, 21 November 2016 10:02
8 Senjata Modern Jerman Paling Menakutkan di Perang Dunia II
Dari yang terbesar sampai senjata menggunakan sinar matahari mereka siapkan. Efeknya bikin merinding.

Dream - Di awal Perang Dunia II, kekuatan militer Jerman seakan dianggap takkan terkalahkan. Dengan teknologinya saat itu, Jerman bisa menguasai Polandia hingga Perancis menjalar ke Norwegia hingga Yunani hanya dalam waktu singkat.

Di kala itu muncul berbagai pemberitaan bahwa Jerman sudah menyiapkan detil peperangan jauh sebelum perang itu sendiri pecah. Ada juga yang menyebutkan bahwa kekuatan militer Jerman jauh lebih besar dari sekutu. Namun kebenaran kabar itu masih dipertanyakan.

Lalu apakah yang sebenarnya terjadi di awal Perang Dunia II? Apa saja faktor yang menyebabkan Jerman dapat memiliki keunggulan lebih besar dibandingkan dengan musuh-musuhnya?

Ternyata salah satu faktornya adalah persenjataan. Saat Hitler berkuasa, produksi senjata-senjata baru dimulai, mereka dibangun dengan teknologi terbaru yang cukup maju.

Disisi lain, sekutu masih banyak mengandalkan peralatan militer sisa Perang Dunia I yang sudah berusia 30 tahun.

Meski sekutu mempunyai jumlah pasukan yang besar, peralatan mereka tidak cukup untuk membendung kekuatan Jerman dengan teknologi terbarunya. Namun fakta berkata lain. Jerman akhirnya bertekuk lutut pada sekutu.

Nah pensaran bukan, senjata apasajakah yang digunakan Jerman hingga ditakuti dunia, yuk simak ulasanya dibawah ini. (therichest.com)

1 dari 3 halaman

Terlalu Mematikan di Jamannya

1. The Goliath Tracked Mine

senjata mematikan jerman© dream.co.id

Mereka dijuluki " doodlebugs" oleh Sekutu. Robot tank penghancur ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1942, tujuannya untuk menghancurkan para musuh dari jarak jauh.

Nazi Jerman berhasil memproduksi sebanyak 4200 buah, meski begitu, tank ini terbilang produk gagal, kenapa? Karena sangat sulit dikendalikan dan berjalan sangat lambat.

2. v3 Cannon

senjata mematikan jerman© dream.co.id

Senjata rahasia pertama milik Nazi adalah V3 Cannon. Ini merupakan meriam yang berukuran sangat besar dan disimpan di atas bukit. Kemampuan menembaknya disebut sanggup melintasi Selat Inggris dari Perancis ke London. Keren! 

Saat perang terjadi, meriam ini mampu menembakkan banyak sekali bahan peledak ke negara-negara Eropa di sekitar Jerman hingga membuat banyak sekali kehancuran. Sayangnya proyek ini dihentikan karena terbentur masalah biaya operasional yang terlalu besar.

3. Bom Ruhustahl SD 1400 “ Fritz X”, rudal yang bisa dikendalikan pertama kali di dunia

senjata mematikan jerman© dream.co.id

Inovasi Jerman memang tidak ada habisnya. Meski kalah dalam Perang Dunia II, Jerman disebut berhasil membuat Fritz-X. Ini semacam rudal jarak jauh yang bisa dikendalikan untuk mencapai target dengan sempurna.

Sebanyak 2000 rudal telah dibuat namun hanya 200 yang digunakan. Sayang sekali....

4. Henschel HS 293, penerus " Fritz-X"

senjata mematikan jerman© dream.co.id

Kegagalan Fritz-X tak membuat Nazi Jerman berhenti berinovasi, hal ini dibuktikan dengan senjata lain yang dikenal paling efektif menghancurkan kapal sekutu, Henschel HS 293. Ini adalah rudal terbaru karya Nazi yang digunakan pada tahun 1943.

Rudal itu mampu membuat kapal sekutu kocar-kacir selama pertempuran kala itu, dan canggihnya rudal ini menggunakan teknologi frekuensi radio.

2 dari 3 halaman

Dari Tank Terbesar sampai Matahari

5. Sonic Cannon

senjata mematikan jerman© dream.co.id

Bila pada umumnya meriam dirancang untuk menghancurkan sesuatu yang ada di luar, maka Sonic Cannon berfungsi menghancurkan yang ada di bagian dalamnya.

Dengan kata lain, meriam ini mampu mengeluarkan suara yang bisa menghancurkan seseorang yang mendengarnya. Senjata ini dikembangkan oleh seorang insinyur Nazi selama tahun 1940.

6. Gustav, tank terbesar sejagat!

senjata mematikan jerman© dream.co.id

Gustav adalah senjata paling besar yang pernah dibuat manusia, dengan ukuran peluru 31.5 inci, dan berat lebih dari 4 ton. Upaya merangkai Gustav memerlukan 4000 prajurit! Gustav mampu melakukan 42 kali serangan sejauh 145 Km, tak heran senjata raksasa ini disebut sebagai karya terbaik umat manusia!

7. The Sun Gun

senjata mematikan jerman© dream.co.id

Sun Gun merupakan senjata orbital teoritis yang diteliti dan dikembangkan oleh Nazi selama masa Perang Dunia. Konsep senjata ini pertama kali dikemukakan oleh seorang fisikawan Jerman bernama Hermann Oberth, pada tahun 1929.

Oberth merancang sebuah stasiun ruang angkasa yang memiliki cermin cekung seluas 100 meter. Nantinya, cermin ini akan digunakan untuk memantulkan sinar matahari ke titik terkonsentrasi di Bumi. Bayangkan jika sinar matahari terpusat pada titik tertentu di Bumi.

 

3 dari 3 halaman

Jika Benar-Benar Digunakan, Habislah Sudah...

8. Roket V2

senjata mematikan jerman© dream.co.id

Roket V2 adalah roket jarak jauh yang paling ditakuti. Beberapa bulan sebelum roket ini diluncurkan . sejak tahun 1943, dua pelindung berat alat peluncur roket ini telah dibangun dekat St-Omer: pelindung “ blockhaus” di Eperlecques dan La Coupole.

Tempat pembuatan roket ini terdiri system jaringan suplai yang rumit, tentara jerman menggunakan para tahanan penjara untuk merakit mekanisme ini, yaitu senjata yang paling ditakuti dalam perang dunia 2. Dari Jerman mereka kemudian membawanya dengan kereta api ke Perancis untuk kemudian diluncurkan menghantam kota London dan skitarnya.

Rocket V2 membawa kurang lbih 2000 lbs bahan peledak, dan hanya membutuhkan waktu 4 detik untuk mencapai sasaran dari ketinggian 3500 mph. ini sungguh senjata yang menakutkan karena darang dari langit tanpa peringatan. Tidak seperti Roket “ doodlebug: V1s roket V2 tdak bisa dipantau baik dari bawah pesawat sekalipun.

9. Die Glocke (Bel)

senjata mematikan jerman© dream.co.id

Die Glocke (Bel) adalah nama dari senjata rahasia Nazi dengan teknologi super melebihi zamannya. Satu-satunya sumber yang menceritakan hal ini adalah buku jurnalisme pertahanan luar angkasa Polandia dan sejarawan militer Igor Witkowski, yang telah mengklaim bahwa Die Glocke merupakan salah satu senjata rahasia yang luar biasa (Wunderwaffe). Hal ini menjadi populer setelah diangkat oleh Nick Cook, Joseph P. Farrell dan website-website teori konspirasi, yang mengkaitkannya dengan okultisme Nazi dan pencarian energi anti-gravitasi.

Alat ini dikatakan terbentuk dari bahan metalik, dengan lebar 9 kaki dan tinggi 12 sampai 15 kaki, dengan bentuk sangat mirip dengan bel (makanya nama Die Glocke itu tercipta). Di dalamnya terdapat dua silinder yang berotasi berlawanan dan diisi dengan zat yang serupa dengan merkuri yang akan berwarna lembayung ketika diaktifkan (nama sebenarnya adalah Xerum 525, tapi telah dispekulasikan sebagai Merkuri Merah). Bila benda ini beraksi, maka Die Glocke akan memancarkan radiasi kuat, yang pada kenyataannya telah membunuh beberapa ilmuwan yang terlibat dalam pembuatannya, juga banyak tanaman dan hewan percobaan!

Beri Komentar