Bocah Lari Kencang Saat Wedhus Gembel Semeru Selamat, Ini Sosoknya

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 10 Desember 2021 14:01
Bocah Lari Kencang Saat Wedhus Gembel Semeru Selamat, Ini Sosoknya
Anak bernama Fida itu menyadarkan semua orang di luar Semeru betapa bencana tersebut sudah sangat gawat.

Dream - Rekaman video detik-detik Wedhus Gembel atau awan panas Gunung Semeru mulai menyapu pemukiman menyedot perhatian publik. Muncul perasaan pilu melihat masyarakat di lereng Semeru berusaha menyelamatkan diri.

Salah satu video yang cukup menyedot perhatian adalah seorang anak yang berlari ketika awan panas melayang ke udara. Bocah kecil berhijab biru itu berlari kencang menyelamatkan diri.

Usai video itu viral, bocah itu tak terpantau. Kondisi anak itu tidak diketahui.

Belakangan diketahui, bocah itu adalah Fida. Saat kejadian, Fida berlari sekuat tenaga mencari tempat perlindungan.

 

1 dari 3 halaman

Berlindung di Masjid

Bukan rumah yang ingin dia tuju. Dia mencari masjid untuk bisa berlindung hingga akhirnya selamat dari bencana Awan Panas Guguran Semeru.

" Dialah Fida, anak perempuan berkerudung berlari kencang saat di video yang tersebar di media sosial terkhusus WhatsApp ketika awal-awal terjadi erupsi Semeru," demikian keterangan di akun Instagram @littleproject.idn.

Fida© Instagram

Fida menjadi penyadar semua orang yang jauh dari Semeru bahwa bencana yang terjadi pada Sabtu sore itu sudah gawat. Hanya dalam sekejap, seluruh desa tempat tinggal Fida tertutup awan.

Di hari kejadian, Fida pergi mengaji pada pukul 14.30. Belum sempat membuka Iqro, suara gemuruh sangat kencang terdengar dari luar masjid. 

Ustaz yang mengajari Fida dan teman-temannya mengaji langsung berteriak dan meminta semua santri menyelamatkan diri. Fida segera berlari sebelum awan panas masuk desa.

 

2 dari 3 halaman

Menunggu 2 Jam di Masjid

Anak itu sempat melihat bagaimana pohon-pohon pisang berguguran. Sementara masyarakat sekitar panik berlarian berusaha menyelamatkan diri.

" Setelah jauhnya berlari akhirnya Fida melihat sebuah masjid dan masuk ke dalamnya, menunggu 2 jam hingga erupsi selesai," tulis admin.

Usai bencana, orangtua anak itu mencari Fida dengan perasaan penuh kekhawatiran. Tak mau menyerah, keduanya terus mencari hingga Fida ditemukan berlindung di dalam masjid pukul 21.00 WIB di hari yang sama.

Kini, Fida telah berkumpul bersama keluarganya. Betapa bersyukurnya keluarga itu Fida dapat ditemukan dalam kondisi selamat. 

3 dari 3 halaman

Sosok Fida yang Menginspirasi

      View this post on Instagram

A post shared by Little Project (@littleproject.idn)

Beri Komentar