Bacaan Doa sebelum Salam dalam Sholat Sesuai Ajaran Rasulullah, Insya Allah Terlindung dari Fitnah Dajal

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 1 Juli 2022 20:01
Bacaan Doa sebelum Salam dalam Sholat Sesuai Ajaran Rasulullah, Insya Allah Terlindung dari Fitnah Dajal
Sebelum salam dan setelah membaca doa attahiyat akhir, usahakan untuk membaca doa ini terlebih dahulu.

Dream – Berdoa adalah aktivitas yang diperintahkan Allah SWT yang diharapkan menjadi amalan rutin oleh setiap umatnya. Lebih dari itu, berdoa menjadi bagian dari ibadah yang bisa mendekatkan seorang hamba kepada Allah SWT sekaligus bentuk komunikasi langsung dengan Sang Pencipta.

Islam senantiasa mengajarkan kepada umatnya untuk berdoa di berbagai momen. Baik itu saat sedang senang maupun sedang bersedih. Minimal seorang muslim takkan pernah luput dari memanjatkan doa dalam sholat yang terucap dari setiap ayat atau bacaannya.

Memanjatkan doa setelah sholat menjadi momen yang tepat untuk memohonkan segala keinginan kepada Allah SWT. Salah satunya doa sebelum salam dalam sholat. Hal ini mungkin tidak semua umat Islam melaksanakannya. Namun, alangkah lebih baik ketika sebelum salam dan setelah membaca doa attahiyat akhir untuk membaca doa tersebut.

Dianjurkannya membaca doa sebelum salam dalam sholat tentu memiliki keutamaan tersendiri yang akan didapatkan oleh umat Islam yang mengerjakannya. Jadi, tak ada salahnya jika membiasakannya untuk membaca doa tersebut mulai dari sekarang.

Nah, berikut adalah bacaan doa sebelum salam dalam sholat sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Bacaan Doa sebelum Salam dalam Sholat

Bacaan Doa sebelum Salam dalam Sholat© Shutterstock.com

Umat Islam yang melaksanakan ibadah sholat, biasanya setelah membaca doa attahiyat akhir langsung ditutup dengan salam untuk mengakhiri sholat. Namun, Islam juga menganjurkan agar sebelum salam dan setelah membaca doa attahiyat akhir untuk membaca doa terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa bacaan doa sebelum salam dalam sholat yang bisa sahabat Dream baca:

Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda:

" Bila salah seorang di antaramu telah selesai membaca tasyahud akhir, hendaklah ia berlindung kepada Allah dari empat perkara, dengan membaca:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِذَا تَشَهَّدَ أَحَدُكُمْ، فَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنْ أَرْبَعٍ، يَقُولُ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Allahumma inni audzubika min adzabi jahannama, wa min adzabil-qabri, wa min fitnati al-mahya wal-mamati, wa min syarri fitnati al-masiihi ad-Dajali.

Artinya: “ Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka jahanam, dari siksa kubur, dari bencana kehidupan dan kematian, serta dari kejahatan fitnah dajjal.”

Kemudian dari hadis lainnya yang diriwayatkan oleh Muslim dari Ali ra, ia mengatakan:

“ Bila Rasulullah saw berdiri mengerjakan sholat maka ucapan terakhir yang dibacanya di antara tasyahud dan salam adalah:

Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku yang terdahulu maupun kemudian, ampunilah apa-apa yang kusembunyikan dan kutampakkan, ampunilah apa-apa yang terlanjur dan apa-apa yang Engkau sendiri lebih mengetahuinya dariku. Engkau lah yang memajukan dan menangguhkan, tiada sesembahan selain engkau’.”

Bacaan doa sebelum salam dalam sholat yang terakhir adalah dari Abdullah bin ‘Amr ra, dia berkata:

“ Abu Bakar mengatakan kepada Rasulullah saw: Ajarkanlah kepadaku doa yang akan kubaca dalam sholatku! Nabi berkata ucapkanlah:

اللَّهمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيرًا كَبِيْرًا وَلَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ، فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ، وَارْحَمْنِي إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Allahumma inni zhalamtu nafsi zhulman katsiran kabiran wa la yaghfirudz dzunuba illa anta, faghfir li maghfiratan min ‘indika, warhamni innaka antal ghafurur rahim.

Artinya: “ Ya Allah, aku telah banyak berbuat aniaya terhadap diriku, sedang tiadalah yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau. Maka berilah aku ampunan dari sisi-Mu, dan berlilah rahmat kepadaku. Sungguh Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

2 dari 2 halaman

Keutamaan Membaca Doa sebelum Salam dalam Sholat

Umat Islam tentu pernah mendengar tentang kedatangan Dajal di akhir zaman bukan? Ya, Dajal sendiri adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang diperkirakan Nabi akan datang di akhir zaman kelak. Keberadaan Dajal adalah musibah bagi umat Islam karena memberikan pengaruh yang tidak baik. Peristiwa inilah yang seharusnya tidak terjadi.

Di samping itu, tak sedikit juga yang memiliki anggapan bahwa Dajal hanya berupa simbol kejahatan saja. Dan ada juga yang beranggapan bahwa Dajal itu benar-benar ada dan akan muncul saat akhir zaman kelak.

Oleh karena itu, umat Islam diperintahkan agar selalu berdoa kepada Allah SWT. Begitu juga Nabi Muhammad saw juga selalu menganjurkan kepada umat Islam agar tidak pernah lupa berdoa.

Dengan berdoalah, maka umat Islam bisa terhindar dari segala bujuk rayu yang membuat sesat. Karena itulah, terdapat anjuran untuk membaca doa sebelum salam dalam sholat yang dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah berikut:

Jika kalian selesai melakukan tasyahud akhir, berlindunglah pada Allah dari empat hal, azab neraka Jahanam, azab kubur, fitnah hidup dan mati, dan keburukan Dajal yang terhapus dari rahmat Allah.”

Jadi, melalui hadis di atas menjelaskan bahwa dengan membaca doa sebelum salam dalam sholat sangatlah baik. Hal ini sebagai upaya untuk berlindung kepada Allah SWT dari adanya azab neraka jahanam, azab kubur, fitnah hidup dan mati, serta buruknya Dajal.

Beri Komentar