Bjorka Bocorkan Data Pribadi, Mahfud MD: Bukan Rahasia, Bisa Dilihat di Wikipedia atau Google

Reporter : Okti Nur Alifia
Kamis, 15 September 2022 11:59
Bjorka Bocorkan Data Pribadi, Mahfud MD: Bukan Rahasia, Bisa Dilihat di Wikipedia atau Google
Mahfud MD mengatakan bahwa data pribadinya sudah menjadi konsumsi publik dan tak perlu dibocorkan.

Dream - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menambah daftar nama pejabat publik yang datanya diretas oleh Hacker Bjorka. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu tak ambil dengan kabar tersebut, menurutnya tak ada yang spesial dengan data pribadinya.

" Banyak yang japri saya bahwa data pribadi saya dibocorkan oleh Bjorka, hacker. Saya tak ambil pusing dan tak ingin tahu. Sebab data pribadi saya bukan rahasia," ujar Mahfud dalam akun Twitternya @mohmahfudmd. 

Lebih lanjut, Mahfud MD mengatakan bahwa data pribadinya sudah menjadi konsumsi publik dan tak perlu dibocorkan. Dia tak mempersoalkan data pribadinya diretas.

" (Data pribadi saya) bisa diambil dan dilihat di wikipedia atau google, di sampul belakang buku-buku saya, di LHKPN KPK. Data pribadi saya terbuka, tak perlu dibocorkan," kata Mahfud.

Hacker Bjorka saat ini tengah menjadi perbincangan, setelah mengklaim berhasil meretas data registrasi SIM card, Komisi Pemilihan Umum (KPU), hingga para pejabat publik seperti Menteri BUMN Erick Thohir dan Menkominfo Johnny G Plate. Pada Sabtu, 10 September 2022, Bjorka juga sempat menjadi trending topic di Twitter.

 

1 dari 3 halaman

Tak Ada Rahasia Negara yang Bocor, Mahfud MD Sebut Hacker Bjorka Tak Punya Kemampuan Meretas

Dream - Menteri Kementerian Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud Md menanggapi aksi yang dilakukan hacker Bjorka. Dia menegaskan, belum ada data atau rahasia negara yang bocor.

" Sampai detik ini, belum ada rahasia negara yang bocor," kata Mahfud dalam konferensi persnya di Jakarta, Rabu, 14 September 2022 yang juga disiarkan di YouTube Kemenko Polhukam RI.

" Yang ini tidak ada. Ini cuma data-data umum yang sifatnya sebenarnya perihal surat ini, perihal surat itu, isinya sampai detik ini belum ada yang dibobol," imbuh Mahfud.

Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi itu menilai, aksi anonimus yang dilakukan Bjorka tidak terlalu membahayakan. Berdasarkan hasil kajian jajaran di Kemenkopolhukam, motif di balik aksi Bjorka hanyalah ‘gado-gado’.

" Ada yang motif politik, motif ekonomi, motif jual beli, dan sebagainya. Motif-motif kayak gitu tidak ada yang terlalu membahayakan," katanya.

Lebih lanjut, Mahfud MD mengatakan dalam kesimpulannya bahwa Bjorka tidak memiliki keahlian dalam meretas data atau rahasia negara.

" Dari hasil kesimpulan tadi, apa yang disebut Bjorka ini tidak punya keahlian atau kemampuan membobol yang sungguh-sungguh," ujar Mahfud Md.

2 dari 3 halaman

Pemerintah Kantongi Identitas Hacker Bjorka, Siapa Dia?

Dream - Aksi Hacker Bjorka beberapa hari ini menuai atensi banyak pihak. Baik dari masyarakat yang geger, hingga pemerintah yang membentuk tim cepat tanggap emergency response team yang terdiri dari BSSN, Kominfo, Polri, dan BIN

Bjorka telah meretas dan mempublikasikan data pribadi sejumlah tokoh publik, termasuk data surat-surat yang ditujukan kepada presiden bernama lengkap Joko Widodo itu.

Namun siapakah Bjorka? Setelah sosoknya menjadi misteri, Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan, Polri dan BIN telah mengantongi identitas hacker Bjorka.

" Kita terus memyelidiki karena gambaran-gambaran pelaku sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri," ujar Mahfud Md dalam konferensi pers di Kemenkopolhukam, Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Kamis, 14 September 2022.

Namun identitas Bjorka tidak bisa diungkap ke publik. Menurut Mahfud, identitas akun yang mengaku sebagai peretas itu terlacak melalui alat yang dimiliki oleh pemerintah.

" Memang belum bisa diumumkan gambaran-gambaran siapa dan di mana. Kita sudah punya alat melacak itu semua," kata Mahfud.

3 dari 3 halaman

 

Beri Komentar