Arti Kata Molekul, Jenis, dan Contoh yang Dilengkapi Manfaatnya

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 6 Oktober 2022 18:36
Arti Kata Molekul, Jenis, dan Contoh yang Dilengkapi Manfaatnya
Molekul adalah partikel yang terdiri dari dua atau lebih atom. Baik atom sejenis ataupun berbeda jenis.

Dream – Bagi sahabat Dream yang berkecimpung di dunia sains atau Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), tentu tidak asing lagi dengan istilah molekul. Kosa kata ini sering digunakan dalam bidang kimia dan berhubungan dengan atom. Tak jarang pula orang yang menyebutkan kata molekul dalam pembicaraan sehari-hari.

Meski banyak diucapkan dan awam didengar, tak semua orang mengerti betul arti kata molekul tersebut. Terlebih untuk anak sekolah yang baru pertama kali mendengarnya.

Arti kata molekul sendiri adalah partikel netral yang terdiri dari dua atau lebih atom. Baik itu atom yang sejenis atau bisa juga atom yang berbeda. Bahkan molekul pun terbagi lagi menjadi beberapa jenis yang di dalamnya dibagi lagi menjadi beberapa jenis.

Dalam membahas tentang molekul, maka sahabat Dream juga otomatis akan membahas tentang molekul unsur, rumus-rumus kimianya, serta kegunaan dari molekul unsur tersebut.

Nah, untuk mengetahui secara lebih jelas apa arti kata molekul, berikut sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

Pengertian Molekul

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), molekul adalah bagian terkecil senyawa yang terbentuk dari kumpulan atom yang terikat secara kimia. Atau bagian terkecil senyawa yang masih sanggup memperlihatkan sifat-sifat dari sneyawa itu.

Sedangkan menurut Encyclopedia Britannica, molekul adalah sekelompok, dua atau lebih atom yang membentuk unit terkecil yang dapat diidentifikasi, di mana zat murni dapat dibagi dan masih mempertahankan komposisi dan sifat kimia zat itu.

Lalu menurut World of Molecules, molekul adalah dua atau lebih atom dari unsur yang sama dengan unsur berbeda yang terikat bersama.

Jenis-jenis Molekul dan Contohnya

Setelah mengetahui arti kata molekul, sahabat Dream juga perlu tahu bahwa molekul ini terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut adalah jenis-jenis molekul serta contohnya yang dikutip dari gurusains.com:

Molekul Diatomik Homonuklear

Dalam molekul diatomik homonuclear terdiri dari dua atom dari unsur yang sama kemudian digabungkan. Terdapat tujuh unsur diatomik yang berupa Hidrogen (H2), Nitrogen (N2), Oksigen (O2), Fluorin ((F2), Klorin ((C12), Iodine ((l2), dan Bromine (Br2). Berikut adalah penjelasan dari tiga di antaranya:

Hidrogen

Hidrogen adalah unsur kimia yang menggunakan simbol H dengan nomor atom 1. Berat atom standar dalam Hidrogen adalah 1,008 yang berarti unsur paling ringan dalam table periodik. Hidrogen menjadi unsur kimia paling umum di alam semesta, di mana terdapat 75% semua massa barionik adalah berupa Hidrogen.

Nitrogen

Nitrogen adalah unsur alami yang paling diperlukan oleh tumbuhan dan hewan dalam proses pertumbuhannya. Nitrogen sendiri terdapat sekitar 80% dari atmosfer bumi. Jadi, keberadaannya di bumi sangatlah melimpah. Tetapi hanya kelompok bakteri khusus dan pabrik pupuk industri yang mampu memperbaikinya agar bisa bermanfaat untuk biologis.

Oksigen

Unsur inilah yang sangat dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup di bumi. Secara massal, oksigen adalah unsur ketiga terbanyak di alam semesta setelah Hidrogen dan Helium. Sebagai senyawa yang termasuk oksida, Oksigen membentuk hampir setengah dari kerak bumi.

Molekul Diatomik Heteronuklear

Jenis molekul yang kedua adalah molekul diatomik heteronuklear. Di mana molekul ini terdiri dari dua atom berbagai unsur yang dikombinasikan secara kimia. Misalnya saja Karbon Monoksida (Co), Asam Klorida (HCl), Hidrogen Flouride (HF), dan Nitrogen Monoksida (NO). Berikut adalah penjelasannya untuk sahabat Dream:

Karbon Monoksida

Karbon Monoksida adalah gas yang dikeluarkan oleh kendaraan. Di mana gas ini mudah terbakar, tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, dan sedikit lebih padat daripada udara. Sahabat Dream harus berhati-hati karena gas ini sangat beracun. Meski begitu, gas ini juga diproduksi dalam metabolisme hewan normal dengan jumlah yang rendah dan dianggap mempunyai fungsi biologis normal.

Asam Klorida (Asam Hidroklorat)

Asam klorida adalah sistem kimia anorganik yang tidak memiliki warna dan aromanya terasa tajam. Asam klorida adalah komponen asam lambung yang diproduksi dalam sistem pencernaan pada sebagian besar spesies hewan, dan juga pada manusia.

Nitrogen Monoksida

Nitrogen monoksida adalah gas yang tidak berwarna dan menjadi perantara penting dalam industri kimia. Nitrogen monoksida terbentuk dari sistem pembakaran dan bisa dihasilkan dari badai petir. Pada mamalia dan manusia, gas ini adalah molekul pemberi sinyal dalam berbagai proses fisiologis dan patologis.

Molekul Triatomik

Jenis molekul yang terakhir adalah molekul triatomic. Di mana terdapat tiga atom dari unsur kimia yang sama maupun berbeda, yakni berupa H2O, CO2, dan HCN. Berikut adalah penjelasannya untuk sahabat Dream:

Air

Air atau H2O adalah zat yang tidak berwarna, tidak berbau, dan bisa ditemukan di seluruh bumi. Di dalam air terdapat miliaran molekul yang setiap molekulnya terbuat dari satu oksigen dan dua atom hidrogen yang disatukan oleh ikatan kovalen yang kuat. Di bumi, air ditemukan dalam bentuk gas, padat, dan cair. Hal ini tergantung dengan suhu airnya.

Karbondioksida

Karbondioksida atau CO2 adalah gas yang tidak berwarna, memiliki bau tajam, menjadi komponen kecil dari atmosfer bumi, terbentuk dari pembakaran bahan yang mengandung karbon, terdapat dalam fermentasi, dan dalam respirasi hewan serta digunakan tanaman untuk fotosintesis karbohidrat.

Hidrogen Sianida

Hidrogen Sianida atau HCN adalah gas atau cairan yang tidak memiliki warna, bereaksi secara cepat, dan beracun. Kegunaan dari Hidrogen Sianida adalah untuk membuat plastik, nilon, dan fumigant. Paparan HCN bisa disebabkan oleh asap rokok, produk pembakaran, dan senyawa sianida secara alami dalam makanan.