Bukan di Indonesia, Bola Al Rihla Piala Dunia 2022 Ternyata Dibuat di Sini

Reporter : Nabila Hanum
Senin, 5 Desember 2022 10:23
Bukan di Indonesia, Bola Al Rihla Piala Dunia 2022 Ternyata Dibuat di Sini
Hal ini dibantah langsung oleh Adidas.

Dream - Bola resmi Piala Dunia 2022, Al Rihla, yang sempat dikira buatan Madiun ternyata dibuat di negara lain. Hal ini dibantah langsung oleh Adidas.

Director Media Relations Adidas, Stefan Pursche, mengatakan bahwa Indonesia tak pernah ditunjuk sebagai negara produsen bola Piala Dunia 2022. Ternyata, bola resmi ini adalah buatan Pakistan dan China.

Bola resmi yang diberi julukan Al Rihla ini diproduksi di salah satu desa di Pakistan, yakni Sialkot. Setidaknya, sekitar 70 persen bola resmi Piala Dunia 2022 Qatar dipesan Adidas di daerah tersebut.

1 dari 6 halaman

Namun, Stefan mengakui Adidas memang bekerja sama dengan salah satu pabrik di Indonesia. Hanya saja, kerja sama dimaksudkan untuk membuat bola replika atau suvenir.

Sebagai pihak yang ditunjuk, PT Global Way Indonesia (GWI) pun menanggapi bantahan Adidas. Pihaknya mengaku tidak pernah menyatakan diri sebagai pembuat bola resmi Piala Dunia 2022.

Selama ini, PT GWI memang hanya menjalankan tugas sebagai produsen bola replikasi atau suvenir Piala Dunia 2022. Meski demikian, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, tetap bangga kepada provinsinya karena ikut andil dalam Piala Dunia 2022.

2 dari 6 halaman

Pabrik yang berada di Madiun ini tercatat telah bekerja sama dengan merek-merek dunia, seperti Adidas, Puma, Mizuno, Specs, hingga UHLSports untuk memproduksi perlengkapan olahraga.

Tahun ini, mereka menjadi official partner Adidas untuk memproduksi 2022 World Cup Soccer Souvenirs.

Dalam satu tahun, PT GWI telah membuat satu juta suvenir bola Al Rihla yang dikirim ke Brasil, Inggris, Amerika Serikat, Jerman, dan Uni Emirat Arab sebagai bagian dari perayaan Piala Dunia 2022. Sementara itu, di laman Adidas, Al Rihla telah dipasarkan dengan motif dan harga bervariasi.

Sumber: liputan6.com

3 dari 6 halaman

Al Rihla, Bola Resmi Piala Dunia 2022 Ternyata Produksi Madiun

Dream - Indonesia rupanya turut berkontribusi dalam gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar. Pasalnya, bola resmi Piala Dunia 2022, Al Rihla, keluaran Adidas itu diproduksi di Madiun, Jawa Timur.

Nama 'Al Rihla' diambil dari bahasa Arab yang memiliki arti 'perjalanan'. Desain bolanya sendiri terinspirasi dari budaya, arsitektur, kapal ikonik, dan bendera Qatar, selaku tuan rumah Piala Dunia Qatar 2022.

Menurut situs FIFA, bola ini sudah dikeluarkan Adidas sebagai bola resmi untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022. Al Rihla menjadi bola ke-14 yang telah diciptakan Adidas untuk pertandingan Piala Dunia.

4 dari 6 halaman

Perusahaan merancangnya untuk mendukung kecepatan permainan puncak, membuat bola ini mampu bergerak lebih cepat dibandingkan bola mana pun dalam sejarah.

Bola ini dibuat secara ekslusif menggunakan tinta dan lem berbasis air, memberikan Al Rihla predikat sebagai bola Piala Dunia yang paling ramah lingkungan.

Al Rihla dirancang dari bagian dalam ke luar dengan menggunakan pengujian yang ketat di laboratorium perusahaan, melalui terowongan angin dan di lapangan oleh para pemain sepak bola.

5 dari 6 halaman

Hasil pengujian ini menunjukkan tingkat akurasi dan keandalan tertinggi bola di lapangan permainan. Hal ini sebagian karena bentuk panel dan tekstur pemukaan bola yang baru.

Sejak muncul berbagai kritikan mengenai desain dan kualitas penampilan bola yang digunakan saat Piala Dunia, kini Bola Piala Dunia pun mulai didesain menggunakan kemajuan teknologi.

Di samping itu, bola Piala Dunia 2022 diketahui diproduksi perusahaan asal Madiun, Jawa Timur, PT Global Way Indonesia (GWI) yang merupakan produsen peralatan asli untuk merek Adidas.

6 dari 6 halaman

 

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More