Bacaan Doa Malam Hari saat Terbangun dan Hal yang Disarankan Nabi SAW agar Bisa Terlelap Lagi

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 29 November 2022 20:02
Bacaan Doa Malam Hari saat Terbangun dan Hal yang Disarankan Nabi SAW agar Bisa Terlelap Lagi
Membaca doa ini juga bisa membuat hati menjadi lebih tenang.

Dream – Malam hari menjadi waktu di mana sebagian besar orang beristirahat dan tidur setelah seharian lelah beraktivitas. Berharap di pagi hari saat bangun, tubuh kembali segar dan bisa melakukan aktivitas dengan maksimal. Namun, ada beberapa orang yang di tengah malam kerap terbangun. Tentunya kondisi ini membuatnya terganggu dan tidak bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Bagi sahabat Dream yang kerap terbangun saat tengah malam, maka sebaiknya memanjatkan doa malam agar bisa tidur dengan nyenyak. Selain itu, dengan membaca doa malam, sahabat Dream juga bisa mendapatkan ketenangan hati. Sehingga bisa tidur dengan baik dan bangun di pagi hari dengan tubuh yang lebih segar.

Nah, berikut adalah bacaan doa malam saat terbangun dan beberapa hal yang disarankan Nabi Muhammad saw ketika sering terbangun di tengah malam sebagaimana dirangkum Dream melalui merdeka.com dan m.oase.id.

1 dari 2 halaman

Bacaan Doa Malam saat Terbangun

Bacaan Doa Malam saat Terbangun© Shutterstock.com

Doa Malam Hari saat Terbangun dari Tidur Pertama

باسمك اللهم وضعت جنبي وبك أرفعه، إن أمسكت نفسي فاغفرلها، وإن رددتها فاحفظها بما تحفظ به أحدا من الصالحين

Bismikallahumma wadla'tu jambi, wa bika arfa'uhu, in amsakata nafsi faghfir laha, wa in radad taha fahfadha bima tahfadhu bihi akhadam minas shalihin.

Artinya: “ Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku baringkan tubuhku, dan dengan pertolongan-Mu, aku dapat bangun. Jika Engkau mencabut nyawaku, ampunilah. Namun jika Engkau masih memberikanku nyawa, jagalah sebagaimana Engkau menjaga setiap orang-orang saleh."

Doa Malam Hari saat Terbangun dari Tidur Kedua

الحَمْدُ للهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ فِي جَسَدِيْ وَرَدَّ عَلَيَّ رُوْحِيْ وَأَذِنَ لِيْ بِذِكْرِهِ

Alhamdulillahil ladzi 'afani fi jasadi wa radda 'alayya ruhi wa adzina li bi dzikrihi.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menjaga kesehatan ragaku, mengembalikan nyawaku, dan mengizinkanku menyebut nama-Nya."

Doa Malam Hari Memohon Perlindungan

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahi laa yadlurru ma'asmihii syaiun fil ardli wa laa fis samaai wa huwas samii'ul 'aliim.

Artinya: “ Dengan nama Allah, yang tidak memudlorotkan sesuatu yang ada di bumi dan tidak pula yang ada di langit jika beserta nama-Nya dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Doa Malam Hari Surat Al-Baqarah Ayat 285 – 286

اٰمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْهِ مِنْ رَّبِّهٖ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖۗ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْ رُّسُلِهٖ ۗ وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُلَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ

Artinya:

Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), “ Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Dan mereka berkata, “ Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali.

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “ Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” (QS. Al-Baqarah: 285 – 286)

2 dari 2 halaman

Hal yang Disarankan Nabi Muhammad saat Terbangun di Malam Hari

Hal yang Disarankan Nabi Muhammad saat Terbangun di Malam Hari© Freepik.com

Setelah mengetahui beberapa bacaan doa malam saat terbangun di tengah malam, Nabi Muhammad saw pun juga menyarankan beberapa hal yang bisa sahabat Dream lakukan jika sering terbangun di malam hari. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

Mengibaskan Tempat Tidur

Hal pertama yang bisa sahabat Dream lakukan selain membaca doa malam adalah dengan mengibaskan tempat tidur menggunakan kain sebanyak tiga kali. Cara ini bertujuan untuk mencegah dari hal-hal yang buruk. Misalnya saja agar tidak ada hewan atau kotoran yang ada di tempat tidur. Sehingga sahabat Dream bisa tidur dengan nyaman. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Nabi Muhammad saw berikut ini:

Jika salah seorang di antara kalian terbangun dari tidurnya, kemudian ingin kembali (tidur), maka hendaknya ia mengibaskan tempat tidurnya dengan ujung kainnya tiga kali. Karena sesungguhnya ia tidak tahu apa yang ia tinggalkan setelah ia bangun.” (HR. Tirmidzi)

Berzikir

Selain membaca doa malam, sahabat Dream juga dianjurkan untuk berzikir. Di mana saat kamu terbangun dari tidur, maka banyaklah membaca zikir sampai kamu kembali tidur lagi. Bacaan zikir yang bisa kamu amalkan adalah sebagai berikut:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'alaa kulli syai-in qadiir. Alhamdulillahi wa subhaanallah wa laa ilaaha illallah wallahu akbar wa laa haula wa laa quwwata illa billah.

Artinya:Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dialah yang memiliki kerajaan dan bagi-Nya segala pujian. Dia berkuasa atas segala sesuatu. Segala puji bagi Allah, Maha Suci Allah dan tidak ada tuhan kecuali Allah. Allah Maha Besar. Tidak ada daya dan upaya kecuali dengan (kuasa) Allah.”

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More