Cuci Tangan Pakai Sabun Dianggap Remeh, Padahal Terbukti Selamatkan Banyak Nyawa

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 15 Oktober 2021 22:45
Cuci Tangan Pakai Sabun Dianggap Remeh, Padahal Terbukti Selamatkan Banyak Nyawa
Mencuci tangan pakai sabun diketahui dapat mencegah 1 dari 3 penyakit diare dan juga 1 dari 5 infeksi pernapasan.

Dream - Hari Mencuci Tangan Sedunia diperingati setiap tanggal 15 Oktober. Hari mencuci tangan sedunia atau biasa disebut dengan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS) merupakan satu langkah paling sederhana untuk mencegah penyebaran penyakit.

Terutama dalam masa pendemi Covid-19, kebiasaan mencuci tangan pakai sabun sudah terbukti mengurangi penyebaran virus mematikan itu.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr. Reisa Broto Asmoro, kebiasaan mencuci tangan pakai sabun sudah terbukti menyelamatkan banyak nyawa.

" Kebiasaan baik tersebut (Mencuci tangan pakai sabun) sudah menyelamatkan banyak nyawa, membantu mencegah penyebaran coid-19 lebih luas," ujar dr. Reisa Broto Asmoro pada keterangan pers 15 Oktober 2021.

1 dari 4 halaman

Terkesan Sepele Tapi Sangat Penting

Ilustrasi© Freepik.com

Menurutnya, praktek mencuci tangan sebelum pandemi Covid-19 menyerang masih jarang dilakukan. Hal itu kemudian berubah ketika pandemi Covid-19 menerjang dunia. Masyarakat Indonesia akhirnya sadar akan pentingnya mencuci tangan secara baik dan benar dengan menggunakan sabun.

Sejak masa pandemi Covid-19, berdasarkan pantauan Badan Pusat Statistik, sekarang mencuci tangan sudah mencapai rata-rata 75% dari jumlah populasi Indonesia. Ini berarti 8 dari 10 orang sudah menerapkan cuci tangah dengan sabuh secara baik dan benar.

Mencuci tangan pakai sabun dengan baik dan benar, memang terkesan remeh dan sepele. Akan tetapi ternyata sangat penting untuk menjaga kesehatan, terlebih pada masa pandemi Covid-19.

" Mencuci tangan pakai sabun, terkesan remeh, tapi ternyata sangat penting untuk mengantarkan kita ke situasi kondusif (lepas dari penyebaran covid-19)," lanjut dr. Reisa Broto.

2 dari 4 halaman

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Ilustrasi© Freepik.com

Lantas bagaimana cara mencuci tangan pakai sabun yang baik dan benar sesuai anjuran WHO? Berikut ulasannya.

  1. Basahi tangan dengan air bersih yang mengalir.
  2. Gosok tangan menggunakan sabun, gosok bagian punggung tangan, kemudian sela-sela jari dan ujung kuku.
  3. Waktu menggosok tangan tersebut sebaiknya 20 detik keatas, tetapi jangan terlalu lama. Rata-rata adalah 20 hingga 30 detik.
  4. Bilas tangan dengan air mengalir
  5. Keringkan tangan dengan handuk (harus dengan handuknya sendiri jangan punya orang lain).
3 dari 4 halaman

Kesalahan Mencuci Tangan

Ilustrasi© Freepik.com

Selain itu, terdapat beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam mencuci tangan sehingga tidak efektif untuk mencegah covid-19.

Ini dia beberapa kesalahan saat mencuci tangan yang perlu dihindari agar efektif melawan virus dan penyakit:

  1. Tidak menggunakan sabun.
  2. Tidak memakai air yang mengalir.
  3. Terlalu cepat mencuci tangannya, minimal cuci tangan yang benar adalah 20 detik.
  4. Tidak membilas tangan terlebih dahulu sebelum beraktifitas.
4 dari 4 halaman

Cegah Penyakit dan Infeksi Pernapasan

Dari hal kecil, seperti mencuci tangan pakai sabun dengan baik dan benar ternyata bisa mengurangi resiko terjangkit Covid-19.

Cuci tangan pakai sabun jadi salah satu cara paling efektif dan sederhana menghentikan persebaran COVID-19. Menjaga kebersihan tangan diketahui dapat mencegah 1 dari 3 penyakit diare dan juga 1 dari 5 infeksi pernapasan.

Maka jadikan mencuci tangan pakai sabun sebagai sebuah kebiasaan untuk melindungi diri dan orang-orang terdekat kita. Beberapa detik mencuci tangan pakai sabun dapat menyelamatkan nyawa!

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar